Aplikasi Pembayaran Online

Aplikasi pembayaran online semakin banyak dan kerap muncul di mana-mana. Para pelaku usaha UMKM juga memanfaatkan hal ini sebagai penunjang usaha mereka. Dengan begitu, pembayaran bisa lebih mudah dan praktis.

Ada banyak kemudahan serta keuntungan yang bisa dirasakan. Banyak pelaku usaha UMKM menerapkan hal yang serupa bagi mereka. Diperkirakan, angka pengguna pembayaran online akan semakin meningkat hingga menggantikan posisi uang kartal yang masih menjadi alat pembayaran utama di Indonesia. Apakah aplikasi pembayaran online akan menjadi metode utama pembayaran UMKM di masa depan atau tidak?

Kenapa aplikasi pembayaran online disukai banyak orang

Menurut data dari Simplepay.com, 70% orang di dunia telah menggunakan ponsel untuk aktivitas mereka sehari-hari. Dari bangun tidur hingga tidur, banyak orang menghabiskan waktu mereka dengan menggunakan smartphone.

Baca juga: Panduan memulai bisnis online untuk pemula

Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan adalah makan. Saat membayar, mereka menggunakan aplikasi pembayaran online. Tingginya tingkat transaksi pembayaran online tercatat lewat Data Bank Indonesia pada tahun 2019, dimana ada setidaknya 56,1 Triliun Rupiah yang tercatat dalam transaksi di tahun itu.

Alasan kenapa orang lebih banyak menggunakan aplikasi adalah praktis dan membuat kehidupan mereka menjadi mudah. Tidak perlu repot-repot ke ATM dan membawa dompet karena, semuanya bisa teratasi hanya lewat gawai.

Tidak hanya itu saja, pembayaran online juga lebih aman karena menggunakan proses otentikasi berupa password atau sidik jari. Hal ini mengurangi resiko kriminalitas yang terjadi akan pencurian atau penyalahgunaan dari dompet online.

Aplikasi pembayaran online dapat membawa manfaat positif bagi usaha UMKM

Dengan semakin banyaknya aplikasi pembayaran online yang muncul, hal ini diperkirakan akan terus memberikan efek positif dan membuat ekosistem pembayaran digital semakin besar. Tentunya, hal ini banyak dilirik oleh pelaku UMKM untuk memajukan usaha mereka.

Baca juga: Peran e-wallet dalam mempermudah UMKM

Ada 2 hal penting yang harus diperhatikan. Pertama, penggunaan pembayaran online bisa memudahkan penjualan. Anda tidak perlu menghampiri pembeli karena, mereka bisa melakukannya dimana saja hanya lewat aplikasi.

Kedua, penggunaan aplikasi pembayaran online juga membantu UMKM dalam mendapatkan pembayaran yang lebih cepat. Survey dari Wells Fargo pada tahun 2011 menunjukkan kalau pembayaran bisa diterima dengan cepat begitu barang atau servis telah diterima oleh pelanggan. Dengan demikian, cash flow bisa lebih teratur dan sehat.

Apakah toko Saya sudah siap?

Dengan semakin tingginya pengguna gawai serta aplikasi pembayaran online, setiap pelaku UMKM diharapkan untuk menggunakan aplikasi terutama bagi mereka yang belum, hal ini dapat memberikan efek yang sangat besar bagi mereka.

Bagi Anda yang belum, Anda bisa mengandalkan PayPer dari Paper.id, sebuah portal pembayaran digital yang siap membantu usaha Anda. Dilengkapi dengan sistem pembayaran yang aman dan mudah digunakan, Anda dan pelanggan Anda bisa dengan mudah menggunakannya. Selain itu, ada fitur histori transaksi untuk mengecek pembayaran yang ada. Daftarkan diri Anda sekarang DISINI untuk mendapatkan kesempatan menggunakannya secara gratis!

google_play_customer_io

(Visited 13 times, 1 visits today)