Berikut Solusi Menghadapi Fraud Dalam Bisnis

Inovasi yang cepat telah menyebabkan transaksi menjadi lebih global dan lebih virtual.

Pada saat yang sama, ancaman kejahatan di sektor keuangan seperti penipuan dan pemalsuan juga telah meningkat karena inovasi yang berkembang pesat tersebut melampaui kemampuan teknologi untuk mengimbanginya.

Saat ini kerugian finansial di seluruh dunia yang disebabkan oleh penipuan dan pemalsuan yang disertai dengan ancaman tidak hanya dialami oleh individu dan perusahaan tetapi juga dapat membahayakan pasar internasional dan pemerintah.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penipuan selalu terjadi khususnya di era data cloud dan konektivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui cara yang digunakan untuk mencegah penipuan dan menjaga tingkat otorisasi tetap tinggi untuk Anda dan pelanggan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat QRIS Untuk Pebisnis Mudah & Cepat

Apa itu Deteksi Penipuan? 

Deteksi penipuan adalah proses yang mendeteksi dan mencegah penipu mendapatkan uang atau properti melalui cara palsu.

Ini adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mendeteksi dan memblokir upaya penipu untuk mendapatkan uang atau properti secara curang.

Deteksi penipuan biasanya digunakan di sektor perbankan, asuransi, medis, pemerintah, dan publik, serta di lembaga penegak hukum.

Berikut adalah cara yang membuat perusahaan tetap waspada, dan taktik untuk mengalahkan fraud tersebut:

Perangkat dan Perlindungan Situs Web

Dua titik utama penetrasi ancaman bagi perusahaan manapun adalah melalui situs web perusahaan dan perangkat seluler di lokasi. Layanan pelindung web dapat menutup celah keamanan melalui deteksi dan isolasi ancaman yang ditingkatkan.

Selain itu perlindungan real time adalah kunci utama, karena dibutuhkan pemantauan dan analisis yang konstan untuk menangkal ancaman yang terjadi. 

Verifikasi Alamat IP

Penipuan sering dilakukan melalui penggunaan jaringan pribadi virtual, atau VPN, untuk memberikan anonimitas kepada penipu. Itu sebabnya verifikasi alamat IP sangat penting.

Dengan mengidentifikasi entitas yang berinteraksi dengan Anda, akan dapat membantu mencegah kebocoran data atau akses tidak sah ke jaringan Anda.

Dan sistem verifikasi alamat IP yang komprehensif akan dapat memeriksa alamat dan ISP terhadap basis data yang luas untuk mencari riwayat atau asosiasi yang bermasalah sebelum menyelesaikan transaksi atau interaksi jaringan apa pun.

Media Sosial

Sementara media sosial menawarkan keterhubungan yang belum pernah terjadi sebelumnya, itu juga berfungsi sebagai sumber untuk penambangan informasi pribadi untuk fraud atau penipuan.

Untuk mengatasi hal ini, selalu ada baiknya untuk memiliki semacam kecerdasan media sosial yang memungkinkan pemeriksaan dan verifikasi profil. Hal ini guna  menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk transaksi keuangan.

Skor Masuk

Titik keamanan terpenting bagi penyedia layanan digital terjadi pada saat login pelanggan.

Organisasi kejahatan dunia maya menggunakan banyak informasi kartu kredit curian dan mengambil alih perangkat korban mereka untuk transaksi online, oleh karena itu penilaian login berfungsi sebagai penghalang atau penghambat jalan mereka.

Platform penilaian login yang efektif akan dapat mendeteksi ketika kartu kredit atau perangkat digunakan oleh orang lain selain pemiliknya. Selain itu, platform ini harus berfungsi untuk menghentikan proses masuk.

Sangat penting juga bahwa penilaian login akurat, atau mungkin mencegah pelanggan sebenarnya mendapatkan akses ke layanan.

Baca Juga: Pakai QRIS, Bisnis Bisa Makin Laris, Kok Bisa?

Saluran Pemasaran

Hampir semua perusahaan masing-masing berjuang melawan penipuan. Solusi penipuan mewakili banyak komponen dari pendekatan yang kuat dan komprehensif untuk mengamankan perusahaan dari kejahatan dunia maya.

Secara keseluruhan, penipuan pemasaran terjadi dalam dua bentuk yang berbeda. Metode pertama adalah penipuan klik. Ini menggunakan lalu lintas bot untuk mengklik iklan dan menaikkan biaya pemasaran secara astronomis.

Kedua, penipuan terjadi dengan penipuan transaksional. Ini bekerja melalui penyedia ruang iklan palsu, mengambil uang untuk menampilkan iklan di situs palsu.

(Visited 64 times, 1 visits today)