3 Tips Agar Bisnis B2B Dapat Dibayar Lebih Cepat Oleh Buyer

Pandemi COVID-19 yang menimpa Indonesia kini telah menunjukan kurva yang menggambarkan peningkatan tajam jumlah kasus masyarakat yang terpapar Covid-19. Menindaklanjuti hal tersebut pemerintah telah mengambil langkah untuk melakukan PPKM darurat guna melandaikan kurva tersebut. Hal tersebut pastinya membuat hantaman keras pada pertumbuhan ekonomi. Adapun dampak dari adanya PPKM yaitu tingkat konsumsi masyarakat akan melambat dan menyebabkan pemulihan ekonomi Indonesia tertahan dan kondisi sulit bagi pelaku usaha akan terjadi lagi.

Merosotnya sektor perekonomian pada masa pandemi membuat sektor digital masih menjadi salah satu usaha atau bisnis yang menjanjikan, terutama pada sektor e-commerce. Salah satunya yaitu E-commerce B2B yang menunjukan perkembangan yang cukup pesat beberapa waktu terakhir karena kebutuhan pengadaan perusahaan yang kian meningkat.

Baca juga: Cara terbaik mengukur utang jangka pendek bagi perusahaan

B2B atau business to business adalah aktivitas transaksi suatu produk atau layanan yang terjadi antara suatu bisnis dengan bisnis yang lain. Pada masa pandemi B2B menjadi pilihan para pelaku usaha, termasuk UMKM untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan operasional dan produksi. Selain itu B2B ikut ambil alih dalam meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha UMKM.

Untuk terus mendukung perkembangan industri B2B diperlukan teknik atau cara yang tepat dalam marketing B2B untuk mendorong penjualan B2B guna dibayar lebih cepat oleh buyer Anda.

Payment gateway

Pada dasarnya, payment gateway adalah media pembayaran yang disediakan oleh suatu layanan marketplace yang mampu memberikan otorisasi pemrosesan suatu kartu kredit ataupun pembayaran langsung pada klien dalam suatu kegiatan bisnis online. payment gateway terbukti mampu membantu memudahkan para pebisnis dan para klien dalam melakukan kegiatan transaksi. Dalam hal ini, bentuk payment gateway bisa berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet atau di gerai-gerai minimarket. Hal ini tentu akan memudahkan Anda agar dibayar lebih cepat oleh buyer Anda.

Menerapkan digitalisasi dalam usaha

Salah satu faktor penting yang kerap dilupakan oleh pengusaha adalah digitalisasi. Di era industri 4.0 saat ini, banyak orang telah menerapkan digitalisasi dalam bisnis mereka. Hal ini meliputi penggantian operasional dari manual hingga digital. Selain hemat waktu, cara ini dianggap sebagai cara terbaik yang dapat membantu setiap orang agar bisa dibayar lebih cepat oleh buyer mereka.

Apa hubungannya? Secara umum, transaksi B2B kerap memakan waktu lama dan melibatkan banyak pihak. Dengan tingkat kompleksitas yang rumit, proses transaksi bisa terjadi dalam satu bulan bahkan lebih tergantung tempo pembayaran yang dipilih.

Untuk itu, Anda perlu menerapkan digitalisasi dalam bisnis mereka. Dengan begitu, proses penagihan dapat berjalan dengan lebih mudah. Selain itu, hal ini juga berpotensi meningkatkan persentase buyer agar Anda dibayar lebih cepat sehingga, arus kas Anda menjadi lebih lancar!

Baca juga: Mengenal term of payment, bagian penting dalam transaksi B2B

Dengan layanan #dibayarlebihcepat dari Paper.id

Paper.id memiliki solusi terbaik bagi semua supplier untuk bisnis Anda agar menerima pembayaran lebih cepat, layanan #dibayarlebihcepat. Layanan pendanaan usaha berbasis invoice ini bisa membantu Anda agar menerima pencairan invoice lebih awal. Bekerjasama dengan beragam institusi keuangan terpercaya dan telah berizin OJK, Paper.id menyajikan layanan terpercaya untuk kemajuan bisnis Anda. Gunakan layanan ini untuk mendapatkan pembayaran lebih awal agar arus kas bisnis tetap lancar! Klik dibawah untuk info lebih lanjut!

 

(Visited 16 times, 1 visits today)