Tips Jitu Mendapatkan Supplier Tangan Pertama Untuk Usaha Anda

Menemukan pemasok atau supplier yang tepat terlebih dari supplier tangan pertama dapat mengubah bisnis Anda secara dramatis. Namun untuk mendapatkannya, diperlukan pengorbanan yang besar, seperti waktu, kesabaran dan tenaga.

Dalam proses memilih supplier tangan pertama, salah satu yang menjadi bahan pertimbangan pastinya jatuh pada pemasok yang paling efektif menawarkan produk atau layanan yang sesuai atau melebihi kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, ketika Anda mencari supplier tangan pertama, yang terbaik adalah memastikan kebutuhan bisnis Anda dan apa yang ingin Anda capai dengan membeli dari pemasok tersebut, daripada hanya membayar apa yang ingin dijual pemasok kepada Anda.

Baca juga: 5 tren online terbaru e-commerce di tahun 2022

Misalnya, jika Anda ingin mengurangi waktu yang Anda perlukan untuk melayani pelanggan, pemasok yang menawarkan pengiriman lebih cepat akan memberi peringkat lebih tinggi daripada pemasok yang bersaing hanya berdasarkan harga.

Supplier tangan pertama adalah produsen yang langsung memproduksi produk dengan kuantitas atau dalam jumlah yang besar. Biasanya yang membedakan supplier tangan pertama dengan supplier lain adalah pada supplier tangan pertama, mereka memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi produk-produknya. Selain itu harga yang mereka tawarkan relatif lebih terjangkau dibanding supplier lain. Oleh karena itu banyak para pebisnis online yang mencari mereka.

Kriteria yang harus dimiliki oleh supplier tangan pertama yang harus Anda ketahui untuk keberlangsungan bisnis atau usaha Anda:

Keandalan Supplier Tangan Pertama

Jika mereka mengecewakan Anda, Anda mungkin akan mengecewakan pelanggan Anda. Misalnya jika supplier atau pemasok Anda tidak dapat memenuhi dan mengirimkan pesanan Anda, maka Anda pun juga tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan Anda. Dan jika hal itu terjadi maka pelanggan Anda akan merasa kecewa dan akan beralih pada pesaing Anda.

Kualitas

Kualitas persediaan Anda harus konsisten dan baik, karena untuk membuat pelanggan Anda tetap loyal terhadap bisnis Anda, kualitas menjadi hal utama yang harus Anda jaga dan Anda berikan kepada pelanggan Anda untuk kepuasan dan memenangkan hati pelanggan Anda.

Harga

Harga terendah tidak selalu menjadi hal yang positif. Jika Anda menginginkan keandalan dan kualitas dari supplier tangan pertama, Anda harus memutuskan berapa banyak Anda bersedia membayar untuk persediaan Anda dan keseimbangan yang ingin Anda capai antara biaya, keandalan, kualitas, dan layanan.

Layanan yang kuat dan komunikasi yang jelas

Anda membutuhkan supplier tangan pertama untuk mengirimkan barang tepat waktu, atau jujur ​​dan memberi Anda banyak peringatan jika mereka tidak bisa. Pemasok terbaik akan berbicara dengan Anda secara teratur untuk mengetahui kebutuhan apa yang Anda miliki dan bagaimana mereka dapat melayani Anda dengan lebih baik.

Keamanan Keuangan

Hal ini untuk memastikan pemasok Anda memiliki arus kas yang cukup kuat untuk memberikan apa yang Anda inginkan, saat Anda membutuhkannya. Pemeriksaan kredit akan membantu meyakinkan Anda bahwa mereka tidak akan gulung tikar saat Anda sangat membutuhkannya.

Pendekatan Kemitraan

Hubungan yang kuat akan menguntungkan kedua belah pihak. Anda ingin pemasok Anda mengakui betapa pentingnya bisnis Anda bagi mereka, sehingga mereka melakukan segala upaya untuk memberikan layanan terbaik. Dan kemungkinan besar Anda akan menciptakan respons ini dengan menunjukkan kepada pemasok betapa pentingnya mereka bagi bisnis Anda.

Baca juga: Mengenal kode transfer bank dan fungsinya

Cara Mengidentifikasi Supplier Tangan Pertama Potensial

Anda dapat menemukan pemasok melalui berbagai saluran untuk membuat daftar pendek pemasok sebagai dasar untuk menentukan pilihan pemasok atau supplier tangan pertama untuk bisnis Anda. Selain hal tersebut Berikut ini merupakan cara lain yang bisa Anda lakukan.

  • Asosiasi perdagangan dan Pers Perdagangan
    Jika kebutuhan Anda khusus untuk perdagangan atau industri tertentu, mungkin akan ada asosiasi perdagangan yang dapat mencocokkan Anda dengan pemasok tangan pertama yang sesuai. Selain itu Anda juga dapat mencari di majalah perdagangan yang biasanya menampilkan iklan dari pemasok-pemasok potensial.
  • Penasihat bisnis
    Organisasi pendukung bisnis lokal, seperti kamar dagang, sering kali dapat mengarahkan Anda ke pemasok tangan pertama yang potensial.
  • Pameran
    Pameran menawarkan kesempatan besar untuk berbicara dengan sejumlah pemasok tangan pertama yang potensial di tempat yang sama pada waktu yang sama. Sebelum Anda pergi ke pameran, ada baiknya untuk memeriksa apakah peserta pameran itu relevan dan cocok untuk bisnis Anda.
  • Website
    Diera digital seperti sekarang ini yang didukung atau difasilitasi dengan internet, Anda dapat memanfaatkannya dengan mengunjungi website. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah pencarian kata kunci yang tepat dan relevan, sehingga memudahkan Anda mendapatkan pilihan supplier tangan pertama yang sesuai dan merupakan produsen langsung atau supplier tangan pertama. Selain itu selama proses pencarian Anda juga dapat melihat produk-produk beserta harga yang ditawarkan yang tertera pada halaman website yang Anda kunjungi.
(Visited 197 times, 1 visits today)