Memberikan rasa puas dan memenuhi semua kebutuhan pelanggan merupakan hal yang harus dilakukan oleh pelaku usaha terutama dalam mencari supplier toko online terpercaya. Namun untuk memperoleh hal tersebut harus dimulai dengan pemasok atau supplier yang handal.

Hal tersebut dikarenakan tidak peduli seberapa kuat tim rantai pasokan Anda, menemukan supplier toko online terpercaya untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda merupakan hal utama yang harus Anda lakukan.

Dalam menemukan pemasok yang tepat tentunya sebagai pelaku usaha Anda diharuskan untuk mencari dan mengidentifikasi pemasok yang memenuhi syarat atau kriteria Anda.Tidak salah jika dikatakan bahwa pemasok dan distributor adalah tulang punggung setiap bisnis.

Baca juga: Tips jitu mendapatkan supplier tangan pertama untuk usaha Anda

Baik itu menyediakan bahan baku untuk produksi Anda, barang untuk dijual kembali, atau layanan sehari-hari lainnya, pemasok Anda memiliki peran besar dalam kelancaran pertumbuhan bisnis Anda. Berikut merupakan tips untuk memilih pemasok online yang terpercaya, antara lain:

Tetapkan Kriteria Anda untuk supplier online terpercaya

Buatlah daftar kebutuhan bisnis mendasar Anda termasuk produk yang Anda butuhkan, tingkat kualitas, tingkat stok segera dan masa depan, waktu pengiriman dan, tentu saja, harga. Teliti dan tentukan perusahaan yang memiliki rekam jejak yang baik dalam memasok produk yang Anda butuhkan dan kemudian hubungi mereka untuk memeriksa apakah mereka tertarik untuk membentuk kerja sama bisnis dengan Anda.

Harga dan Kualitas

Biaya adalah pertimbangan yang sangat besar dalam suatu bisnis. Supplier toko online terpercaya dengan harga bersaing kemungkinan akan terlihat sangat menarik, Namun, seringkali ada korelasi antara biaya dan kualitas seperti halnya semakin mahal produk, semakin baik kualitasnya begitu pula sebaliknya harga termurah tidak selalu merupakan pilihan terbaik.

Bukan hanya soal biaya saja, proses pembayaran juga menjadi salah satu masalah yang juga dihadapi. Terkadang, supplier memiliki cara pembayaran yang berbeda dengan Anda. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan PaperPay Out dari Paper.id.

Dengan PaperPay Out, Anda bebas memilih metode pembayaran apa saja mulai dari kartu kredit, transfer antar bank, OVO, Tokopedia dan lainnya sesuai pilihan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan biaya pembayaran yang lebih kecil dari transfer antar bank biasanya jika melakukan verifikasi akun usaha di Paper.id. Yuk gunakan PaperPay Out untuk mempermudah usaha Anda. Klik tombol dibawah untuk daftar secara GRATIS!

Selain itu kualitas tidak hanya mengacu pada produk fisik itu sendiri, tetapi juga aspek terkait seperti apakah produk dikemas secara memadai untuk melindunginya dalam perjalanan dan apakah barang diberi label dengan benar. Oleh karena itu cobalah untuk mencapai keseimbangan antara biaya, kualitas, dan layanan.

Stabilitas

Jika Anda memasuki kontrak jangka panjang dengan pemasok pilihan Anda untuk menyediakan produk yang Anda butuhkan, maka stabilitas perusahaan itu sangat penting. Anda perlu memeriksa riwayat kredit pemasok dan meminta referensi bisnis lain. Jika arus kas mereka terganggu, mereka tidak akan dapat mengirimkan produk Anda saat dibutuhkan atau memenuhi pesanan. Ingat jika mereka mengecewakan Anda, maka Anda pun tentunya dapat mengecewakan pelanggan Anda.

Lokasi

Supplier toko online terpercaya perlu mengirimkan produk yang Anda butuhkan dengan tepat waktu. Oleh karena itu pemasok yang berlokasi jauh akan memerlukan waktu pengiriman yang lebih lama dan biaya pengiriman atau kurir tambahan. Selain itu apakah mereka dapat memenuhi pesanan yang terlambat atau menyelesaikan masalah pelanggan tepat waktu? Semua pertimbangan ini dapat mempengaruhi bisnis Anda dan kepuasan pelanggan Anda.

Kecepatan dan Fleksibilitas

Pemasok yang fleksibel akan membantu Anda merespons dengan cepat permintaan pelanggan yang berubah dan keadaan darurat yang tiba-tiba. Jika Anda ingin mengurangi waktu yang Anda perlukan untuk melayani pelanggan Anda, pemasok yang menawarkan layanan pengiriman cepat akan memberi peringkat lebih tinggi daripada pemasok yang bersaing dalam faktor lain misalnya, pada harga saja.

Baca juga: 5 tren terbaru di e-commerce untuk tahun 2022

Komunikasi

Komunikasi merupakan hal penting dalam memastikan hubungan kerja yang baik dengan pemasok Anda. Dari pengarahan awal, melalui umpan balik terus-menerus dan pertemuan rutin, pemasok Anda harus berkomunikasi secara terbuka dan teratur. Dengan adanya komunikasi yang baik maka akan lebih mudah untuk mengontrol pemasok Anda dan membuat kesepakatan yang memberi Anda keunggulan kompetitif ekstra.

Penyelesaian Masalah

Sama seperti aktivitas bisnis apa pun yang bisa salah, Supplier toko online terpercaya juga dapat melakukan kesalahan, seperti mengirimi Anda persediaan yang rusak atau gagal mengirimkannya tepat waktu. Anda harus memiliki perjanjian yang saling mengikat dan jelas sejak awal tentang kebijakan pengembalian, pengembalian uang, kompensasi untuk barang yang rusak, dan waktu pengiriman yang tidak terpenuhi. Kegagalan untuk waspada terhadap faktor-faktor ini dapat menyebabkan beban keuangan yang signifikan bagi bisnis, terutama jika Anda sangat bergantung pada banyak pemasok.