Apa itu Supplier? : Fungsi hingga Pentingnya dalam Binsis

Paper.id – Buat kalian yang sudah pernah terjun langsung dengan dunia bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Supplier. Supplier merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis, tanpa supplier sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan semestinya. Bussiness Supplier sendiri masuk kedalam kategori business B2B.

Mungkin kalian tidak percaya, tapi ini sudah pernah terjadi di salah satu perusahaan besar, yaitu Samsung.

Dari situ kalian sudah bisa memahami pentingnya supplier. Banyak sekali perusahaan yang berusaha untuk mencari dan mengincar supplier bagus supaya binis mereka bisa berjalan dengan lancar.

Tapi buat kalian yang belum tau arti kata dari Supplier, kalian bisa membaca artikelnya dibawah ini yaa.

Baca Juga : Fitur WhatsApp Yang Bisa Digunakan Untuk Bisnis

Apa itu Supplier?

Ilustrasi Supplier (Dok. Unsplash)

Dikutip dari halaman marketbusinessnews.com, Supplier adalah orang, organisasi, atau entitas lain yang menyediakan sesuatu yang dibutuhkan orang, organisasi, atau entitas lain. Bisa dibilang kalau supplier itu adalah sebuah perusahaan yang memasok juga menjual bahan baku ke pihak lainnya. Supplier bisa disebut juga dengan Vendor.

Contoh, ada supplier misalnya bahan pokok makanan, mereka akan menjual bahan makanan tersebut ke berbagai restoran, warung nasi, toko kecil, dan lain sebagainya.

Kalian juga harus tau kalau Supplier itu berbeda dengan Distributor, Dropshipper, atau reseller.

Walau fungsi dari supplier kelihatan mudah dan sederhana, namun mereka memiliki kendali dalam roda sebuah bisnis.

Lalu Apa Fungsi dari Supplier?

Setelah kalian telah mengetahui pengertian dari supplier, kalian juga mesti tahu fungsi supplier dalam bisnis itu apa?

1. Menyediakan Bahan yang Dibutuhkan Produsen

Nah, fungsi yang pertama ialah menyediakan bahan yang dibutuhkan oleh produsen. Misal, Kalau sebuah pabrik produksi rokok tidak memiliki bahan untuk membuat rokok, maka bisnis mereka tidak akan bergerak. karena tidak ada rokok yang diproduksi.

2. Menggerakkan Siklus Produksi Bisnis

Kedua, Supplier memegang peranan penting dalam siklus produksi suatu bisnis, kalau bahan produksi tidak ada, maka produksi tidak akan jalan.

Misal, ada seseorang yang jualan baju, kalau supplier bahan baju nya macet, maka bisnis baju kalian tidak akan berjalan dengan semestinya.

3. Kunci Menghasilkan sebuah produk yang berkualitas.

Ketiga, Memilih Supplier itu penting guna menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Kualitas dari bahan baku yang didapatkan dari supplier itu berpengaruh terhadap produk akhir dari sebuah bisnis.

Misal, ada sebuah produsen kecap terkenal yang selalu menghasilkan kualitas kecap premium. Produsen tersebut tidak akan terkenal kalau mereka menggunakan bahan produksi kecap yang memiliki kualitas cukup buruk.

Kalau dari bahan produksinya saja sudah cukup jelek, maka hasil yang didapatkan juga demikian. Begitupun sebaliknya.

Baca Juga : 4 Manfaat Invoice Online Gratis Untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Jadi Supplier adalah salah orang atau perusahaan yang menyediakan bahan baku kepada para pelaku bisnis.

Supplier sendiri memiliki fungsi seperti Menyediakan bahan baku untuk para pelaku bisnis, Menggerakkan siklus produksi, dan kunci dari menghasilkan produk berkualitas.

Buat kalian para pelaku bisnis yang ingin bingung dengan bagaimana cara mempermudah pembayaran invoice ke supplier. Kalian bisa menggunakan Paper.id, untuk mempermudah pengiriman hingga pembayaran invoice ke supplier

(Visited 29 times, 1 visits today)