Ingin Bisnis Franchise Makanan Kekinian Simak Tips-Tips Jitu Agar Bisnis Moncer Disini

Melihat perkembangan bisnis franchise makanan kekinian saat ini dengan menggunakan sistem kemitraan dinilai mampu memberikan keuntungan yang menggiurkan sebab sederhananya seorang pengusaha hanya tinggal meneruskan usaha dari pihak pertama yang sudah mempunyai nama dan merek. Franchise yang merupakan bentuk bisnis waralaba, pada dasarnya berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti hak atau kebebasan untuk menjual produk atau jasa. Sedangkan menurut peraturan perundang-undangan di Indonesia franchise merupakan perikatan antara kedua belah pihak dimana salah satunya berhak untuk memanfaatkan kekayaan intelektual pihak lain sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan.

Berikut ini merupakan hal-hal yang membuat banyak orang tertarik dengan bisnis waralaba atau franchise yang harus Kamu ketahui.

Baca juga: Es teler 777, waralaba makanan yang mendunia!

Cepat mendapatkan keuntungan

Siapa sih pelaku usaha yang tidak ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat? Bisnis waralaba atau franchise merupakan salah satu bisnis yang tepat jika Kamu ingin mendapatkan keuntungan yang cepat. Misalnya saja jika Kamu membuka bisnis waralaba kuliner di bawah naungan nama label bisnis yang sudah terkenal. Maka keuntungan akan mudah sekali kamu dapatkan. Berbeda jika Kamu membuka sebuah usaha yang belum begitu memiliki kepercayaan di hati konsumen, maka membutuhkan waktu proses yang tidak sebentar pula.

Cepat mencapai BEP

Keuntungan dari bisnis waralaba lainnya yaitu mudahnya mencapai BEP atau Break Event Point, sehingga baliknya modal akan menjadi lebih cepat. Biasanya pengembang waralaba menyatakan bahwa konsep bisnis waralaba memiliki jangka waktu BEP lebih cepat dari pada konsep jenis bisnis yang lain.

Biaya operasional ringan

Melihat dari bisnis waralaba yang ada di lapangan, dapat disimpulkan bahwa bisnis waralaba yang paling banyak digeluti adalah bisnis kuliner, tentu biaya operasionalnya jauh lebih rendah dengan mengandalkan beberapa konsep sederhana. Menggunakan konsep booth dan gerobak membuat bisnis waralaba kuliner tidak membutuhkan spot lapak yang besar. Selain itu jika tidak bisa berjualan menetap dalam satu tempat kamu bisa berjualan dengan cara keliling.

Mudah mendatangkan pembeli

Bisnis waralaba tidak hanya terlihat dari keuntungannya saja, namun yang menjadi daya tarik lain pada bisnis ini yaitu bahwa bisnis waralaba ini juga mudah mendatangkan pembeli dan pelanggan. Selain itu dari segi promosi dan pemasaran Kamu juga tidak perlu lagi merasa khawatir, karena Kamu akan dibantu dari beberapa pihak. Sehingga pembeli akan berdatangan seiring berjalannya waktu.

Jika Kamu sudah mengetahui hal menarik dalam berbisnis franchise makanan kekinian dan tertarik memulainya, maka memulai franchise makanan kekinian merupakan pilihan yang tepat untuk Kamu pilih sebagai awal usaha waralaba mu. Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, sehingga sudah pasti bisnis makanan banyak diminati oleh masyarakat.

Dalam mewaralabakan sebuah bisnis, diperlukan persiapan yang cukup. Selain strategi pemasaran untuk kelancaran dan kemajuan bisnis franchise makanan kekinian, Berikut syarat wajib dalam memulai bisnis waralaba:

Pastikan franchise makanan kekinian yang dibuka memiliki ciri khas dan keunikan

Sebuah usaha jika ingin dikenal oleh masyarakat haruslah memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda dari usaha lainnya. Ciri khas inilah yang akan membuat bisnis tersebut dikenal luas oleh masyarakat dan mendatangkan minat pembeli.

Selektif dalam memilih jenis franchise dan brand

Dalam berbisnis, kamu tentu harus mempertimbangkan betul-betul jenis usaha apa yang hendak kamu jalankan. Kamu juga harus betul-betul selektif dalam memilih brand dari jenis franchise makanan kekinian yang akan kamu pilih. Pastikan kamu sudah mempelajari keuntungan dan kerugian dari bisnis franchise yang kamu pilih dan pastikan juga franchisor tersebut memiliki brand yang kuat dan sudah memiliki reputasi yang baik di tengah-tengah masyarakat.

Lokasi berjualan harus strategis

Dari sekian banyak yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis franchise makanan kekinian, memilih lokasi berjualan menjadi salah satu hal yang terpenting. Perlu kamu ketahui bahwa lokasi yang ramai bukanlah jaminan bahwa sebuah bisnis mampu menarik pelanggan untuk berbondong-bondong datang ke lapakmu. Pilihlah lokasi sesuai dengan jenis usahamu seperti jika kamu menjual makanan kekinian pilihlah lokasi seperti kampus, mall atau perkantoran dimana mayoritas atau rata-rata pembeli merupakan kalangan milenial.

Susun laporan keuangan yang tepat dan rinci

Adanya laporan dalam bidang keuangan suatu usaha adalah hal yang sangat mutlak dan perlu. Laporan keuangan ini berfungsi untuk melihat perkembangan usaha yang didirikan. Dengan memiliki catatan dan perbukuan rutin dapat memberi gambaran keuntungan maupun kerugian bisnis yang kamu jalankan.

Baca juga: 5 waralaba Indonesia yang telah mendunia bahkan hingga Amerika!

Ikut dalam berbagai event

Dalam menjalankan bisnis franchise, mengikuti berbagai event merupakan salah satu hal terpenting. Namun, kamu harus selektif dalam memilih event yang cocok untuk jenis usaha serta perhatikan pula target pasar yang akan kamu tuju.

Manfaatkan segala sumber daya dan dukungan franchisor

Manfaatkan segala sumber daya yang disediakan oleh franchisor seperti pendanaan, pelatihan, operasional, pemasaran, teknologi, dan berbagai macam dukungan lainnya. Karena bagaimanapun, citra dan reputasi brand milik franchisor sedang dipertaruhkan ke dalam kuasa kamu sebagai pemegang hak jual. Menguatkan relasi yang baik dengan franchisor akan membuat mereka selalu siap dalam membantumu untuk mensukseskan bisnis franchise makanan kekinian-mu.

(Visited 110 times, 1 visits today)