Pusing dengan Sistem Pembayaran Bisnis Manual? Berikut Berbagai Manfaat Bila Bisnismu Beralih ke Metode Pembayaran Online

Saat ini berkembangnya metode pembayaran B2B dinilai semakin pesat, hal ini tentunya dikarenakan karena semakin banyak bisnis beralih ke pembayaran digital. Dengan transformasi digital yang kian meningkat, hal ini merupakan saat yang tepat bagi pebisnis yang berpikiran maju untuk memeriksa sistem pembayaran digital mereka dan bagaimana mereka dapat mengelola departemen account payable (AP) dan account receivable (AR) mereka dengan benar.

Pembayaran digital dapat menawarkan jalan untuk menyederhanakan dan merampingkan proses AP dan AR, sekaligus membantu bisnis Anda meningkatkan arus kas.

Adapun manfaat yang akan didapatkan ketika menerapkan pembayaran digital adalah sebagai berikut:

Pembayaran Instan

Kenyataannya pembayaran elektronik jauh lebih cepat daripada metode pembayaran tradisional seperti pembayaran tunai atau cek. Melalui pembayaran online atau pembayaran digital, Anda tidak memiliki batasan waktu atau lokasi. Anda dapat dengan mudah melakukan pembayaran kapan saja dan dari mana saja.

Oleh karena itu sistem pembayaran elektronik telah membuat metode pembayaran menjadi lebih efektif dan efisien. Dan pada akhirnya pelanggan Anda tidak perlu membuang waktu mereka berdiri dalam antrean panjang di bank atau mesin ATM. Mereka dapat dengan mudah membayar Anda dengan menggunakan aplikasi pembayaran elektronik.

Keamanan yang Lebih Baik

Sistem pembayaran elektronik mampu menawarkan berbagai macam cara agar bisa meningkatkan sistem keamanan dalam bertransaksi. Contohnya, bila ada gerai ataupun merchant yang mampu menerima pembayaran dengan menggunakan QRIS, maka para konsumen sudah tidak perlu lagi menggunakan kartu kreditnya untuk melakukan transaksi.

Para konsumen hanya harus melakukan pemindaian kode dengan menggunakan perangkat smartphone mereka dan kegiatan transaksi pun bisa diselesaikan. Selain itu, keamanan informasi terkait data bank milik konsumen juga akan terjaga dengan aman.

Selain lebih aman, manfaat pembayaran digital dengan juga mampu menawarkan manfaat lain seperti halnya jika saat melakukan pembayaran tunai, seseorang harus menyimpan catatan manual dari setiap pengeluaran yang mereka lakukan maka dengan sistem pembayaran digital secara otomatis mencatat semua transaksi Anda.

Anda juga dapat mengetahui  persis kapan Anda mengirim uang tersebut, berapa jumlahnya dan kepada kepada siapa.

baca juga : Aplikasi Pembayaran Online Terbaik

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan pembayaran digital, pelanggan dapat melayani sendiri dan membayar tagihan dari mana saja dan kapan saja. Mereka bahkan dapat membayar langsung dari email dan faktur yang mereka terima dengan sekali klik tombol “Bayar Sekarang”.

Tentunya hal ini akan membawa kepuasan tersendiri untuk pelanggan atau konsumen Anda karena mereka menemukan cara pembayaran yang dianggap paling aman serta menguntungkan. Selain itu dengan pembayaran digital dapat menghasilkan pembayaran lebih cepat, meningkatkan arus kas, dan memungkinkan perusahaan untuk berkembang lebih cepat.

Menghemat Processing Cost dan Lebih Transparan

Salah satu yang menjadi alasan pemerintah mendorong masyarakat pada sistem pembayaran digital yaitu karena ingin meningkatkan transparansi transaksi masyarakat.

Seperti yang sudah kita pahami bersama, bahwa transparansi adalah suatu hal yang sangat penting. Hal ini bisa terus Anda dapatkan jika melakukan pembayaran menggunakan pembayaran digital. Jika Anda tertarik dengan pembayaran online, Anda hanya harus melakukan kerja sama dengan pihak bank untuk menginstall mesin EDC.

Tapi, ada beberapa biaya yang harus Anda keluarkan terkait dengan menggunakan mesin EDC. Umumnya besaran biaya tersebut tergantung dari kebijakan setiap bank. Anda kemungkinan akan dikenakan biaya install di awal dan akan dikenakan biaya admin per kegiatan transaksi.

Bila dihitung secara keseluruhan, maka total processing cost yang harus ditanggung oleh perusahaan akan cukup besar. Namun jika Anda menggunakan sistem pembayaran digital dengan penyedia layanan khusus, seperti e-money, maka biaya proses tersebut akan cenderung lebih murah.

Minim Kontak

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, tentunya banyak masyarakat yang mencari cara agar bisa meminimalisir kontak dengan siapapun. Tujuannya adalah untuk mencegah diri dari infeksi virus Covid-19. Untuk itu, kegiatan transaksi yang minim kontak akan sangat membantu pada saat sekarang ini.

Dengan menyediakan cara pembayaran yang minim kontak, maka Anda bisa menjamin keamanan dan kenyamanan setiap konsumen. Nah, caranya adalah dengan menyediakan QR Code yang bisa di scan dengan menggunakan perangkat smartphone konsumen. Sehingga, proses pembayaran akan bisa diselesaikan tanpa adanya kontak langsung.

baca juga : Makin Mudah Mengatur Keuangan Bisnis Dengan KoinWorks Neo!

(Visited 41 times, 1 visits today)