Invoice Proyek

Invoice Proyek- Pasti kita sudah sering menemui atau bahkan menggunakan invoice dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, mungkin ada sebagian dari kita yang belum memahami sebenarnya apa itu invoice atau faktur. Sebagai contoh, misalnya saja pada saat Anda order sesuatu barang yang ada di marketplace yaitu tokopedia, bukalapak atau yang lainnya. Sebelum Anda diberikan nomer rekening, pasti oleh marketplace yang bersangkutan akan dibuatkan sesuatu yang namanya invoice atau faktur.

Selain itu pada saat Anda memesan kursi kereta api, kamar hotel maupun berlangganan listrik pasca bayar pasti juga akan mendapatkan invoice atau faktur. Begitu pun jika Anda akan berwirausaha atau berdagang pasti juga akan sangat membutuhkan yang namanya invoice atau faktur. Sebenarnya apa itu invoice atau faktur? Bagaimana cara membuatnya?

Secara umum invoice atau faktur merupakan suatu dokumen tagihan yang dibuat oleh penjual pada suatu transaksi barang atau jasa yang dilakukan yang isinya mengenai data identitas pelanggan, jumlah pembayaran dan lain-lain. Sebenarnya invoice atau faktur ini bisa digunakan dalam berbagai transaksi bisnis. Salah satunya bisa digunakan untuk pembayaran proyek. Berikut penjelasannya.

Surat Invoice Proyek 

Surat invoice merupakan sebuah surat yang digunakan untuk penagihan dana atas produk barang atau jasa yang telah di jual oleh suatu perusahaan ke perusahaan lainnya atau oleh suatu perusahaan ke perseorangan. Di dalam surat invoice bertuliskan sebuah daftar barang yang di lengkapi dengan nama pengirimannya. Selain ada nama pengirim, juga ada nama orang yang dikirim supaya pengiriman dikirim kepada orang yang tepat.

Surat Invoice dalam suatu transaksi sangat penting dimiliki karena menjadi bukti bahwa transaksi memang benar telah dilakukan. Selain itu juga digunakan untuk referensi administrasi pada bagian bendahara maupun keuangan dalam pencatatan mengenai pemasukan maupun pengeluaran. Jika tidak ada surat invoice, bisa saja pelanggan yang telah memesan produk barang atau jasa tersebut tidak mau membayar karena mereka merasa tidak ada bukti yang otentik. Hal ini yang akan menyebabkan bisnis Anda rawan terhadap penipuan.

Baca Juga: Tagih Pelanggan, Pakai Aplikasi Invoice dan Software Akuntansi Gratis Ini

Isi Surat Invoice Proyek

Isi dari surat invoice beragam. Tergantung dari kebutuhan suatu perusahaan. Surat Invoice untuk pembayaran proyek ini, pada umumnya berisi tentang:

  • Nomor invoice dan juga nomor surat pemesanan atau biasa disebut dengan purchase order.
  • Identitas lengkap yang dimiliki oleh penagih.
  • Identitas tujuan penagihan. Pada bagian ini biasanya berisi tentang nama orang, nama perusahaan, nomor kontak, alamat dan lain sebagainya.
  • Daftar pesanan beserta informasi mengenai jumlah, harga, total penagihan maupun pajak (ppn) jika ada.
  • Rekening tujuan pembayaran yaitu berupa nama bank, nomor akun rekening dan nama dari pemilik akun tersebut.

Diatas merupakan penjelasan mengenai format surat invoice tagihan proyek pada umumnya. Untuk contoh format Anda bisa mencarinya di google atau di buku-buku yang membahas mengenai contoh invoice. Tapi sekarang ini, untuk membuat invoice lebih mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi untuk pembuatan invoice. Dengan menggunakan aplikasi Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana format yang tepat. Karena dengan aplikasi paper.id.

Paper.id GRATIS?

Paper.id adalah Software Invoice untuk pelaku bisnis dalam penagihan, pembayaran sampai pembukuan dan laporan keuangan bisnis Anda.

Saat menjalankan bisnis, hal yang terpenting adalah berkreasi dan berjualan kepada pelanggan. Seringkali hal-hal administratif dan keuangan tidak sempat untuk diurus oleh pemilik bisnis. Maka Paper.id hadir sebagai solusi yang senantiasa menemani pemilik bisnis kecil, menengah maupun besar.

Kami membawa teknologi terdepan yang sangat mudah digunakan untuk Anda dalam membuat penawaran, penagihan, menerima pembayaran, mengatur stok, sampai pembuatan laporan keuangan. Mengirim Invoice tidak lebih rumit daripada memesan ojek online.

Tanpa harus menggunakan trial terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi #1 di Indonesia tersebut secara GRATIS? Caranya, silahkan daftarkan diri Anda dengan mengklik tombol di bawah.

 

(Visited 765 times, 1 visits today)