Siapa yang tidak kenal dengan Es Teler 77? Rumah makan dan waralaba minuman legendaris yang selalu saja bisa memenuhi keinginan masyarakat untuk menyantap hidangan-hidangan lezat dengan harga terjangkau.

Es Teler 77 berdiri di tahun 1982 dan sampai saat ini gerainya sudah tersebar di beberapa kota-kota besar di seluruh Indonesia. Es Teler 77 di ciptakan oleh oleh Sukyatno Nugroho. Es Teler yang dijual terdiri dari minuman es yang berisi campuran alpukat, kelapa muda, nangka dan santan kelapa ditambahkan sirup sebagai pemanisnya. Sukyatno memberi nama jajanan es telernya dengan nama Es Teler 77, yang menurut beliau, angka 77 merupakan angka keberuntungan.

Baca juga: 5 contoh waralaba Indonesia yang telah mendunia, bahkan hingga Amerika!

Es Teler 777 kini melanglang buana hingga luar negeri

Kini Es Teler 77 tidak hanya menyajikan es teler yang menjadi makanan otentik pendirinya, menu-menu di gerai Es Teler 77 pun terus berkembang dari sekedar cemilan sampai hidangan utama turut disajikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Kesuksesan tersebut membuat waralaba Es Teler 77 mulai menjamur di berbagai kota besar di Indonesia bahkan sampai memiliki cabang di luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, hingga Australia dengan jumlah karyawan sebanyak 3000 orang. Sejak itu Sukyatno mulai menjadi pembicara mengenai bisnis waralaba minuman di berbagai universitas.

Kesuksesan bisnis franchise Es Teler 77 merupakan motivasi untuk Kamu yang ingin memulai usaha atau bisnis waralaba. Untuk itu berikut ini merupakan tips sukses dalam memulai bisnis franchise atau waralaba minuman yang wajib untuk kamu ketahui.

Tentukan sistem pemasaran yang tepat untuk waralaba minuman kamu

Waralaba minuman adalah suatu bisnis yang membutuhkan sistem pemasaran yang tepat. Ada baiknya melakukan uji coba terhadap sistem pemasaran, seperti menggunakan digital marketing atau brosur, sebelum menjalankan bisnis franchise agar tidak terjadi kerugian di masa mendatang. Selain memilih sistem pemasaran, sebaiknya bisnis waralaba minuman yang akan dijalankan juga harus disesuaikan dengan kemauan juga skill yang Kamu miliki.

Lakukan observasi pasar

Meskipun waralaba minuman terlihat sebagai bisnis yang menguntungkan, sebaliknya juga bisnis ini memiliki banyak kompetitor atau pesaing. Bilamana sistem bisnis yang kita jalankan tidak disesuaikan dengan kondisi dan minat masyarakat yang gampang berubah, tentu bisnis kita tidak akan laku di pasaran. Oleh karena itu lakukanlah observasi untuk memantau, perbandingan bahkan evaluasi terhadap beberapa kompetitor di sekitar Kamu.

Baca juga: (Inspirasi bisnis) Kisah Subway, franchise makanan terbesar di dunia!

Fokus terhadap pemasaran dan pelayanan pelanggan

Pemasaran melalui sosial media merupakan salah satu langkah tepat untuk mendapatkan respon cepat dari konsumen. Untuk itu buatlah desain produk semenarik mungkin untuk menarik konsumen atau pelanggan, serta layanilah konsumen selayaknya raja, artinya bilamana ada pertanyaan seputar produk atau bahkan komplain dari konsumen, sebaiknya ditanggapi dengan ramah dan bijaksana. Agar dapat bersaing dengan kompetitor, berilah diskon atau harga spesial kepada konsumen sebagai apresiasi telah membeli produk Kamu.

Bisnis franchise adalah usaha dengan sistem kerjasama untuk membuka bisnis dengan nama atau merek dagang dari produk serta bahan yang sudah ada sebelumnya. Dibutuhkan niat yang matang dan pantang menyerah sebelum memulainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan, saat bisnis sudah berjalan. Jika tidak hati-hati, usaha franchise yang tengah digeluti bisa berujung pada kebangkrutan. Untuk itu, calon pengusaha yang ingin mencoba franchise harus memperhatikan kemungkinan resiko yang mungkin akan terjadi agar terhindar dari kesalahan memilih bisnis waralaba minuman.

(Visited 20 times, 1 visits today)