Keterlambatan pembayaran invoice merupakan masalah yang sering dialami oleh bisnis berskala kecil. Menurut data dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), keterlambatan pembayaran invoice oleh pelanggan dapat mencapai 30%. Hal ini dapat menyebabkan masalah arus kas bagi bisnis, bahkan dapat berujung pada gagal bayar.

Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memiliki proses penagihan yang efektif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengirim invoice secara online. Nah, untuk kamu yang bisnisnya lancar, dan ingin menggunakan kirim invoice online ini kamu bisa menggunakan Paper.id, ini merupakan solusi untuk business owner yang ingin mengirim invoice online agar tagihan dibayar lebih cepat. 

Berikut ini contoh template invoice dari Paper.id, tentu ini akan sangat membantu bisnismu dalam membuat invoice. Sebelum membaca artikel, kamu bisa mencobanya langsung lewat demo produk di bawah.

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Baca Juga: 5 Manfaat Kirim Invoice Secara Digital bagi Bisnis

Manfaat Kirim Invoice secara Online 

Kirim invoice secara online memiliki banyak manfaat bagi bisnis, baik dari segi efisiensi, efektivitas, maupun biaya. Berikut ini adalah dua manfaat kirim invoice secara online:

  • Efisiensi waktu dan biaya: Kirim invoice secara online dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk mencetak, mengirimkan, dan menyimpan invoice secara fisik. Hal ini karena invoice online dapat dikirim secara instan melalui email, SMS, atau aplikasi pesan instan. Selain itu, invoice online juga dapat disimpan secara digital sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan fisik.
  • Peningkatan kepuasan pelanggan: Kirim invoice secara online dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini karena pelanggan dapat dengan mudah mengakses invoice, melihat detail transaksi, dan melakukan pembayaran secara online.

Secara spesifik bisnis, kirim invoice dapat memberikan manfaat: 

  • Untuk bisnis B2B invoice online dapat membantu mempercepat proses pembayaran dari pelanggan bisnis. Hal ini dapat meningkatkan cash flow bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional.
  • Untuk bisnis B2C, invoice online dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, karena mereka dapat dengan mudah mengakses invoice dan melakukan pembayaran. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Untuk bisnis online, invoice online dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengirimkan invoice ke pelanggan di seluruh dunia. Hal ini dapat membantu bisnis untuk menjangkau pelanggan di berbagai wilayah.

Cara Mudah Menggunakan Fitur Kirim Invoice Online di Paper.id

  • Masuk ke menu invoice penjualan, pilih invoice yang akan dikirim 
  • atau geser ke kanan, ada tombol warna hijau, klik tombol tindakan
  • Di samping pojok kanan bawah atau tombol hijau yang ada di kanan, klik tombol pilih tindakan, lalu plih kirim invoice yang dipilih

  • Pilih metode kirim yang diinginkan, setelah itu klik tombol “Kirim Invoice” di pojok kanan bawah

Nah cukup mudah bukan? Dengan Paper.id kamu tidak perlu lagi repot-repot dalam membuat Kirim Invoice. Tinggal buat invoice, dan kirim deh menggunakan via Whatsapp, SMS atau Email. 

Selain itu juga, invoice yang kamu kirim sudah terintegrasi dengan metode pembayaran digital, jadi customer hanya tinggal klik dan bayar.

Jika kamu belum menjadi pengguna Paper.id, silakan daftar gratis sekarang dengan klik tombol di bawah!