Untuk bisa memenangkan persaingan bisnis saat ini, ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh pengelola bisnis, salah satunya menyediakan banyak metode pembayaran bisnis. Disadari atau tidak, hal ini justru bisa mendongkrak keuntungan kamu, lho.

Sebagai gambaran, kamu tentunya akan merasa lebih senang, ketika bisa membayar dengan kartu kredit, QRIS, atau metode lainnya yang kamu punya/sukai, bukan? Hal ini menjadi sebuah nilai plus yang bisa membuat sebuah bisnis membawa banyak keuntungan.

Selain itu, masih ada alasan lainnya kenapa pelaku usaha perlu menyediakan banyak metode pembayaran bisnis. Simak penjelasannya di bawah!

Baca juga: 10 Jenis Pembayaran Digital Hingga Manfaatnya Buat Bisnis

Kenapa Harus Menyediakan Banyak Metode Pembayaran Bisnis?

Setiap customer memiliki preferensi pembayaran yang berbeda. Dengan menyediakan banyak metode pembayaran, bisnis dapat memberikan fleksibilitas.

Terlebih, sesuai studi oleh PPRO pada tahun 2022 menemukan bahwa 62% customer lebih cenderung membeli dari bisnis yang menawarkan berbagai metode pembayaran.

Artinya, customer bisa dengan mudah untuk memilih cara pembayaran yang paling nyaman bagi mereka, seperti kartu kredit, debit, transfer bank, dompet digital, atau pembayaran melalui platform online.

Selain itu, dengan menyediakan berbagai metode pembayaran, bisa membuka peluang untuk menjangkau customer di berbagai pasar, kalangan, atau latar belakang.

Misalnya, pertimbangkan situasi di mana beberapa customer mungkin lebih memilih menggunakan kartu kredit untuk keamanan dan kepraktisan, sementara yang lain lebih suka menggunakan dompet digital atau E-Wallet karena keterjangkauan dan kecepatan transaksi.

Banyak Opsi Pembayaran = Customer Nyaman

metode pembayaran online paling diminati masyarakat indonesia
Metode Pembayaran Online Paling Diminati Masyarakat Indonesia (Sumber: Xendit)

Secara keseluruhan, menawarkan beberapa opsi pembayaran kepada customer memberikan hasil positif bagi bisnis, termasuk untuk cutsomer. Untuk customer, bertemu dengan lebih dari satu opsi pembayaran pada saat checkout menawarkan beberapa keuntungan:

1. Kenyamanan

Sebagian besar customer memiliki satu metode pembayaran pilihan yang mereka gunakan saat membeli secara online. Dengan menerima beberapa cara pembayaran, artinya kamu menawarkan rasa kenyamanan karena mereka bebas memilih sesuai dengan preferensinya sendiri.

2. Keterjangkauan

Menggunakan beberapa cara pembayaran bisa lebih mahal daripada yang lain—biaya layanan yang terkait dengan kartu kredit dan beban membayar barang-barang besar sekaligus bisa membuat pembelian online tampak kurang terjangkau. Menawarkan opsi tambahan, seperti pembayaran dompet digital (E-Wallet) dan pembayaran cicilan bisa membantu mengatasi masalah.

3. Keamanan

Beberapa customer lebih nyaman dengan fitur keamanan cara pembayaran tertentu dibandingkan yang lain. Dengan menawarkan berbagai pilihan pembayaran, bisnis memperluas kemungkinan memenuhi standar keamanan yang membuat setiap customer merasa lebih nyaman dalam melakukan pembelian.

Baca juga: 10 Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik! Bisa Kalian Pakai GRATIS!

3. Peningkatan Konversi

Pilihan yang lebih luas dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi karena customer dapat dengan mudah menggunakan metode pembayaran pilihan mereka daripada memindahkan uang atau mendaftar ke layanan baru.

4. Penurunan Pengabaian

Dengan tersedianya cara pembayaran pilihan mereka, customer mengalami lebih sedikit keberatan untuk segera melakukan pembelian, yang dapat menyebabkan penurunan troli yang ditinggalkan.

5. Loyalitas Customer

Customer yang tahu bahwa mereka dapat membayar dengan cara yang mereka inginkan lebih mungkin untuk kembali dan melakukan pembelian tambahan dari toko yang mempermudah proses pembayaran, sehingga menghasilkan pelanggan tetap yang lebih setia.

PaperPay In

Baca juga: Bulk Payment: Solusi Cerdas untuk Mengelola Pembayaran Berulang

Nah, itu dia keuntungan menyediakan banyak metode pembayaran kepada customer. Dengan menyediakan beragam metode pembayaran, artinya kamu memberikan dan membebaskan mereka untuk membayar tagihan kamu sesuai dengan kenyamanan dan preferensinya sendiri.

Jika kamu ingin memberikan berbagai metode pembayaran tanpa perlu repot-repot menyediakannya satu per satu, jawabannya pakai saja Paper.id. Platform pembayaran bisnis ini menyediakan berbagai metode pembayaran mulai dari transfer bank, kartu kredit, E-Wallet, Virtual Account, hingga marketplace.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa atur pengingat pembayaran secara otomatis sebelum hingga sesudah jatuh tempo dan bisa dengan mudah mengecek status pembayaran invoice secara real-time.

Menarik, bukan? Yuk, segera daftarkan bisnis kamu sekarang juga dan nikmati semua fitur yang tersedia serta rasakan manfaatnya dengan cara klik tombol di bawah ini. GRATIS!

Muhamad Dika Wahyudi