Pertumbuhan bisnis franchise berkembang pesat di Indonesia. Dilansir dari Liputan 6, bisnis makanan dan minuman tumbuh besar, sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia yang sudah menyentuh angka 270 juta jiwa.

Di triwulan pertama, kementerian perindustrian mencatatkan pertumbuhan produk domestic Bruto (PDB) di sektor makanan dan minuman telah menyentuh persentase 6,77%, lebih tinggi dari pertumbuhan PDB industri nasional sebesar 5,07%.

Sektor makanan dan minuman diprediksi masih akan terus bertumbuh terutama dengan pola bisnis kemitraan. Masyarakat dapat merintis bisnis mereka dengan memilih tipe bisnis waralaba yang sesuai dengan keinginan mereka.

Meski terkesan mudah, membangun sebuah bisnis waralaba harus melalui banyak tantangan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut 5 tips penting yang harus diketahui.

Baca juga: Daftar 20 franchise makanan terlaris 2019

Mengenal dan memilih franchisee yang tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih bisnis franchise yang tepat. Kenali reputasi dan perjalanan bisnis sebelum Anda memilihnya. Sudah banyak bisnis waralaba yang memberikan iming-iming keuntungan yang besar dan berakhir mengecewakan.

Untuk itu, cari informasi dari franchise sebanyak mungkin. Anda perlu melihat apakah bisnis tersebut pernah tersandung kasus hukum atau tidak. Selain itu, cek reputasinya di masyarakat apakah baik atau tidak.

Terakhir, jangan langsung memulainya dalam skala besar. Mulailah dari kecil dan sesuai dengan dana yang ada. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengatur bisnis dengan lebih mudah dan teliti sehingga, meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Bisnis Dropship

Pilihlah bisnis franchise berdasarkan rekam jejak dan sistemnya

Menyusun pendanaan bisnis franchise

Setiap bisnis waralaba menerapkan pendanaan yang berbeda. Selain itu, tingkat besaran dana yang dikeluarkan juga berbanding lurus dengan kelebihannya. Biasanya, ada paket layanan serta penyuluhan tentang waralaba yang hendak Anda pilih.

Untuk makanan dan minuman, pihak waralaba tersebut biasanya memberikan resep dan juga bahan makanan yang sesuai. Dengan begitu, Anda bisa dengan lebih mudah dalam memulai bisnis yang Anda inginkan.

Perhitungkan juga biaya eksternal yang harus Anda keluarkan seperti penyewaan tempat dan dana tidak terduga. Dengan begitu, Anda bisa tahu dan membuat rencana pendanaan mengenai besaran dana yang harus dikeluarkan.

Membangun sistem operasional

Kini, Anda beralih ke bagian inti penting untuk menjalankan bisnis franchise, sistem operasional. Sistem operasional meliputi banyak hal mulai dari kepegawaian, sistem keuangan, cara-cara dalam menjalankan toko dan juga hal lainnya.

Sistem operasional terbagi menjadi dua yakni, kepegawaian dan keuangan. Kepegawaian meliputi banyak hal mulai dari perekrutan, pembagian kerja, dan juga gaji karyawan. Kepengurusan pegawai perlu diurus dengan baik agar membuat kinerja karyawan lebih maksimal.

Baca juga: Lebih untung mana, usaha sendiri atau bisnis franchise?

Sistem keuangan meliputi keuangan operasional dan juga sistem pembayaran. Untuk itu, hal ini membutuhkan alat penunjang bisnis agar berjalan dengan efisien dan mudah. Anda bisa menggunakan Paper.id untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan bisnis Anda.

Paper.id adalah platform bisnis dengan fitur invoice, inventaris dan accounting yang terintegrasi menjadi satu. Dengan begitu, Anda bisa mengatur semuanya mulai dari pembuatan invoice, pembukuan bisnis serta pengaturan stok barang usaha Anda dengan mudah.

Untuk urusan pembayaran, gunakan PayPer untuk pembayaran invoice yang lebih mudah dan aman. Bisnis jadi gampang dan say goodbye masalah dan rasa pusing dalam mengatur bisnis. Daftarkan diri Anda secara gratis DISINI!

Membuat rencana pemasaran

Sosial media dan website bisa menjadi medium penting yang membantu untuk mempromosikan bisnis Anda dengan mudah dan murah. Anda bisa menyewa jasa digital agency untuk membantu Anda dalam mempromosikan bisnis secara kreatif lewat sosmed dan website.

Selain itu, medium website juga bisa menjadi jalan bagi Anda untuk memberikan informasi baru terkait hal apapun sehingga, para pelanggan bisa tahu mengenai informasi baru yang ada. Tips untuk website adalah, lakukan update secara berkala mengenai promo atau info serta hubungkan sosmed dan website agar semuanya bisa berkembang.

Lakukan dengan telaten

Setelah menyusun sejumlah rencana yang ada, waktunya untuk melakukan segala sesuatunya dengan telaten dan hati-hati. Dalam bisnis, tidak ada yang instan karena, semuanya membutuhkan proses sehingga Anda perlu melakukan yang terbaik untuk itu.

Karena itu, lakukan strategi yang telah Anda lakukan sebelumnya dengan teliti. Jika terjadi kesalahan di tengah jalan, jangan takut karena, Anda tinggal memperbaiki kesalahan Anda dan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan bisnis franchise Anda.

google_play_customer_io

 

(Visited 269 times, 1 visits today)