Seiring meningkatnya kebutuhan, orang-orang mencari cara untuk mencukupinya, salah satunya dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan. Apa itu? Sebuah model pinjaman dimana debitur atau si peminjam tidak perlu memberikan jaminan.

Hal ini bukan lagi hal yang baru karena banyak orang sudah mengetahui pinjaman ini. Setiap bank memiliki program pinjaman ini dengan berbagai keunggulan yang bisa dinikmati. Menilik prinsip peminjamannya, kamu pasti berpikir kalau pinjaman ini sungguh menguntungkan karena tidak perlu memberikan jaminan bukan?

Belum tentu, sistem pinjaman ini juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diketahui. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kredit tanpa agunan serta kelebihan dan kekurangan yang harus kamu ketahui.

Apa yang perlu diketahui soal pinjaman tanpa agunan

Jenis Aset
Debitur perlu menimbang kelebihan dan kelemahan dari KTA

Kredit tanpa agunan (KTA) cocok untuk debitur yang tidak ingin menjaminkan aset yang dimiliki. Selain itu, proses pencairannya cenderung lebih cepat, tapi pencairan dananya kecil. Biasanya, KTA digunakan untuk modal usaha atau kebutuhan orang.

Baca juga: Cash flow adalah kunci sukses bisnis, benar atau tidak? 

KTA cenderung digunakan oleh orang-orang untuk keperluan yang mendesak. Karena itu, KTA dinilai cocok karena bisa dicairkan dengan cepat. Namun, ada banyak faktor yang harus diketahui mengenai kelebihan dan kekurangan dari pinjaman tanpa agunan.

Kelebihan KTA

  1. Persyaratan yang lebih mudah dibandingkan kredit multiguna

KTA tidak membutuhkan jaminan sebagai persyaratan. Untuk data diri, para debitur perlu menyerahkan KTP, kartu keluarga, catatan kartu kredit dalam beberapa bulan terakhir, serta pengisian formulir. Sekarang, pengisian formulir untuk pengajuan pinjaman sudah dapat dilakukan via online.

Kini, pengajuan pinjaman dapat dilakukan secara langsung via online. Hal ini memudahkan orang-orang dalam mengajukan pinjaman. Apakah kamu membutuhkan dana cepat, aman dan transparan untuk usaha kamu? Jika iya, klik disini untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Masa pencairan yang cepat

Karena tanpa agunan, KTA bisa dicairkan dengan cepat selama 2-3 hari. Hal ini memberikan keuntungan bagi peminjam karena, mereka bisa mendapatkan dana cepat dengan aman. Karena itu, KTA diperlukan oleh orang-orang yang membutuhkan dana cepat.

KTA bisa didapatkan asalkan syarat-syarat tersebut terpenuhi. Karena itu, orang-orang perlu mengetahui lebih lanjut soal apa saja yang perlu dilakukan dan dilengkapi untuk kebutuhan mereka sehingga mereka bisa mendapatkan pinjaman tersebut.

  1. Hampir Setiap bank memiliki produk KTA

Kabar gembira untuk kamu semua, setiap bank memiliki produk pinjaman tanpa agunan. Karena itu, kamu tidak perlu lagi kesulitan dalam mencari pinjaman yang pas. Ada baiknya, kamu membandingkan beberapa produk dari beberapa bank agar bisa tahu produk mana saja yang bisa kamu dapatkan untuk kebutuhanmu.

Baca juga: Dana syariah untuk usahamu, apa itu dan kenapa ini penting?

Kelemahan kredit tanpa agunan

  1. Bunga yang relatif tinggi

Pinjaman tanpa agunan cenderung menerapkan bunga yang tinggi karena, produk ini tidak menyertakan jaminan sebagai salah satu syarat. Karena itu, kamu harus memperhatikan berapa besaran bunga yang akan dibebankan dalam setiap pinjaman yang akan kamu dapatkan.

  1. Harus punya kartu kredit

Persyaratan lainnya adalah, kamu diharuskan punya kartu kredit. Jika tidak, kamu harus menggunakan layanan payroll dari bank yang akan kamu ajukan. Kartu kredit yang dimiliki juga harus minimal sudah satu tahun. Syarat ini terbilang mudah tapi membuat sebagian orang gugur saat mengajukan KTA karena tidak punya kartu kredit.

  1. Limit kecil

Kelemahan lainnya adalah, limit yang dimiliki oleh KTA tergolong lebih kecil jika dibandingkan kredit konvensional. Pada umumnya, limit dari KTA hanya mencapai 200 juta Rupiah saja. Karena itu, banyak orang hanya mengajukan KTA untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak dan tidak membutuhkan dana yang besar.

Tertarik mengajukan KTA?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, KTA memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara umum, KTA termasuk jenis pinjaman untuk dana cepat bagi setiap orang. Dengan syarat yang mudah dan tanpa agunan, KTA seakan menjadi penyelamat bagi orang-orang yang membutuhkan dana.

Namun, KTA membubuhkan bunga yang tinggi serta harus melampirkan kartu kredit bagi para debitur yang ingin meminjam. Karena itu, setiap orang perlu melakukan peninjauan sekaligus melakukan perbandingan mengenai Lembaga-lembaga pemberian pinjaman yang cocok bagi mereka.

Dengan melihat penjelasan diatas, KTA dinilai cocok untuk modal usaha mengingat, para pelaku usaha tidak perlu menyertakan jaminan. Jika membutuhkan pinjaman tanpa agunan dengan syarat tak mencekik dan bisa cair cepat, kamu bisa menggunakan Paper Finance Solution (PFS), solusi pendanaan usaha untuk UMKM berbasis invoice.

Jenis pinjaman PFS terbagi kedalam jenis konvensional dan Syariah sehingga, kamu bisa memilihnya sesuai keinginan. Dengan proses yang tidak ribet serta cepat, kamu bisa menjalankan usaha kamu dengan lancar dan tanpa beban.

Jalankan usaha tanpa beban dengan PFS, solusi modal usaha berbasis invoice untuk kelancaran arus kas dan operasional usaha kamu.