Paper.id Blog – Mempertahankan arus kas yang sehat merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis terutama bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang sangat rentan terhadap masalah arus kas.

Seperti yang kita ketahui arus kas adalah keseimbangan antara uang yang mengalir masuk dan keluar dari bisnis pada waktu tertentu. Arus kas bisa positif atau negatif.

Jika lebih banyak uang masuk daripada yang dihabiskan atau dikeluarkan, arus kas Anda akan positif. Arus kas positif menandakan keadaan keuangan perusahaan yang sehat.

Namun, sebaliknya jika pengeluaran yang dikeluarkan melebihi dari pemasukan yang anda maka, arus kas dikatakan  negatif.

Perlu dicatat bahwa, tidak seperti pendapatan atau laba, arus kas tidak hanya memperhitungkan pendapatan, tetapi juga pemasukan uang tunai (atau setara), termasuk pinjaman atau investasi.

Jadi, mungkin ada situasi di mana Anda memiliki arus kas positif, misalnya, karena Anda mengambil pinjaman, tetapi jika Anda tidak menghasilkan pendapatan, itu akan segera berubah menjadi negatif.

Baca Juga: Bagaimana teknologi mengubah pembayaran di restoran

Mengapa kesehatan arus kas sangat penting

Arus kas yang sehat berarti Anda memiliki cukup uang untuk membayar vendor, pemasok, tagihan listrik, sewa, dan karyawan Anda, dan masih memiliki sisa uang tunai untuk pengeluaran tak terduga atau untuk mengembangkan bisnis Anda.

Penting nya arus kas yang sehat karena jika arus kas bisnis atau usaha Anda negatif atau tidak sehat maka bisnis Anda akan mengalami gangguan atau hambatan dalam memenuhi biaya operasional dan mengalami kondisi terburuk yaitu Anda tidak punya pilihan selain menutup usaha yang Anda miliki.

Oleh karena itu untuk membantu arus kas bisnis banyak usaha kecil merangkul teknologi baru, dan secara khusus beralih ke pembayaran digital.

Digitalisasi pembayaran membantu arus kas bisnis

Beralih ke pembayaran digital akan membantu bisnis meningkatkan manajemen arus kas mereka tanpa memerlukan investasi moneter, peralatan khusus, atau pelatihan.

Jika Anda memiliki koneksi internet dan dapat mengoperasikan komputer atau ponsel, Anda dapat mulai mengirim dan menerima pembayaran digital secara online.

Berikut adalah beberapa cara di mana pembayaran digital akan membantu bisnis kecil Anda dalam mengelola arus kasnya.

Penjadwalan

Saat ini banyak alat pembayaran digital yang memungkinkan Anda menjadwalkan pembayaran terlebih dahulu. Ini jelas menghemat waktu karena Anda dapat menangani semua pembayaran Anda secara bersamaan.

Ini juga meningkatkan arus kas Anda karena memastikan Anda membayar tepat waktu. Jadi, Anda dapat menyimpan uang lebih lama tanpa takut lupa tagihan dan dikenakan biaya keterlambatan. Pembayaran tepat waktu juga menjaga hubungan baik yang telah Anda bangun dengan susah payah dengan vendor Anda.

Bahkan untuk pembayaran yang lebih cepat, akan menjadi diskon dan persyaratan bersih yang lebih baik, yang semuanya meningkatkan arus kas Anda.

Efisiensi

Waktu adalah uang, terutama untuk usaha kecil. Menggunakan alat pembayaran digital dapat menghemat waktu Anda daripada sekedar menulis dan mengirimkan cek, rekonsiliasi pembayaran masuk, dan melacak uang masuk dan keluar dari akun Anda.

Dengan adanya digitalisasi pembayaran, Anda praktis menambah cadangan kas Anda dengan memotong jam kerja staf dan berfokus pada menghasilkan pendapatan dari pada melakukan pekerjaan yang menghabiskan waktu staff Anda. Sehingga dengan lebih banyak uang tunai berarti arus kas yang lebih baik.

Dibayar lebih cepat

Memberikan pelanggan Anda cara mudah untuk membayar Anda secara online membuat mereka lebih mungkin membayar tepat waktu dan terkadang bahkan lebih cepat dan dapat meningkatkan arus kas Anda. 

Jika, misalnya, pelanggan Anda mengirimi Anda transfer bank ACH, yang memakan waktu hingga tiga hari kerja, dengan biaya hanya 1%, Anda dapat memilih untuk menerima pembayaran langsung ke kartu debit Anda dalam waktu 30 menit.

Keamanan

Cek dan uang tunai masih merupakan dua metode pembayaran paling umum di kalangan bisnis dan dapat dengan mudah hilang atau dicuri. Dan jika hal tersebut terjadi maka dapat berdampak negatif serius pada arus kas Anda.

Pembayaran digital, di sisi lain, dipantau, sehingga Anda tahu di mana uang Anda setiap saat, dan tidak akan berakhir di tangan yang salah.

Perusahaan pembayaran online juga memiliki protokol keamanan tercanggih yang melindungi informasi dan dana Anda dari pelanggaran, dan selalu ada seseorang yang bisa dihubungi jika terjadi kesalahan.

Pelacakan

Menjaga kesehatan arus kas adalah hal yang membutuhkan pemantauan terus-menerus atas uang yang masuk dan keluar dari rekening Anda.

Dengan menggunakan pembayaran digital terutama jika Anda membayar dan dibayar di platform yang sama, maka Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang keuangan Anda kapan saja.

Selain itu Anda juga dapat melihat semua pembayaran terjadwal untuk merencanakan tujuan Anda ke depan. Mengetahui dengan tepat apa yang masuk dan keluar dari akun Anda akan membantu Anda menghindari pembayaran yang secara tidak sengaja menghabiskan arus kas Anda.

Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa banyak uang yang harus Anda miliki dan gunakan saat ini.

Baca Juga: Warehouse Adalah: Pengertian Hingga Manfaat Warehouse

Alur kerja persetujuan

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, kemungkinan besar Anda akan mendelegasikan setidaknya beberapa pembukuan Anda, baik kepada profesional eksternal atau anggota tim Anda yang lain.

Alat pembayaran online biasanya menawarkan alur kerja persetujuan yang memungkinkan Anda mempertahankan kendali atas keuangan yang keluar. Ini penting karena Anda tidak ingin tagihan utilitas yang sangat tinggi, misalnya, mengurangi uang Anda sebelum Anda punya waktu untuk mempersiapkannya.

Dengan alur kerja persetujuan, Anda dapat memilih untuk meninjau setiap pembayaran atau menetapkan ambang batas untuk pembayaran lebih besar yang memerlukan persetujuan sehingga Anda tidak pernah lengah.

Alat pembayaran digital adalah cara sederhana dan hemat biaya untuk bisnis, terutama yang lebih kecil, untuk meningkatkan arus kas mereka, tanpa merevolusi seluruh alur kerja mereka. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba menerapkannya pada bisnis Anda.