Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia menjadi perhatian seluruh masyarakat terutama di kalangan pelaku usaha, hal ini dikarenakan pandemi COVID-19  membuat banyak kerugian yang sangat besar terutama dalam hal perekonomian. Dampak pandemi COVID-19 dirasakan dengan banyak nya usaha kecil yang tutup dan pemutusan hubungan kerja secara besar besaran. 

Berada di dalam pusaran pandemi COVID-19 untuk waktu yang tidak dapat ditentukan, membuat para pelaku UMKM seperti toko kelontong dan warung menjadi salah satu sektor yang terkena dampaknya. Salah satu toko kelontong seperti toko sembako yang menjual kebutuhan sehari-hari, seperti beras, minyak goreng, tepung, gula dan beberapa produk sejenisnya, mengeluhkan mengalami penurunan yang sangat signifikan dari hasil penjualan mereka biasanya.

Berbagai macam hal diupayakan agar bisa bertahan di masa sulit seperti ini. Dengan kondisi tersebut, tentunya para pengusaha toko kelontong harus terus memutar otak mereka, guna meningkatkan omset penjualan di tengah pandemi COVID-19. 

Berikut adalah upaya terbaik  yang dapat dilakukan untuk mencari untung di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Bisnis kecil-kecilan yang cocok di era pandemi COVID-19

Menjual Produk yang Laku Di Pasaran

Pandemi COVID-19 membuat sebagian produk tertentu diburu oleh masyarakat, seperti hand sanitizer, masker, sabun cuci tangan, vitamin C, minuman herbal dan produk penunjang lainnya. Anda dapat menyediakan produk – produk tersebut di toko anda untuk menambah pemasukan dan menarik konsumen untuk berbelanja di toko anda.

Penjualan Online

Pandemi COVID-19 ini menuntut semua orang untuk cepat menyesuaikan diri dengan pola kebiasaan yang baru. Penyesuaian yang cepat dan sigap di tengah pandemi COVID-19 sangat diperlukan, terutama untuk dalam hal menjual barang dagangan mereka. Salah satu cara yang dilakukan dengan membuka pemesanan barang melalui WhatsApp atau telepon. Dengan cara demikian pelanggan tidak lagi perlu datang, cukup mengirim pesan saja maka barang yang diinginkan akan diantarkan ke tujuan.

Bergabung atau Bermitra dengan Aplikasi Online

Di zaman modern ini, banyak kemudahan yang ditawarkan dari teknologi yang canggih guna memudahkan konsumen untuk mendapatkan kebutuhan yang mereka inginkan. Toko kelontong yang anda miliki juga dapat di jual di beberapa e-commerce yang saat ini mulai berkembang pesat seperti bukalapak, tokopedia, blibli, dan lain-lain.

Dengan bermitra bersama aplikasi online seperti Grab  Kios kamu bisa menawarkan lebih banyak pilihan produk dan layanan untuk pelanggan warungmu. Upaya ini merupakan salah satu upaya yang dapat dicoba pada saat masa pandemi COVID-19 ini.

Lakukan Promosi dan Berikan Diskon

Promosi adalah upaya penting yang harus dilakukan untuk tetap dapat bertahan saat pandemi ini. Promosi dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat pembeli untuk tetap berbelanja di toko anda. Anda dapat memberikan potongan harga atau memberikan promo berupa biaya gratis pengantaran pada minimal transaksi yang telah ditentukan.

Baca juga: Bisnis modal kecil untung besar yang cocok di era “New Normal”

Pedagang Toko Kelontong Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan harus dipahami oleh para pedagang toko kelontong. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat untuk berbelanja di toko dan warung kelontong Anda dan  sekaligus membantu upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Pengendalian Keuangan yang Baik

Pada situasi saat ini pengendalian keuangan sangat diperlukan agar toko atau warung kelontong yang kalian miliki tetap bertahan dan tidak tutup. Maka untuk mengelola anggaran, kalian harus dapat bijaksana menggunakan anggaran yang anda akan keluarkan dan pemasukan yang akan anda terima.

 

(Visited 34 times, 1 visits today)