Sebagai seorang pengusaha UMKM, apa tanda bahwa usaha Anda berjalan dengan baik? Sales? Besar kecilnya toko? Bukan, tanda-tanda bahwa usaha Anda berjalan dengan baik adalah laba. Laba menjadi tanda akan kesuksesan sebuah usaha.

Walaupun penjualan Anda sedang tinggi, bukan berarti kalau laba Anda juga naik. Hal tersebut perlu diperhatikan sejak awal. Menurut Patricia Sigmon, penulis buku Six Steps to Creating Profit, 2/3 UMKM tidak dapat membuat laba atau meningkatkannya dari setahun sebelumnya.

Untuk itu, setiap pengusaha perlu membuat langkah pasti agar usaha mereka tetap persisten dan kredibel di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Berikut ini, 5 cara efektif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan laba usaha Anda.

Maksimalkan Arus Kas Usaha

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan laba adalah dengan memaksimalkan arus kas usaha Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan diskon untuk pelanggan Anda. Potongan harga mungkin terlihat merugikan, tapi hal ini bisa menarik lebih banyak orang serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Bukti transaksi keuangan dan efeknya terhadap arus kas

Selain itu, jangan lupa untuk membuat sistem pembukuan yang rapi. Sistem pembukuan yang rapi dapat membantu Anda dalam melihat kondisi keuangan dengan detil. Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan berdasarkan kondisi keuangan usaha Anda.

Strategi marketing adalah jawabannya

Sebagai ujung tombak perusahaan, marketing memiliki tugas untuk menarik orang agar membeli produk yang Anda punya. Apa yang harus dilakukan? Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan membuat strategi marketing yang menarik.

Buatlah perencanaan yang berisi strategi marketing yang akan dilakukan. Diskon dan promo merupakan dua contoh strategi pemasaran yang sering dilakukan. Dengan begitu, orang-orang tertarik untuk membeli barang yang Anda jual.

Meningkatkan efisiensi operasional usaha

Apakah perusahaan Anda berjalan dengan baik? Setiap divisi dari usaha Anda memiliki peran penting dalam kemajuan perusahaan. Kinerja yang optimal dengan hubungan dengan divisi lainnya menjadi kunci akan keberhasilan sebuah usaha.

Untuk meningkatkan operasional usaha, Anda bisa menggunakan software bisnis untuk meningkatkan efisiensi usaha Anda. Karena itu, gunakan Paper.id untuk membuat usaha Anda berjalan lebih efisien dan efektif.

Baca juga: Arus kas dan kenapa ini penting bagi usaha Anda?

Paper.id memiliki fitur invoice, akunting, dan inventaris. Semua fitur telah terintegrasi. Selain itu, semua bukti transaksi tersimpan dalam histori transaksi. Tidak ada lagi kertas serta membuat usaha Anda berjalan lebih efisien dan mengurangi budget usaha secara signifikan. Daftar sekarang dan buat usaha Anda 3 kali lebih efektif dengan Paper.id. Download disini sekarang!

Ekspansi usaha

Dikala Anda merasa bahwa usaha Anda segitu-gitu saja, maka sudah saatnya Anda melakukan ekspansi usaha. Ekspansi merupakan cara untuk memperluas usaha Anda dengan menjangkau pasar yang lebih besar.

Anda bisa memindahkan usaha Anda ke kota yang lebih besar atau merambah pasar e-commerce. Zaman sekarang, usaha online menjadi ranah besar yang bisa menghubungkan setiap orang tanpa mempedulikan waktu dan tempat. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk go-online.

Karyawan Anda adalah Salesperson Anda

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat karyawan Anda menjadi salesperson. Lho, bukankah mereka sudah ditempatkan sesuai dengan skill di divisi masing-masing? Benar, tapi mereka juga menjadi representasi dari usaha yang Anda dirikan.

Mereka juga bisa menjadi penghubung bisnis dengan pelanggan dengan beberapa cara, ide baru mengenai produk/layanan, perubahan yang harus dilakukan, melayani pelanggan, dan hal lainnya yang bisa didiskusikan.