Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diakui memiliki andil besar dalam menopang perekonomian Indonesia. Perkembangan pesat jumlah UMKM di Indonesia yang selaras dengan perkembangan teknologi membuat para pelaku usaha UMKM di Tanah Air berlomba-lomba untuk meningkatkan bisnisnya dengan memaksimalkan peluang teknologi yang dihadirkan di era digitalisasi ini. Pemanfaatan teknologi sebagai penunjang bisnis UMKM yang tepat sasaran dirasa dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan UMKM dalam meraih profit.

Baca juga: Contoh business model canvas dan menerapkannya untuk bisnis kuliner

Dalam bisnis UMKM, meningkatkan pemasaran untuk meraih cuan bukanlah satu-satunya hal yang harus diutamakan. Hal fundamental lainnya yang harus diperhatikan dalam membangun UMKM adalah sistem pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk mengatur operasional organisasi agar berjalan dengan baik.

Keterbatasan waktu dan informasi dalam manajemen SDM dalam sebuah UMKM seringkali menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pebisnis dalam menjalankan usahanya. Ketika pelaku UMKM gagal dalam mengelola karyawannya, produktivitas usahanya pun menjadi terganggu. Jika tidak disiasati, hal tersebut dapat berpengaruh besar pada kesuksesan sebuah bisnis secara keseluruhan.

Penggunaan HRIS untuk membantu UMKM dalam pengelolaan karyawan

Pemanfaatan teknologi HRIS (Human Resource Information System) menjadi solusi UMKM yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini. Sistem ini diciptakan untuk membantu dan memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola karyawannya.

HRIS sendiri merupakan sebuah aplikasi online atau software yang digunakan perusahaan untuk melakukan data entry, melacak data dan sumber informasi untuk departemen SDM, payroll, pihak manajemen dan akuntansi.

Lalu apa saja kelebihan dari HRIS dibandingkan dengan sistem pengelolaan SDM manual yang harus diketahui oleh para pelaku UMKM?

  1. Sistem ini bekerja lebih cepat dalam penghitungan gaji karyawan
  2. Manajemen administrasi dan data karyawan menjadi lebih efisien
  3. Mengakses informasi karyawan menjadi lebih mudah
  4. Efisiensi waktu dalam mengurus operasional perusahaan
  5. Proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah

Gadjian sebagai salah satu penyedia aplikasi HRIS software Indonesia yang berbasis cloud memiliki berbagai fitur utama yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mengelola data karyawan secara online. HR cloud services dari Gadjian digunakan sebagai basis sistem payroll untuk mengelola berbagai pekerjaan personalia demi menjamin kemudahan dan keamanan data para pengguna.

Karena itu UMKM tidak perlu khawatir lagi akan keamanan data karyawannya. Karena semua data karyawan akan tersimpan aman di server yang dikelola oleh provider cloud yang memiliki kantor pusat di Amerika Serikat, Amazon Web Service.

Melalui sistem pengelolaan karyawan yang disediakan oleh Gadjian, pelaku UMKM dapat mengelola berbagai hal terkait pengelolaan manajemen SDM secara online. Selain itu sistem ini juga terintegrasi dengan aplikasi absensi berbasis online bernama Hadirr.

Baca juga: Rumus cara menghitung DSO yang paling mudah dipraktekkan

Sebagai salah satu penyedia sistem HRIS Indonesia, Gadjian menawarkan beberapa fitur menarik yang dapat memudahkan UMKM dalam mengelola SDM seperti fitur hitung gaji online, fitur pembuat shift kerja dan fitur analisis kinerja karyawan. Sementara aplikasi Hadirr sendiri berfokus pada pengelolaan data absensi online, monitor kunjungan sales hingga proses reimbursement karyawan.

Dengan keunggulan dan fungsi yang ditawarkan, aplikasi ini menjadi solusi yang paling tepat untuk digunakan para pelaku bisnis waralaba untuk meningkatkan usahanya. Beberapa UMKM seperti Herbilogy, Mouza Indonesia, Xi Bo Ba, Kopi Janji Jiwa, dan Meenum yang telah memiliki ribuan karyawan dan meraup keuntungan miliaran rupiah pun telah mempercayakan teknologi HRIS dari Gadjian dan/atau Hadirr untuk pengelolaan karyawannya. Ketika segala urusan terkait manajemen tenaga kerja sudah dikelola dengan baik, pelaku UMKM dan seluruh karyawan kini dapat berfokus untuk meningkatkan produktivitas dan juga profit demi kemajuan UMKM.

Sudah siap mendapat cuan lebih untuk usaha UMKM mu?

Tunggu apalagi? Coba sekarang aplikasi Gadjian & Hadirr! GRATIS!