Tips Memulai Jualan Online Di Masa Pandemi

Di tahun 2021, jualan online diprediksi akan menjadi semakin populer. Hal ini disebabkan karena, keterbatasan orang-orang dalam pergi kemana saja akibat pandemi dan juga kemudahan dalam mengakses marketplace di dunia maya.

Meningkatnya tingkat perbelanjaan di marketplace juga terlihat di tahun 2020. Kegiatan berbelanja e-commerce naik sebesar 70% menurut survei dari Nielsen. Selain itu, kenaikan tersebut juga diikuti dengan meningkatnya jumlah permintaan terhadap produk kesehatan, kebersihan, makanan dan sebagainya.

Akses internet yang modern, mudah dan lebih cepat menghadirkan pasar baru dalam dunia bisnis. Hal ini dimanfaatkan banyak pelaku usaha guna melebarkan pasar mereka agar lebih meluas serta membantu Anda mendapatkan hasil yang memuaskan di tahun 2021.

Baca juga: Karakteristik dan perkembangan bisnis retail di Indonesia

Kenali nilai jual produk saat jualan online

Mengenali nilai jual produk merupakan suatu poin yang menjadi kunci untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor. Hal ini dapat diwujudkan dengan berinovasi dan menjaga kualitas produk yang Anda jual atau tawarkan agar lebih menarik dan lebih baik dari kompetitor Anda.

Harga produk yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap banyaknya keuntungan yang akan didapatkan. Ketika Anda menginginkan untung besar dengan modal kecil, mematok harga adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Patokan Anda dalam menentukan harga jual merupakan hal penting yang mempengaruhi laba yang akan Anda dapatkan.

Terapkan strategi pemasaran digital marketing

Jualan online, baik di sosmed atau marketplace, tentunya membutuhkan promosi agar produk dapat dikenal lalu dibeli. Jadi, lakukan promosi yang tepat dengan strategi pemasaran modern seperti digital marketing. Digital marketing dikenal sebagai strategi yang sangat efektif dalam membangun brand awareness suatu produk, memperluas akses pasar dan jangkauan konsumen.

Membuat blog atau website pada bisnis jualan online, merupakan lahan berjualan yang dapat dilakukan. Blog ini berfungsi sebagai wadah untuk produk yang dijual, sehingga potensi pasar akan semakin besar dan luas. Membuat blog ini termasuk cara sederhana yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Dengan blog, Anda juga bisa memperluas segmentasi pasar dengan membuat konten tulisan yang menawarkan tips, tutorial, dan artikel yang berhubungan dengan produk Anda.

Menekan Pengeluaran

Pengeluaran dalam proses produksi maupun distribusi sangat berpengaruh terhadap keuntungan usaha Anda. Oleh karena itu, perhitungkan pengeluaran sangatlah penting untuk menekan biaya-biaya yang tidak terlalu penting dengan tepat. Sebagai contoh, jika tempat usaha Anda ramai pada waktu-waktu tertentu, Anda bisa mempekerjakan karyawan paruh waktu untuk mengurangi biaya gaji. Jadi, laba perusahaan tidak akan terbuang terlalu banyak dan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sejumlah software untuk membantu kinerja Anda lebih ringkas dan minim budget. Salah satu software yang bisa digunakan, Paper.id, software invoicing dan accounting. Anda bisa mengatur pembukuan keuangan Anda sebaik mungkin serta mengirimkan penagihan ke pelanggan kapan saja dan dimana saja. Pembukuan rapi tanpa human error, serta invoice terbayar lancar. Klik disini untuk mendaftarkan diri secara gratis!

Baca juga: Tren industri FMCG Indonesia pada tahun 2020

Memperbanyak Produk

Setiap produk yang Anda produksi atau Anda jual pasti memiliki laba dari harga belinya. Semakin banyak produk yang Anda jual atau produksi, maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan. Untuk mendapatkan untung yang besar dengan modal kecil, Anda bisa memperbanyak produk dalam waktu bersamaan. Dengan begitu, otomatis para pelanggan Anda akan berbelanja dalam jumlah besar karena beragamnya produk yang Anda tawarkan.

Dengan beberapa tips di atas diharapkan para pelaku bisnis dapat mengelola usaha mereka dengan tepat serta mendapatkan keuntungan atau laba yang diinginkan.

(Visited 272 times, 1 visits today)