Paper.id Blog – Buat kalian yang mempunyai bisnis dan ingin menaikan harga produk dari bisnis kalian, kalian harus tahu bagaimana cara menaikkan harga barang atau produk yang kalian jual.

Di dalam sebuah bisnis, ada kalanya usaha kita akan mengalami masa-masa yang sulit ketika harus menaikkan harga produk.

Menaikkan harga dari suatu produk bukanlah hal yang mudah. Karena dari keputusan tersebut, kadang konsumen tidak selalu memahami maksud kenapa harga produk kita naik.

Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa cara bagaimana menaikkan harga sebuah produk dengan mudah tanpa membuat konsumen pergi.

Baca Juga: Cukup 6 Kali Transaksi, Nikmati Perpanjangan Tempo Buat Transaksi Di Paper.id!

Cara Menaikkan Harga Produk yang tepat.

Berikut beberapa cara bagaimana kita menaikkan harga sebuah produk atau jasa dengan tepat:

1. Mensosialisasikan informasi harga produk baru ke pelanggan

Hal yang pertama kalian lakukan ialah, kalian mesti mensosialisaikan kenaikan harga produk kepada para pelanggan.

Adanya kenaikan harga akan langsung berdampak kepada keputusan pelanggan, apakah masih mau membeli produk kita atau tidak.

Mensosialisasikan kenaikan harga bertujuan agar konsumen lebih memahami keputusan kalian dalam menaikkan harga produk. Jangan membuat keputusan yang tidak melibatkan konsumen.

2. Jelaskan Mengapa Harga Dari Produk Dinaikkan, Dan Keuntungannya.

Selanjutnya, kalian mesti menjelaskan kepada pelanggan kenapa harga produk kalian naik. Jangan menyalahkan sebuah inflasi.

Sebaiknya kalian menjelaskan kepada pelangga, keuntungan yang akan mereka peroleh ketika sebuah produk kalian harga nya naik. kalian juga perlu memikirkan kondisi dari pelanggan.

Tidak ada orang yang mau membayar mahal sebuah produk tanpa adanya keuntungan tambahan yang jelas dan apa yang bisa mereka dapatkan nantinya.

3. Memberikan Penjelasan Secara Detail Dan Jujur

Ketiga, kalian wajib memberikan penjelasan secara detail dan jujur kepada para pelanggan, kenapa harga dari produk kita naik. Biasanya ketika kita mengumumkan harga produk naik, maka para pelanggan akan bertanya kenapa harga tersebut naik.

Memberikan penjelasan kepada pelanggan secara detail dan jujur, akan membantu kalian dalam menjelaskan dan memberi pemahaman kepada pelanggan alasan kenapa harga produk tersebut naik.

Jangan membuat penjelasan yang tidak masuk akal, dan terkesan dibuat-buat. Berikan penjelasan yang detail dan juga jujur kepada pelanggan.

4. Berikan Bonus atau Hadiah

Nah, ketika harga sebuah produk dinaikkan, maka biasanya pelanggan akan mengurungkan niatnya untuk membeli produk tersebut.

Untuk mensiasati hal itu, kalian bisa memberikan sebuah bonus atau hadiah ketika membeli produk tersebut. Hal ini dilakukan agar para pelanggan mau membeli produk tersebut.

Baca Juga:Cara Membangun Customer Experience dengan Efektif

5. Memperbagus Kualitas Produk kalian

Terakhir, kalian bisa memberikan tambahan atau upgrade kualitas produk bisnis kalian.

Salah satu contohnya adalah, kalian bisa membuat kemasan baru yang lebih menarik untuk diliat, atau juga mempercantik tampilan dari packaging ketika pengiriman.

Hal itu akan memberikan dampak kepada pelanggan bahwa kenaikan harga dari sebuah produk juga sesuai dengan peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan.

Nah, salah satu cara menghitung kenaikan harga produk adalah dengan diperoleh harga dari HPP. Untuk memudahkan hal tersebut, kalian bisa menggunakan fitur aplikasi akuntansi dasar online yang dimiliki Paper.id

Dengan Paper.id, kalian dapat melakukan analisa secara cepat dan tepat tentang aktivitas presentase harga yang harus dibebankan kepada produk. Buat kalian yang ingin mencoba, Yuk, Daftar sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini !