Fungsi Laporan Laba Rugi – Bagaimana cara mengetahui bahwa bisnis Anda mendapatkan profit atau keuntungan dari hasil penjualan? Pasti pertanyaan seperti ini sering muncul dalam pikiran kalian. Hal itu hanya bisa Anda ketahui ketika membuat laporan laba rugi. 

Laporan laba rugi merupakan salah satu bagian penting dalam laporan keuangan selain dokumen laporan neraca keuangan, dan dokumen laporan arus kas. 

Dengan laporan tersebut Anda akan diberikan gambaran apakah bisnis Anda mendapatkan keuntungan atau kerugian selama periode waktu tertentu. Laporan laba rugi bisa disebut juga dengan income statement

Dalam pembuatannya laporan laba rugi sendiri bisa dibuat dalam periode waktu tertentu seperti periode satu bulan, atau satu tahun. Lalu apa fungsi laporan laba rugi untuk bisnis?  Apakah memang memberikan dampak untuk bisnis? 

Fungsi Laporan Laba Rugi Untuk Bisnis

Memonitoring keuangan suatu bisnis tentu menjadi tugas yang wajib bagi seorang pemilik bisnis.Dengan laporan laba rugi, tentu akan memberikan gambaran yang bernilai kepada Anda karena didalamnya Anda bisa mengetahui bagaimana suatu bisnis bisa beroperasi dan langkah selanjutnya yang harus ditentukan. Hal ini dikarenakan ada fungsi khusus yang diberikan oleh laporan laba rugi tersebut sebagai berikut: 

  • Dijadikan sebagai bahan evaluasi keuangan
    Laporan laba rugi dijadikan sebagai dokumen untuk evaluasi keuangan transaksi dalam satu bulan atau satu tahun, baik yang menghasilkan kerugian maupun laba. Akumulasi finansial ini menjadi laporan laba rugi suatu bisnis. Dengan mencatat seluruh transaksi secara lengkap, suatu bisnis dapat memperoleh data finansial yang jelas dan melakukan evaluasi yang lebih menyeluruh.sekaligus sebagai acuan apakah Anda bisa dapat investor atau tidak, karena calon investor akan melihat hal ini 

 

  • Untuk Mengetahui Perkembangan Suatu Bisnis
    Laporan laba rugi dapat menjadi indikator perkembangan suatu bisnis melalui kondisi keuangan. Jika keuntungan atau laba melebihi kerugian, prospek bisnis tentunya akan meningkat. Penyebab meningkatnya pendapatan serta pengeluaran bisa banyak hal mulai dari penambahan alat produksi, sumber daya manusia, biaya operasional dan faktor lainnya. Dari situ data laporan laba rugi akan keluar, apakah suatu bisnis banyak kerugian atau keuntungan. Data laporan laba rugi bisnis yang ada bisa menjadi tolak ukur penting dalam mengevaluasi perkembangan bisnis, dengan begitu Anda bisa mengambil keputusan berdasarkan data yang ada.

Kesimpulan 

Laporan laba rugi memiliki fungsi serta manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh para pebisnis, Dengan laporan ini, Anda bisa mendapatkan pemahaman akan performa bisnis yang Anda kelola. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk membuat Laporan laba rugi yang akurat dan teratur, tentunya ini akan memberikan gambaran seputar keuangan bisnis serta membantu Anda dalam pengambilan keputusan. 

Nah dalam pembuatan laporan laba rugi yang akurat, perlu pencatatan dokumen yang rapi, salah satunya pencatatan dokumen invoice. Untuk Anda yang membutuhkan bantuan dalam pembuatan invoice, Anda bisa menggunakan Aplikasi Invoice dari Paper.id 

Dengan Paper.id Anda bisa membuat & mengirim invoice dengan mudah. Selain itu juga, Invoice yang terkirim sudah terekonsiliasi dengan pembayaran digital serta terdokumentasi dengan baik. Tentunya dengan begitu Anda bisa dengan mudah membuat laporan laba rugi dengan akurat dan gampang. Yuk tunggu apalagi pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!