Dengan pertumbuhan belanja online yang semakin pesat yang didukung oleh kemudahan akses internet yang semakin canggih, membuat sebagian orang bertanya-tanya apakah masih masuk akal untuk mendirikan toko ritel. Seperti yang kita ketahui penjualan e-commerce saat ini terus mengalami peningkatan, mengikuti tren belanja online yang terus menjamur di tengah masyarakat khususnya pada masa pandemi sekarang ini.

Pada umumnya baik toko online maupun toko offline masing- masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari belanja di toko online maupun toko offline yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda akan dapat memutuskan jenis toko mana yang akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda.

Baca juga: Macam-macam manfaat pembayaran kartu kredit yang tidak Anda sadari

Kenapa toko online lebih diunggulkan?

Dengan munculnya Internet, banyak bisnis telah beralih dari toko online atau yang sering disebut dengan toko kelontong atau toko tradisional ke toko online. Selain tidak memiliki keterbatasan tempat dan berbagai macam produk untuk ditampilkan, toko online menawarkan berbagai keuntungan seperti:

  • Jangkauan luas

    Pada toko online Anda tidak bergantung pada jumlah orang yang melewati jalan atau toko Anda, karena melalui internet Anda bisa menawarkan dan menjual barang Anda dan barang Anda akan dapat dilihat oleh semua lapisan masyarakat.

  • Pelanggan baru terus menerus

    Dengan membuka toko offline Anda hanya dapat menarik pelanggan yang datang ke toko Anda. Berbeda halnya dengan toko online yang didukung atau difasilitasi oleh internet. Dimana pelanggan berbeda atau pelanggan baru akan terus berdatangan, asalkan barang atau produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik.

  • Opsi penjualan baru

    Dropshipping adalah pilihan yang menarik untuk memulai bisnis baru dan bagi mereka yang sudah memilikinya. Jika Anda memiliki toko, dropshipping memungkinkan Anda membuka lini produk baru dan mendiversifikasi aliran pendapatan Anda tanpa melakukan investasi besar.

  • Biaya lebih rendah

    Di sini tidak diragukan lagi, biaya membuka toko online jauh lebih rendah dibandingkan jika Anda harus membuka bisnis offline, Pada bisnis online Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan biaya untuk menggaji karyawan yang banyak.

  • Tidak ada batas penjualan

    Dalam toko online tidak ada hari libur atau waktu tutup, bisnis Anda dapat beroperasi 365 hari setahun, 24 jam sehari.

Kekurangan toko online

Banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh toko online bukan berarti toko online tidak memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki toko online.

  • Pelanggan yang ingin melihat produk

    Masih ada orang yang perlu menyentuh, melihat dan merasakan produk sebelum membelinya. Hal ini menjadi kekurangan yang dimiliki oleh toko online, karena pada toko online pelanggan atau pembeli tidak dapat melihat langsung barang yang dijual atau yang hendak dibeli.

  • Kesulitan menjual produk tertentu secara online

    Ada produk yang untuk harga atau sifat khusus yang tampaknya mustahil untuk dijual secara online. Contoh tipikal adalah mobil, meskipun online memberikan banyak kemudahan tapi pada umumnya tidak semua jenis barang dapat maksimal jika dijual secara online.

  • Keterlambatan pengiriman

    Pengiriman barang yang terlambat merupakan masalah utama dalam menjalankan toko online. Keterlambatan pengiriman tentunya hal tersebut dapat membuat pelanggan frustasi dan dapat menjadi salah satu hal yang dapat mencegah mereka berbelanja online.

  • Persaingan yang ketat

    Menjamurnya toko online membuat para pebisnis toko online dihadapkan pada persaingan yang ketat, baik dari diskon yang diberikan dan promosi lain guna menarik perhatian pelanggan.

  • Sistem pembayaran secara online

Sistem pembayaran online memudahkan Anda dalam berjualan. Pelanggan tinggal memilih metode yang ia inginkan mulai dari transfer bank, e-wallet, atau metode lainnya yang Anda sediakan. Namun, pelanggan terkadang bisa merasa kesal jika toko tidak menyediakan metode yang ia butuhkan, seperti kartu kredit. Lantas, apa yang harus dilakukan? Anda bisa merekomendasikan pelanggan dengan PaperPay Out, fitur Paper.id.

Ada beragam metode pembayaran yang tersedia, mulai dari kartu kredit, Virtual Account, Tokopedia, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan fitur ini dengan lebih mudah. Bukan hanya pelanggan, Anda juga bisa menggunakannya untuk pembayaran ke supplier juga! Tinggal pilih metode yang diinginkan dan Anda bisa melakukan pembayarannya meskipun, supplier atau pelanggan Anda tidak memilikinya. Gunakan sekarang dan rasakan manfaatnya! Daftar gratis sekarang lewat tombol dibawah ini!

Mengenal lebih dekat tentang kelebihan dan kekurangan toko offline

Sesuai dengan namanya, belanja offline tidak dilakukan secara online. Pada toko offline konsumen mengunjungi, melihat dan membeli barang secara langsung dari toko tersebut. Dengan berbelanja langsung di toko dan melihat fisik dari barang yang akan dibeli tentunya hal ini akan membuat konsumen atau pelanggan lebih percaya pada barang yang akan dibeli. Berikut ini merupakan kelebihan lain yang dimiliki oleh toko online seperti:

  • Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan

    Berbeda halnya dengan toko online, pada toko offline konsumen atau pelanggan dapat langsung berinteraksi dengan penjual. Dalam hal ini interaksi yang dibangun dengan baik antara penjual dan pembeli akan membangun loyalitas pelanggan kepada toko yang membuat pelanggan tidak segan-segan untuk kembali lagi membeli barang ke toko Anda.

  • Sistem pembayaran yang aman

    Sistem pembayaran toko offline biasanya dilakukan secara langsung atau cash. Pembayaran langsung ini membuat transaksi di toko offline jauh lebih aman dari pada toko online. Sehingga pelanggan terhindar dari adanya penipuan informasi keuangan yang kerap sering terjadi pada sistem pembayaran online.

  • Tidak memerlukan sistem pengiriman

    Pada toko offline barang yang dibeli dan telah dibayar oleh pembeli atau pelanggan dapat langsung dibawa tanpa memerlukan jasa pengiriman seperti halnya jika berbelanja di toko online.

Baca juga: Bilyet & giro, keunggulan dan kelemahannya untuk bisnis

Kekurangan toko offline

  • Membutuhkan modal yang cukup besar

    Pada toko offline diperlukan modal yang cukup besar, mulai dari menyediakan stok barang secara fisik, biaya sewa tempat atau membeli tempat, biaya gaji untuk karyawan, dan biaya tak terduga lainnya. Jika Anda memutuskan untuk membuka toko offline, pastikan Anda mempunyai modal yang cukup sebelum membuka toko offline.

  • Waktu penjualan yang terbatas

    Jika Anda membuka toko offline maka kekurangan lainnya yang dirasakan yaitu waktu penjualan Anda yang terbatas. Anda tidak dapat membuka toko Anda selama 24 jam, seperti halnya jika Anda membuka toko online.

  • Jangkauan yang terbatas

    Jika Anda membuka toko offline maka tentunya Anda hanya dapat berharap pada sebagian orang yang mengetahui toko Anda atau dari orang-orang yang melewati toko Anda yang akan membeli barang di toko Anda.