Zaman sekarang, bisnis rumahan semakin mudah berkat kemajuan teknologi. Orang-orang bisa memilih jenis bisnis yang tepat dan dibangun di rumah mereka dengan memanfaatkan tempat-tempat kosong seperti garasi, halaman rumah, dan sebagainya.

Jika Anda berminat untuk membuat bisnis di rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut 5 tips yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis. Hal-hal tersebut berkaitan dengan apa saja yang harus Anda persiapkan mulai dari awal.

Tentukan produk yang akan Anda jual

Saat ini, banyak orang menjual produk-produk yang unik dan belum ada sebelumnya seperti kopi kekinian, kue kekinian, dan juga lainnya. Jika kesulitan, Anda bisa memilih produk yang sudah ada dan memodifikasinya dengan hal yang lebih unik.

Baca juga: Rebranding, apa itu dan kenapa ini penting untuk bisnis? 

Salah satu contoh yang bisa Anda lihat adalah Sang Pisang. Usaha Pisang Nugget yang dirintis oleh anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep tersebut merupakan contoh jualan yang unik dimana, pisang nugget dimodifikasi dengan topping yang berlimpah dan jarang digunakan di pisang goreng seperti selai Nutella, Ovomaltine, dan lainnya.

Visi dan misi bisnis yang jelas

Setelah menentukan produk yang akan dijual, Anda akan berpindah ke hal mendasar dalam sebuah bisnis, visi dan misi. Visi dan misi akan membantu Anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini, buatlah visi dan misi yang jelas.

Visi merupakan mindset dasar dari usaha Anda. Setelah itu, Anda bisa menjabarkannya dalam beberapa poin yang akan tertulis di bagian misi. Hal itu akan membantu Anda dalam membuat perencanaan jangka panjang untuk bisnis Anda.

Hitung modal dan pilih waktu yang tepat untuk memulainya

Bisnis tanpa modal tidak akan berjalan. Ibarat motor, modal berfungsi sebagai bahan bakar untuk menjalankan si motor. Untuk itu, Anda membutuhkan modal yang cukup untuk memulai usaha Anda. Jika tidak memilikinya, Anda bisa mengajukan pinjaman modal kepada bank atau P2P Lending yang terpercaya.

Setelah itu, pilihlah waktu yang tepat untuk memulai usaha Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki usaha bisnis kue kering, Anda bisa memulainya bertepatan dengan hari raya besar seperti hari raya Ramadhan atau Hari Raya Natal. Biasanya, Hari Raya membutuhkan kue kering sebagai teman jamuan makan dan bisa dimanfaatkan sebagai waktu yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Mempersiapkan kebutuhan bisnis

Dalam hal menjalankan bisnis, ada 2 hal penting yang harus dilihat, operasional dan keuangan. Operasional berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan menjalankan perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa fokus dalam melihat proses berlangsungnya usaha mulai dari membuat produk, pemasaran, penjualan dan sebagainya.

Baca juga: Trik psikologi dibalik promo belanja Natal 

Selain itu, ada bagian yang harus ada dalam perusahaan yakni bagian mengurus keuangan. Untuk memudahkan pelaku bisnis rumahan, manfaatkan software akuntansi gratis yang dapat membantu Anda dalam pembukuan.

Paper.id merupakan platform bisnis untuk mengatasi kebutuhan bisnis rumahan mulai dari Invoice, akunting dan inventaris. Segala kebutuhan bisnis mulai dari penagihan, pencatatan keuangan hingga penghitungan stok bisa teratasi dengan mudah. Pengunaannya yang mudah serta gratis membantu para pelaku usaha bisnis rumahan bisa mengatasi kesulitan dalam pencatatan laporan keuangan dengan mudah dan tanpa ribet. Gunakan sekarang Gratis dengan DOWNLOAD DISINI!

Pemasaran

Setelah menyiapkan segalanya, Anda sudah siap untuk memasarkan produk yang Anda miliki. Gunakan sosial media sebagai media pemasaran yang mudah, murah dan hasil yang maksimal. Menurut data yang dirilis oleh sproutsocial dan statista, Instagram dan Facebook masih menjadi sosial media yang banyak digunakan pebisnis di Indonesia untuk mempromosikan bisnis Anda.

(Visited 557 times, 2 visits today)