Apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan, salah satu cara jitu untuk menjaga arus kas Anda tetap positif adalah memastikan pelanggan Anda membayar Anda tepat waktu. Namun pada kenyataannya faktur atau invoice yang terlambat dibayar tampak seperti bagian yang tak terhindarkan dari menjalankan sebuah bisnis.

Terlambatnya invoice atau faktur yang dibayar akan menyebabkan kesulitan dalam mengelola implikasi arus kas. Oleh karena itu berikut ini merupakan kiat terbaik untuk membuat faktur atau invoice terutang Anda dibayar lebih cepat yang dapat Anda coba sehingga Anda dapat terus memantau arus kas Anda.

Tagihan Segera Setelah Layanan atau Pengiriman

Jangan menunggu untuk menagih pelanggan Anda. Saat Anda mengirimkan barang atau menyelesaikan layanan, segera tagihkan invoice atau fakturnya. Banyak perusahaan hanya mengirim faktur setiap beberapa minggu atau bahkan setiap bulan, yang hanya meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk menerima pembayaran.

Gunakan Ketentuan Pembayaran Net 10

Persyaratan faktur standar bervariasi menurut industri, tetapi 30 bersih (yang berarti pelanggan Anda memiliki waktu 30 hari untuk membayar) adalah yang paling umum. Di beberapa industri, net 60 atau net 90 juga umum. Tetapkan jangka waktu pembayaran yang lebih pendek, seperti 5 atau 10 hari bersih.

Namun biasanya menetapkan persyaratan ini lebih mudah dilakukan dengan klien baru. Ingatlah bahwa komunikasi awal dan sering dapat membantu menghindari masalah atau kebingungan di kemudian hari. Hubungi mereka atau kirim email kepada mereka beberapa bulan sebelum perubahan baru berlaku.

baca juga : Cara Mudah Mengecek Keaslian Meterai Elektronik Pada Invoice

Kirim Pengingat

Jangan mengirim faktur dan kemudian melupakannya sampai Anda mengirim faktur atau invoice berikutnya. Segeralah menindaklanjuti dengan cara mengirimkan pengingat satu atau dua hari sebelum jatuh tempo faktur yang belum dibayar.

Jika faktur tidak dibayar, kirim pengingat lain sehari setelah pembayaran jatuh tempo. Lanjutkan untuk menindaklanjuti setiap dua minggu sekali sampai Anda mendapatkan tanggapan.

Mengotomatisasikan Pengiriman Faktur atau Invoice

Mengirim semua faktur dan pengingat itu mungkin terdengar seperti banyak pekerjaan, terutama jika Anda melakukannya secara manual. Dapatkan perangkat lunak faktur yang akan menangani pengingat untuk Anda dan yang secara otomatis akan menghasilkan faktur untuk pelanggan Anda.

Membebankan Biaya Keterlambatan

Jangan salah, jika pelanggan Anda tidak membayar Anda tepat waktu, itu akan merugikan bisnis Anda dan menghabiskan uang Anda. Anda juga tidak dapat membayar tagihan Anda yang dapat berpotensi menimbulkan biaya keterlambatan dan sanksi lainnya.

Biaya keterlambatan dapat menjadi motivator yang membantu bagi klien yang membayar lambat. Biaya keterlambatan mengirimkan pesan kepada pelanggan Anda bahwa mereka perlu memprioritaskan pembayaran Anda

Hadiah Bagi Pembayar yang Lebih Awal

Tawarkan kepada pelanggan Anda hadiah atau insentif untuk membayar di muka. Atau, buat insentif untuk siapa saja, seperti diskon 5% bagi mereka yang membayar dalam waktu 5 hingga 10 hari setelah menerima faktur.

Bekerja dengan Perusahaan Anjak Faktur

Pada akhirnya, bagaimana Anda menangani praktik faktur Anda menentukan bagaimana dan kapan Anda dibayar, tetapi juga dapat mempengaruhi hubungan yang Anda miliki dengan pelanggan Anda. Jika mengubah persyaratan Anda akan mengirim pelanggan Anda ke pesaing, menciptakan gesekan dalam hubungan, atau tidak menghasilkan hasil yang Anda butuhkan, anjak piutang dapat membantu.

Dengan anjak piutang, Anda menjual faktur yang belum dibayar ke perusahaan anjak piutang. Perusahaan anjak piutang memajukan Anda sebagian besar dari saldo faktur. Dari sana, perusahaan anjak piutang menangani proses faktur dan menagih dari pelanggan. Setelah pelanggan membayar, apakah itu 30, 60 atau bahkan 90 hari kemudian, perusahaan anjak piutang membayar Anda sisa saldo, dikurangi biaya nominal untuk layanan.

baca juga : Terima Pembayaran dengan Kartu Kredit