Sering kali bagian keuangan dalam suatu perusahaan merasa frustasi. Bukan karena kesalahan menghitung pemasukan, tapi karena tidak dapat tracking penjualan. Ketidakmampuan ini sedikit banyaknya dipengaruhi dari cara tracking invoice.

Sejak awal, cara tracking penjualan akan berakibat pada pengiriman invoice ke klien. Padahal setelah vendor menjual barang ke perusahaan Anda, tampaknya mereka telah mengirim invoice. Tapi entah mengapa, invoice belum sampai pada bagian pembayaran.

Buruknya ternyata invoice tersebut hilang? Dan Anda tidak bisa melanjutkan transaksi dengan klien. Jadi cobalah terapkan langkah dibawah ini untuk menghindari invoice yang hilang.

Temukan Alasan Absennya Invoice Dari Vendor

Terkadang Anda bingung mengapa vendor Anda terus menghilangkan invoice Anda. Alih-alih berpikir positif, tapi ini bukan masalah sepele karena menyangkut keuangan perusahaan. Ternyata, akar masalahnya adalah vendor yang tidak mengikuti proses pengiriman invoice.

Anda lantas harus meminta mereka untuk mengikuti proses tersebut. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan software invoice, berilah saran kepada vendor untuk menggunakan sistem tersebut. Selain itu, vendor harus memastikan bahwa setiap invoice Anda ada dalam tempat yang aman.

Miliki Purchase Policy

Ada baiknya terdapat kebijakan pembelian, dimana akan membantu Anda memastikan hilangnya invoice seminim mungkin. Kebijakan ini pun harus dipatuhi oleh kedua belah pihak, yaitu perusahaan Anda dan perusahaan vendor.

Terapkan Cara Tracking Penjualan

Pelacakan transaksi penjualan dan pembelian berkaitan dengan memastikan invoice tidak hilang juga. Oleh karena itu, untuk membantu Anda dalam urusan pelacakan penjualan, memakai cara mentracking invoice sangat perlu. Dengan ini, Anda telah melakukan double-check.

Semua penjualan dan pembelian harus dipastikan memiliki nomor purchase order yang terdapat di invoice. Nomor PO berguna untuk mengorganisir sistem transaksi Anda. Jadi ketika Anda melacak penjualan melalui nomor Purchase Order, Anda akan terhubung dengan invoice yang dimaksud.

Gunakan Invoice Online

Gunakan Invoice Online - Paper.id

Selain cara mentracking penjualan, menggunakan solusi manajemen akuntansi berupa invoice online merupakan langkah yang manjur. Sistem yang tercatat dan tertata rapi akan menghindarkan Anda pada human error. Apalagi, soal memastikan kapan waktu tepatnya invoice diterima.

Hasilnya, kemungkinan kehilangan akan terminimalisir karena software invoice dapat melacaknya. Anda juga harus menggunakan email yang terpisah untuk urusan invoice online Anda. dengan begitu, menemukan invoice menjadi mudah.

Buat Sistem Untuk Verifikasi dan Pelacakan

Verifikasi invoice memastikan bahwa setiap pembelian memiliki format yang benar. Nomor invoice, nomor purchase order, dan tanggal akan memudahkan cara mentracking penjualan dan invoice itu sendiri. Sistem ini akan memastikan tidak ada lagi masalah kehilangan.

Pengiriman Invoice Berulang

Software invoice tidak hanya membantu Anda mengatur urusan invoice. Dengan adanya layanan secara otomatis, memudahkan Anda mengirim invoice berulang tanpa banyak campur tangan. Sehingga, pelanggan Anda pun akan menerima invoice tepat waktu.

Pengingat Tagihan Invoice

Pengingat Tagihan Invoice - Paper.id

Ada kiat lain untuk cara mentracking penjualan dengan pelacakan invoice atau pengiriman invoice otomatis. Yaitu dengan sistem pengingat tagihan atau reminder ke pelanggan. Fitur ini akan memastikan pelanggan diingatkan mengenai invoice Anda secara berkala.

Masalah invoice yang hilang akan berdampak buruk untuk bagian lain di perusahaan Anda. Oleh karena itu, dengan Paper.id, Anda bisa menerapkan cara-cara diatas hanya dengan satu langkah sign-up dan gratis selamanyaPlatform website dan apps dengan fitur lengkap seperti ini pasti mencegah Anda kehilangan invoice. Penulisan invoice lengkap dengan nomor Purchase Order? Pengiriman invoice otomatis berkala? Cara mentracking penjualan dan invoice? Pengingat tagihan klien? Semua ada di Paper.id