Jatuh tempo – Utang piutang dalam kehidupan sehari-hari, juga dalam dunia bisnis, adalah hal yang lumrah. Hampir setiap orang pernah berhutang, yang tidak biasa adalah apabila kita lupa melakukan penagihan atau lupa melakukan pembayaran tagihan. Apabila lupa melakukan pembayaran tagihan, dampaknya adalah Anda akan terkena denda atau bunga. Sementara kalau lupa melakukan penagihan piutang dampaknya adalah neraca keuangan Anda tak seimbang karena pemasukan tertunda.

Dapat kita lihat dari arus kas yang ikut terganggu karena keterlambatan pembayaran. Pada dasarnya sumber kehidupan dalam berbisnis adalah cash flow yang baik. Akan tetapi sebaliknya hal lain yang membuat usaha kian menjadi buruk adalah jika tagihan mengalami kemacetan serta terjadi penundaan faktur.

Keterlambatan dalam pembayaran dalam jumlah kecil dapat mempengaruhi gaji karyawan, pemutaran modal usaha, produksi, dan aspek dalam suatu bisnis. Oleh karna itu Berikut adalah cara untuk menghadapi masalah keterlambatan serta bagaimana caranya agar para pelanggan tidak sampai telat membayar invoice sehingga tidak sampai membahayakan arus kas perusahaan Anda?

Baca Juga: Termasuk Pengingat Faktur, Ini 5 Cara Pembayaran Invoice Tepat Waktu

Tegas Terhadap Konsumen

Cara seperti ini mungkin terdengar sedikit menekan. Tetapi,  ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatur pembayaran. Anda perlu membuat suatu kesepakatan terlebih dahulu dengan konsumen tentang waktu pelunasan.

Sama seperti kepribadian seseorang yang bermacam-macam, perilaku konsumen dalam melakukan pembayaran pun akan seperti itu.  Oleh karena itu diperlukan sikap tegas terhadap konsumen dalam hal pembayaran.

Buatlah jadwal pembayaran sendiri

Saat Anda mendapatkan pesanan dengan nilai yang sangat tinggi, sebaiknya pelanggan tidak membayar sekaligus pesanannya tersebut pada akhir waktu saat pesanan telah dipenuhi atau sudah selesai dibuat. Anda bisa mengakalinya dengan membuat sebuah jadwal pembayaran yang sudah disepakati bersama dengan pelanggan tersebut, sehingga akan tertera dengan jelas kapan pelanggan harus membayarkan biaya dari pesanan tersebut.

Pastikan pengiriman invoice tidak sampai terlalu mepet

Mendapatkan kiriman tagihan atau invoice bukanlah hal yang menyenangkan bagi sebagian besar orang, apalagi tagihan tersebut datang pada saat berdekatan dengan tanggal jatuh temponya. Oleh karena itu, apabila ingin mempercepat pertambahan arus kas, maka pastikan Anda mengirimkan invoice tersebut sejak jauh hari.

Tujuannya agar pelanggan memiliki waktu untuk memproses invoice serta menyediakan dananya terlebih dahulu. Setelah mengirimkan, pastikan pula untuk rajin mengingatkan para pelanggan sebelum masa jatuh tempo dari pembayaran. Apabila terjadi keterlambatan, maka usahakan untuk tetap membicarakan hal tersebut secara baik-baik dan tetap mengirimkan tagihan dengan sopan.

Tawarkan diskon untuk pembayaran yang lebih Awal

Diskon merupakan salah satu cara agar dapat menarik sebagian besar minat dari pembeli. Nah, hal ini juga pasti dapat Anda lakukan untuk membuat para pelanggan tidak sampai telat untuk membayar invoice-nya. Anda juga bisa memberikan penawaran diskon yang menarik bagi setiap pelanggan yang telah melakukan pembayaran lebih awal dari jadwal jatuh temponya.

Baca Juga: Contoh Surat Tagihan Pembayaran Dan Penjelasannya

Memilih cara pembayaran yang mudah dan cukup menguntungkan

Dalam memilih metode pembayaran, cobalah untuk membuat cara pembayaran tersebut menjadi mudah bagi Anda terima. Semakin mudah cara pembayarannya, maka akan semakin cepat juga uang yang masuk ke dalam rekening bisnis Anda. Sebagai contoh, pembayaran melalui bank tentunya akan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kedua belah pihak. Selain karena pembayaran tersebut langsung masuk ke dalam rekening, maka tidak akan ada biaya dalam melakukan transfer antar bank yang sama ataupun biaya tambahan lainnya.

Memberikan Biaya Keterlambatan

Menunggu pembayaran terkadang menguras tenaga dan emosi. Anda  akan membuang waktu yang seharusnya untuk mengurus bisnis dan pelanggan. Dengan demikian, menambahkan biaya keterlambatan akan mendorong konsumen untuk segera melakukan pelunasan.

Sejatinya, dalam melakukan suatu hubungan usaha kepercayaan harus dibangun antara kedua belah pihak. Apabila pelanggan sudah melunasi atau membayar uang muka, maka perusahaan wajib mengirimkan barang tepat waktu.

Tapi perlu diingat bahwa konsumen merupakan sekumpulan orang yang harus dilayani secara baik. Tanpa mereka, dapat dipastikan bahwa usaha Anda tidak akan berjalan lancar. Namun, pembayaran yang tepat waktu juga dapat mempengaruhi arus kas pada suatu perusahaan.