Faktur atau invoice adalah salah satu bagian terpenting dalam transaksi bisnis, terlepas dari tipe bisnis yang Anda jalani. Mau Anda supplier beras, freelancer, pelaku usaha toko online, invoice tentunya tidak bisa dipisahkan dari bisnis Anda.

Awalnya, invoice ditulis pada sebuah kertas dan dikirimkan dengan jasa kurir kepada klien Anda. Seiring berjalannya waktu, banyak orang beralih dengan faktur digital yang dinilai lebih praktis, efisien, serta menguntungkan dari segi bisnis.

Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan invoice kertas atau belum mengadopsi teknologi dalam bisnis mereka. Indonesia sendiri menduduki posisi ke-80 dalam peringkat adopsi penggunaan teknologi dalam pengelolaan bisnis. Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengadopsi teknologi faktur digital bagi bisnis. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan?

Baca juga: Jenis-jenis dan kegunaan faktur penjualan dalam bisnis

Cek fakta-fakta faktur digital vs faktur kertas

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam invoice. Dua faktor pertama adalah biaya pembuatan dan jangka waktu pengiriman. Pernahkah Anda bayangkan, seberapa besar biaya dan lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan mengirimkan invoice?

Menurut Sterling Commerce, sebuah perusahaan besar menghabiskan biaya sebesar 160.000 per-invoice. Jika dalam sebulan Anda membuat 5000 invoice, berarti Anda sudah menghabiskan biaya sebesar 800 juta Rupiah. Coba Anda bayangkan, jika Anda menggunakan invoice digital, Anda bisa mengurangi budget seminim mungkin dan menggunakannya untuk keperluan lain bukan?

Selain itu, pengiriman invoice dengan kurir juga makan waktu. Sebagai perbandingan, Anda bisa bayangkan jika kurir dalam kota bisa memakan waktu 45 menit jika di kota-kota besar di Jakarta. Bagaimana jika antar kota?

Semakin lama faktur sampai di klien Anda, maka proses pembayaran akan semakin lama. Sudah lama, belum lagi jika ada yang salah pada invoice. Otomatis, waktu pembayaran akan mundur dan mengakibatkan arus kas usaha Anda terganggu. Invoice kertas juga terancam mudah rusak, hilang, sobek, bahkan basah. Tentunya, masalah ini juga mempengaruhi pembayaran klien. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda lihat melalui gambar dibawah ini.

Baca juga: 5 contoh format faktur pembayaran yang biasanya digunakan

Lewat gambar diatas, Anda tentunya bisa mengetahui kerugian apa saja yang telah Anda derita karena penggunaan invoice kertas. Untuk itu, Anda bisa mulai beralih untuk menggunakan faktur invoice dengan Paper.id, solusi invoice yang dapat mempercepat transaksi pembayaran untuk keuntungan bisnis Anda.