Inilah 4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Distributor Sembako

Distributor, supplier atau pemasok adalah suatu kelompok, organisasi atau perusahaan yang menyediakan kebutuhan sumber daya seperti bahan baku tertentu guna mendukung keberhasilan suatu usaha atau bisnis.

Pengadaan bahan baku yang berkualitas dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pengadaan bahan baku yang dilakukan biasanya selalu melibatkan kegiatan pemilihan pemasok yang tidak hanya terdiri dari kualitas, biaya transportasi, biaya pemesanan, tetapi juga mengenai hal lain seperti menjalin hubungan baik dengan mitra agar pemenuhan bahan baku dapat terus terjamin. Khusus nya pada usaha kamu.

Baca juga: 5 masalah warung sembako dan cara mengatasinya

Seperti yang kita ketahui kebutuhan hidup yang terus meningkat membuat usaha sembako saat ini sangat diminati karena umumnya keberadaan sembako selalu dibutuhkan secara terus menerus dalam kehidupan sehari hari.

Itulah mengapa membuka bisnis sembako adalah hal yang sangat menarik dan potensial. Dalam memenuhi kebutuhan sembako di toko kamu diperlukan pemilihan distributor yang yang tepat pula.

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam menemukan distributor yang tepat untuk usaha sembako kamu.

Kualitas barang yang ditawarkan distributor

Kualitas harus dijadikan dasar pengukuran penting dalam memilih distributor sembako. Apabila kualitas sembako buruk, maka sudah dipastikan sembako yang akan kamu jual di toko kamu juga akan memiliki kualitas yang sama buruknya.

Kualitas sembako yang baik akan menjadi kunci keberhasilan toko kamu. Pelanggan akan kembali melakukan pembelian hanya ketika mereka merasa puas dengan kualitas sembako yang baik yang mereka dapatkan saat pertama kali membeli di toko kamu.

Cek riwayat distributor sembako

Jangan tergesa-gesa dalam memilih distributor yang terbaik untuk usaha atau toko kamu. Cobalah lebih cermat dan hati-hati dalam mencari sumber-sumber informasi terkait distributor sembako yang akan kamu pilih.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui kredibilitas distributor tersebut yaitu dengan melihat rekam jejak atau histori para pembeli yang pernah bertransaksi dengan distributor tersebut. Pastikan bahwa distributor tersebut bisa dihubungi setiap saat ketika kamu membutuhkan atau akan melakukan order. Pastikan juga distributor tersebut selalu siap menerima komplain dan pengaduan dari Toko jika sembako yang dibeli mengalami kerusakan.

Konsisten

Konsistensi dalam memenuhi order dari toko kamu sangat berpengaruh terhadap ketersediaan stok barang di toko kamu. Pastikan kamu memilih distributor yang memiliki konsistensi dalam memenuhi pasokan untuk toko kamu. Apabila di tengah jalan distributor tersebut tidak mampu mengirimkan barang sembako yang kamu butuhkan, tentu saja kredibilitas toko kamu akan menjadi taruhannya.

Harga bersaing

Semua pebisnis menginginkan barang berkualitas dengan harga kompetitif untuk meningkatkan keuntungan mereka. kamu dapat melakukan perbandingan harga dengan mempelajari secara seksama penawaran yang ditawarkan berbagai macam distributor. Harga yang bersaing merupakan nilai lebih untuk toko kamu untuk menarik minat pembeli.

Di era teknologi ini, kamu juga dapat melakukan pembelian barang pada agen distributor secara online. Selain dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, hal tersebut juga dapat mempercepat kinerja usaha kamu. Tak hanya di marketplace, para distributor sembako pun sudah menggunakan website untuk memudahkan pelanggannya dalam berinteraksi. Akan tetapi kamu tetap harus cermat dalam memilih distributor online yang tepat untuk toko kamu.

Baca juga: Warung kelontong, solusi mengais rejeki di tengah pandemi

Berikut ini merupakan cara mencari distributor online yang terpercaya.

Pesan di situs resmi distributor

Hal utama yang harus dilakukan saat membeli suatu produk secara online adalah dengan mencari situs resmi distributor di beberapa toko online. Meski cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Kamu harus tetap waspada dan selalu mencari informasi tentang produk sebanyak-banyaknya.

Gunakan distributor online pihak ketiga

Apabila informasi yang didapat sudah cukup dan distributor yang akan diajak kerja sama sudah jelas. Lakukanlah pemesanan dari distributor yang banyak dipercaya pebisnis sembako. Pilihlah berbelanja di marketplace atau pihak ketiga. Hal ini ditujukan agar menjaga rasa saling percaya dan menghindarkan hal hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

(Visited 201 times, 1 visits today)