Tips Mengelola Dana Tunjangan Hari Raya, Biar Makin Cuan

Menjelang hari raya lebaran 2021, tunjangan hari raya (THR) menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh para pekerja. THR adalah pemasukan tambahan di luar pemasukan rutin yang datang hanya satu tahun sekali. Pada umumnya, THR diberikan kepada karyawan selambat-lambatnya seminggu sebelum hari raya tiba. Bahkan, pemerintah sudah memberikan kabar baik bagi para PNS bahwa tunjangan hari raya akan diberikan secara penuh H-10 menjelang hari raya Idul Fitri.

Pemasukan tambahan berupa THR disambut dengan gembira oleh para pekerja. Namun, jika gegap-gempita tersebut tidak bersamaan dengan cara pengelolaan finansial yang bijak, Anda bisa saja melewati kesempatan baik dalam mengelola tunjangan hari raya.

Baca juga: Analisis SWOT, pengertian manfaat dan contohnya

Mengapa Dana THR Perlu Dikelola?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, THR adalah pemasukan yang datangnya tidak rutin. Anda diberikan kesempatan miliki sesuatu yang datangnya hanya satu kali dalam satu tahun. Tentu saja, cara terbaik yang harus dilakukan adalah mengelolanya dengan bijak. Jangan sampai Anda menyesal karena keberadaan uang THR yang tiba-tiba lenyap hanya dalam hitungan hari saja. Jika dialokasikan dengan tepat tidak apa-apa. Namun, bagaimana jika uang THR dialokasikan tanpa pertimbangan dan berakhir malah merugikan Anda? Oleh karena itu, simak beberapa cara berikut ini terkait pengelolaan uang tunjangan hari raya

Tips Mengelola Uang THR: Semakin Bijak, Semakin Untung

Poin penting pengelolaan uang THR terletak pada skala prioritas kebutuhan. Anda bisa menentukan mana saja kebutuhan yang harus segera ditangani dan yang tidak.

THR menjadi salah satu pemasukan tambahan yang membantu Anda meringankan persoalan finansial. Misalnya, alokasikan uang THR untuk membayar utang. Saat menerima uang THR, hitung besaran tagihan yang sedang Anda tanggung dan alokasikan sebagian untuk melunasinya. Cara tersebut diharapkan dapat meringankan beban finansial Anda.

Kedua, saat mengelola uang THR, pastikan dana yang keluar adalah untuk skala prioritas kebutuhan. Cara tersebut akan menghindarkan Anda dari perilaku boros. Jangan sampai Anda terlalu larut dengan kebahagiaan saat menerima THR dan menghabiskan uang untuk membeli banyak hal. Membeli sesuatu untuk self reward adalah hal yang baik. Namun, jika tidak dikendalikan, maka Anda akan kehilangan kesempatan mengalokasikan dana terhadap sesuatu yang lebih penting. Untuk keperluan yang dirasa belum terlalu dibutuhkan, lebih baik ditahan dulu.

Ketiga, Anda bisa mengalokasikan dana THR untuk kepentingan darurat. Selain kebutuhan membayar utang dan skala prioritas, menyiapkan dana darurat juga tidak kalah penting. Dana darurat adalah dana yang dicadangkan di luar kebutuhan utama. Artinya, dana darurat bukan dana yang bisa digunakan sesuka hati dan dipakai hanya untuk kondisi darurat saja.
Oleh karena itu, mengalokasikan tunjangan hari raya untuk keperluan dana darurat adalah keputusan yang bijak.

Terakhir, uang THR juga dapat dialokasikan untuk keperluan menabung dan investasi. Manfaat dari berinvestasi yang menguntungkan dan penting untuk dilakukan. Investasi yang menguntungkan juga jadi salah satu sumber dana darurat yang bisa dinikmati untuk waktu jangka panjang.
Jika Anda mulai tergerak untuk mengalokasikan uang THR untuk investasi, ada baiknya untuk memperhatikan hal berikut:

Ketahui Manfaat dari Investasi yang Menguntungkan

  • Pentingnya melakukan investasi nyatanya belum disadari oleh banyak orang.
    Oleh karena itu, sebelum melakukan investasi, ada baiknya Anda mempelajari apa saja manfaat dan keuntungan yang Anda dapatkan dari melakukan investasi. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah sudah siap melakukan investasi apa belum. Dilansir Modalku, berikut 4 indikator bahwa seseorang sudah siap melakukan investasi:
  • Punya pendapatan tetap
  • Tabungan cukup memenuhi kebutuhan
  • Minim hutang
  • Memiliki pengetahuan ekonomi dasar

Untuk informasi lainnya, Modalku membahas lebih dalam mengenai investasi yang menguntungkan di blog Modalku. Anda juga bisa membaca dan mempelajari mengenai sektor UMKM, bisnis, dan tips keuangan.

Selain Investasi, Mulailah Membuka Usaha

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan investasi adalah memastikan perusahaan yang Anda tuju itu kredibel dan terpercaya. Selain itu, Anda juga harus mempelajari edukasi dan peraturan dasar saat melakukan investasi.

Selain kesadaran akan skala prioritas kebutuhan dan investasi, Anda juga bisa merencanakan hal lainnya seperti membuka usaha. Buka usaha adalah salah satu cara untuk mengembangkan modal yang dimiliki. Artinya, Anda bisa mengalokasikan tunjangan hari raya untuk keperluan modal dan memulai bisnis rumahan yang sederhana untuk menambah sumber pemasukan.

Saat bisnis sudah berjalan, dan ingin mengembangkan bisnis, Anda dapat pinjaman dari bisa memanfaatkan platform pendanaan UMKM Modalku.

Baca juga: Cara implementasi SWOT dalam bisnis kuliner

Platform pendanaan usaha hadir menawarkan solusi praktis bagi para pelaku usaha yang membutuhkan modal dalam waktu yang relatif singkat. Ada berbagai pilihan produk pinjaman, ada yang berupa uang tunai ada juga berupa fasilitas pay later, di Modalku kami menyebutnya Modalku Virtual Credit. Dengan pinjaman ini, pebisnis dapat meningkatkan stok barang meski tidak ada bujet. Penasaran dengan produknya? Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut!

Nah, itulah tips dan cara yang bisa Anda terapkan saat mengelola uang THR. Semoga pemasukan dana THR tahun ini dapat dikelola dengan bijak dan membawa manfaat jangka panjang bagi perencanaan finansial Anda.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.
Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

(Visited 133 times, 1 visits today)