Dari berbagai macam konsep restoran yang ada, restoran dengan konsep all you can eat atau yang biasa disingkat AYCE menawarkan konsep yang unik. Anda bisa makan sepuasnya hanya dengan membayar sekali saja.

Anda pasti berpikir, wah, hanya dengan membayar sekali saja dengan kisaran harga tertentu, Anda sudah mendapatkan beragam variasi menu dan bisa mengambilnya berkali-kali! Restoran AYCE menjadi favorit banyak orang untuk makan sepuasnya tanpa memusingkan harga.

Baca juga: 20 daftar franchise makanan terlaris di 2019

Lantas, bagaimana cara restoran AYCE meraih untung? Berikut ini, fakta-fakta menarik seputar restoran AYCE serta kiat-kiat mereka dalam mendapatkan untung dengan trik-trik khusus agar tetap dapat menyenangkan konsumen tanpa harus merugi.

Rahasia dibalik restoran All you can eat

Restoran all you can eat menawarkan banyak menu sehingga pelanggan menyukainya

Warren Buffet pernah mengatakan bahwa harga adalah apa yang Anda bayar sedangkan nilai adalah apa yang Anda dapatkan. Quote tersebut menunjukkan bahwa orang-orang berani untuk membayar sejumlah uang untuk All you can eat hanya untuk mendapatkan nilai lebih yakni, kenyamanan, sensasi, kuantitas makanan yang berkualitas serta pengalaman.

Dengan membayar sejumlah uang, orang-orang bisa mengkonsumsi makanan apa saja yang mereka inginkan. Selain itu, mereka bisa merasakan sensasi serta pengalaman yang berbeda dalam mengkonsumsinya. Sebagai contoh, restoran Korea BBQ AYCE kerap menggunakan konsep grill food dimana, pelanggan memanggang makanan mereka sendiri. Self service merupakan sebuah konsep unik yang disukai karena menghadirkan pengalaman serasa makan di rumah.

Baca juga: 10 daftar franchise makanan termurah 2019 (UPDATE) 

Selain itu, restoran AYCE menganut prinsip law of diminishing marginal utility atau utilitas marjinal dimana, untuk setiap tambahan barang yang dikonsumsi, maka kepuasannya akan semakin berkurang. Sebagai contoh, 1 kg daging sapi harganya sekitar Rp 150.000. Jika dirata-rata maka, orang-orang akan makan hanya sekitar 500 gram saja dan restoran tersebut menetapkan harga sebesar Rp 150.000. Dengan begitu, pihak restoran tetap mendapatkan untung.

Trik-trik restoran AYCE dalam meraup untung

Lewat penjelasan diatas, Anda sudah mengetahui soal kiat-kiat restoran AYCE dalam meraup untung. Untuk melakukannya, ada beberapa cara yang dilakukan agar menarik minat konsumen untuk makan di tempat mereka seperti berikut:

  • Porsi kecil untuk daging dan ikan
    Salah satu trik yang dilakukan adalah dengan menyuguhkan makanan dalam porsi kecil. Anda bisa bebas mengambil daging dan ikan. Namun, semuanya sudah tersaji dalam sebuah piring kecil.
  • Posisi makanan
    Saat Anda masuk kedalam sebuah restoran AYCE, Anda pasti akan melihat tempat makanan yang terdiri dari banyak makanan bukan? Secara umum, pihak restoran akan menempatkan side dish dan restoran lebih dulu di barisan depan ketimbang daging atau ikan. Dengan begitu, orang-orang akan mengambil apa yang dekat dengan mereka lebih dulu.
  • Makanan manis dalam porsi besar
    Makanan manis juga disajikan dalam potongan yang besar. Dengan penyajian yang menarik, orang-orang akan mengambilnya lebih dulu sebagai appetizer atau makanan pembuka. Sadar atau tidak, rasa manis yang berat akan membuat perut Anda mudah kenyang.
  • Minuman manis dan air dalam gelas besar
    Pada setiap restoran AYCE, ada beragam jenis minuman yang bisa diambil mulai dari air putih, teh, kopi hingga minuman manis. Minuman kerap disajikan dengan gelas besar agar para pelanggan bisa kenyang cepat.
  • Alat makan
    Pemilihan alat makan juga mempengaruhi pola makan seseorang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli psikologi Collin Payne dan Brian Wansink membuktikan bahwa BMI atau body mass index dipengaruhi oleh cara makan mereka. Untuk restoran masakan China dan Korea BBQ, pihak restoran menyediakan sumpit agar mereka makan sedikit-sedikit dan mengunyahnya dengan perlahan agar menikmatinya dengan enak dan cepat kenyang.