Kamu seorang pengusaha yang ingin membuka bisnis minuman kekinian? Jika iya, kamu harus siap-siap untuk menghadapi ribuan orang yang juga menekuni bidang bisnis yang sama. Tren bisnis ini sedang populer dan ada di mana-mana hingga layanan pesan antar.

Saleduck mencatat minuman bubble tea menjadi minuman yang paling banyak dipesan lewat layanan pesan antar Grab. Hal ini membuktikan tingginya tingkat konsumsi minuman kekinian oleh orang-orang di banyak tempat.

Baca juga: 3 franchise Indonesia ini populer di 2019, bagaimana di 2020? 

Tren kopi kekinian juga masih populer hingga sekarang. Di tahun 2020, tren ini diprediksi tidak akan mengendur dan semakin populer. Sejumlah brand ternama seperti Kopi Kenangan baru saja menerima suntikan dari Jay Z dan Serena Williams sebesar 20 juta Dollar AS.

Dengan begitu, hal ini mendorong orang-orang untuk membuat bisnis minuman. Apakah kamu juga ingin membuat bisnis serupa? Sebelum membangun bisnis, cek dulu aturan-aturan berikut agar usaha kamu berjalan lancar dan terhindar dari masalah.

Usaha minuman kekinian bersifat musiman

Sebelum membangun usaha minuman, kamu harus tahu kalau bisnis ini bersifat musiman. Pada tahun 2019, minuman boba dan kopi kekinian bisa dibilang sangat populer dan digemari banyak orang. Peluang ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuat usaha.

Tak heran, kita melihat ada banyak brand dengan berbagai macam gimmick marketing agar mereka terlihat berbeda dan bisa memikat orang-orang. Namun, tren ini akan berakhir suatu saat. Jika tidak inovatif, kamu bisa terkena seleksi alam.

Baca juga: Membedah rahasia McDonald menjadi waralaba tersukses di dunia

Karena itu, pilihlah produk jualan yang berbeda dari umumnya. Dengan begitu, kamu bisa menarik orang lebih mudah mengingat produk jualan kamu berbeda. Selain itu, terapkan inovasi dengan memberikan variasi terhadap produk kamu.

Membangun reputasi brand

Agar produkmu mudah dikenal, kamu harus membangun reputasi brand mu dengan baik. Apa yang membuat brand mu berbeda daripada yang lain. Apakah menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi? Kelezatan rasa yang sudah diakui banyak orang?

Dengan reputasi yang baik, kamu bisa dikenal orang dengan cepat sehingga, hal ini memang penting untuk dilakukan. Jika tidak, bisnismu akan sulit untuk berkembang mengingat, persaingan di bisnis minuman kekinian sangat ketat.

Usaha sendiri atau usaha waralaba?

Sekarang, brand-brand terkenal sudah membuka peluang bagi orang-orang untuk usaha franchise. Dengan begitu, orang-orang bisa memilih apakah mereka bisa memilih untuk membangun usaha franchise atau membangun usaha sendiri.

Yang perlu diingat adalah, membangun usaha sendiri terbilang lebih sulit daripada franchise. Namun, keuntungannya bisa kamu dapatkan secara maksimal. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa memilih usaha franchise dengan resiko, keuntungan akan dibagi.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan diatas, kamu sudah tahu tentang aturan-aturan yang harus dipegang sebelum membuat usaha minuman kekinian. Persaingan usaha yang semakin ketat membuat setiap orang berusaha untuk membuat inovasi agar mereka tetap dikenal oleh orang.

Dalam membangun usaha memang perlu memperhatikan banyak faktor, salah satunya adalah pengelolaan keuangan. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan software gratis untuk pengelolaan bisnis yang bisa didownload gratis disini!

(Visited 5.225 times, 1 visits today)