Pada zaman yang semakin canggih seperti sekarang, bisnis memerlukan sistem pembayaran yang cepat, mudah, dan efisien. Salah satu cara untuk mempercepat proses pembayaran adalah dengan menggunakan kartu kredit.

Dalam hal ini, kartu kredit memiliki peran penting dalam mempermudah proses pembayaran bisnis. Selain praktis, kartu kredit juga efektif membantu bisnis memperoleh penghasilan dan mengelola keuangan.

Terlebih, menurut survei Visa, 90% pengusaha mengatakan bahwa pembayaran elektronik seperti kartu kredit membantu bisnis mereka menjadi lebih efisien dan menghemat waktu. 

Nah, memang bagaimana sih kartu kredit mampu mempermudah proses pembayaran bisnis? Berikut ini beberapa cara kartu kredit dapat mempermudah proses pembayaran bisnis kamu. Antara lain:

Baca Juga: Apa Itu Kartu Kredit? Bagaimana Cara Menggunakannya ?

Transaksi Online Jadi Lebih Mudah

Dalam era digital seperti sekarang, membeli barang atau jasa secara online menjadi semakin populer, dan kartu kredit memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan pembayaran secara online.

Terbukti, menurut survei Visa, sekitar 81% konsumen merasa lebih nyaman dan aman berbelanja online menggunakan kartu kredit. Tambahan, menurut laporan dari Nilson, lebih dari 90% pembelian online menggunakan kartu kredit atau sistem pembayaran elektronik lainnya.

Memberikan Keuntungan dan Reward

GarudaMiles
GarudaMiles (Sumber: Garuda Indonesia)

Kartu kredit juga memberikan keuntungan khusus seperti cashback, diskon, atau poin reward yang dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya. Ini sangat berguna bagi bisnis kamu, terutama dalam mengurangi biaya.

Sebagai contoh, Kartu Kredit BCA menyediakan program cashback hingga 5% untuk setiap transaksi di merchant tertentu. Selain itu, Kartu kredit Mandiri memberikan cashback hingga 10% untuk transaksi belanja di merchant tertentu, seperti restoran, supermarket, dan lain-lain.

Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit Bisnis dan Kartu Kredit Pribadi, Kalian Harus Tahu!

Mempermudah Manajemen Keuangan

Dalam bisnis, terkadang perlu membayar tagihan, melakukan pembelian, dan mengelola keuangan dengan berbagai pihak. Dengan kartu kredit, semua transaksi dapat dilakukan melalui satu alat pembayaran, membuat manajemen keuangan menjadi lebih mudah dan terstruktur.

Pernyataan tersebut selaras dengan survei yang dilakukan oleh National Small Business Association (2019), sekitar 79% pengusaha menggunakan kartu kredit untuk membiayai bisnis mereka. Dari jumlah tersebut, berkisar 67% menyatakan bahwa kartu kredit membantu mereka mengelola arus kas dan membantu dalam pengelolaan keuangan bisnisnya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Harus Memiliki Kartu Kredit

Lebih Aman

Kartu kredit juga menyediakan perlindungan tambahan seperti asuransi perjalanan, perlindungan pembelian, dan jaminan perlindungan identitas. Perlindungan ini dapat membantu mengurangi risiko bisnis kamu, terutama jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Misalnya, program asuransi perlindungan pembelian. Program ini melindungi kamu dari kerugian akibat barang yang dibeli mengalami kerusakan atau hilang selama proses pengiriman atau dalam waktu tertentu setelah pembelian.

Mudahnya Pembayaran dan Pelaporan Tagihan

Contoh Cek Riwayat Transaksi dengan Kartu Kredit
Contoh Cek Riwayat Transaksi dengan Kartu Kredit (Sumber: DBS)

Pembayaran tagihan kartu kredit sangat mudah dan praktis. Selain itu, kartu kredit juga menyediakan laporan tagihan bulanan yang memudahkan kamu untuk melacak pengeluaran bisnis dan mengoptimalkan pengeluaran kedepannya.

Semisal, kamu memiliki kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk pembelian bahan baku kepada supplier per minggu. Dengan kartu kredit, kamu dapat melacak semua pengeluaran tersebut dengan mudah melalui riwayat transaksi yang tercatat di laporan tagihan bulanan.

Baca juga: Begini Keuntungan Transaksi Bisnis Menggunakan Kartu Kredit

Demikianlah cara kartu kredit mampu mempermudah proses pembayaran bisnis kamu. Penggunaan kartu kredit menjadi pilihan yang tepat, tetapi pastikan gunakan dengan bijak dan bertanggung jawab untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan manfaatnya bagi bisnis kamu.

PaperCard

Mau mengelola pembayaran bisnis jadi lebih praktis? Dapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis dengan Paper.id. Kelola pembayaran ke supplier dengan mudah menggunakan kartu kredit bisnis atau berbagai metode pembayaran lainnya.

Bagaimana, tertarik? Segera daftarkan bisnis kamu di Paper.id sekarang juga dan nikmati kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis dengan klik tombol di bawah ini.

Muhamad Dika Wahyudi