Kalian mesti mengetahui istilah-istilah audit yang sering ada dalam laporan keuangan perusahaan. Agar lebih mudah dalam membaca hasil laporannya. 

Laporan keuangan perusahaan akan sering diaudit oleh auditor pada akhir periode akuntansi. Tujuannya adalah untuk melihat laporan akan dari perusahaan itu. 

Laporan keuangan sendiri memiliki manfaat seperti menambah kredibilitas atas posisi keuangan yang dilaporkan, hingga membantu dalam pengambilan keputusan. 

Itu alasan mengapa banyak perusahaan sering melakukan audit laporan keuangan walaupun biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak. 

Karena laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting. Nah oleh karena itu, penting bagi bagi pemilik usaha atau stakeholder untuk dapat mengerti istilah istilah audit dalam laporan keuangan perusahaan. Berikut penjelasan secara singkatnya. 

Baca Juga: Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik! Bisa Kalian Pakai GRATIS!

Mengenal Lebih Jauh Istilah Audit Dalam Laporan Keuangan Perusahaan

Terdapat beberapa istilah yang perlu kalian ketahui untuk memahami sebuah laporan keuangan seperti berikut ini:

  • Audit Investigasi – Ini merupakan sebuah audit yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah kecurangan atau kejahatan. Pendekatan yang dilakukan pada audit ini berbeda dari yang lain, karena audit ini dilakukan karena tujuan yang berbeda.
  • Manajemen Audit – Ini sering dilakukan, karena kegiatan ini yaitu mengevaluasi efektivitas serta efisiensi kinerja operasional perusahaan.
  • Independen atau Eksternal Audit – Ini biasanya muncul dari kantor akuntan publik dan memberikan jasa audit kepada klien.
  • Performance Audit – Bisa disebut juga dengan audit kepatuhan. Ini meurpakan sebuah proses penilaian yang sistematis. Dimana tujuannya untuk dapat menilai efisiensi dan efektivitas sebuah proses bisnis yang berjalan.
  • Internal Auditor – Ini merupakan sebuah individu atau kelompok yang bertugas untuk mengevaluasi sebuah akurasi data keuangan dari sebuah perusahaan, guna menghindari masalah hukum dan keuangan.
  • Uji Tuntas – Merupakan sebuah penyelidikan kinerja suatu perusahaan. Untuk dapat perbandingan terhadap standar baku yang telah ditetapkan.
  • Information Risk – Merupakan sebuah istilah audit risiko atas informasi yang digunakan sebagai dasar untuk diambilnya sebuah keputusan.
  • Stock Opname – Yaitu pemeriksaan jumlah persediaan dengan tujuan untuk mencocokkan jumlah persediaan yang dicatat dengan yang ada saat ini.
  • Initial Audit – Merupakan sebuah audit pertama atau audit laporan keuangan perusahaan dimana laporan tersebut belum pernah di audit sama sekali.
  • Working Paper – Merupakan sebuah kumpulan catatan-catatan yang didalamnya terdapat prosedur audit yang ditempuh, dari awal hingga akhir.

Baca Juga: 3 Manfaat Menggunakan Aplikasi Akuntansi untuk Bisnis

 Permudah Audit Laporan Keuangan Dengan Invoice Yang Sudah Terekonsiliasi Menggunakan Aplikasi Invoice Online dari Paper.id

Untuk memudahkan kalian dalam membuat laporan keuangan dengan baik dan benar. Kalian bisa menggunakan sofware aplikasi invoice online dari Paper.id. Karena memudahkan kalian dalam membuat digital invoice serta mengirim invoice yang sudah terekonsiliasi secara otomatis. 

Semua transaksi invoice akan secara otomatis masuk menjadi laporan keuangan dasar, kalian tidak perlu repot repot mengeceknya secara manual. Masih banyak fitur-fitur yang memudahkan kalian dalam bisnis. 

Tunggu apalagi, Yuk pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol daftar dibawah ini sekarang juga!