Rekonsiliasi bank adalah proses mencocokkan atau membandingkan saldo dalam catatan akun kas dengan informasi yang sesuai pada laporan bank. Adapun tujuan dari proses rekonsiliasi bank ini adalah untuk memastikan perbedaan antara keduanya, dan untuk mencatat perubahan pada catatan akuntansi yang sesuai.

Informasi pada laporan mutasi bank adalah catatan bank tentang semua transaksi yang berdampak pada rekening bank entitas selama sebulan terakhir. Jika Anda menemukan kesalahan atau kelalaian, tentukan apa yang menyebabkan perbedaan tersebut dan berusaha untuk memperbaikinya dalam catatan Anda.

Rekonsiliasi bank harus diselesaikan secara berkala untuk semua rekening bank, guna memastikan bahwa catatan kas perusahaan sudah benar. Jika tidak, mungkin akan ditemukan bahwa saldo kas jauh lebih rendah dari yang diharapkan.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan rekonsiliasi bank segera setelah akhir setiap bulan, ketika bank mengirimkan laporan bank kepada perusahaan yang berisi saldo kas awal bank, transaksi selama bulan tersebut, dan saldo kas akhir.

Baca juga : Metode Pembayaran Terbaik Untuk Bisnis, Kartu Kredit vs Transfer?

Proses Rekonsiliasi Bank

Alur proses penting untuk rekonsiliasi bank adalah dimulai dengan saldo akhir kas bank, ditambahkan ke dalamnya setiap setoran dalam perjalanan dari perusahaan ke bank, kemudian dikurangi cek yang beredar atau belum di kliring di bank.

Kemudian, buka saldo kas akhir perusahaan dan kurangi darinya biaya layanan bank, cek dan tambahkan bunga yang diperoleh. Pada akhir proses ini, saldo bank yang disesuaikan harus sama dengan saldo kas akhir perusahaan yang disesuaikan.

Manfaat atau Keuntungan dari Rekonsiliasi Bank Yang Dilakukan Setiap Bulan:

  • Membantu Anda menyimpan catatan bersih dari semua transaksi bank Anda. Ketika Anda merekonsiliasi akun Anda, Anda dapat yakin bahwa tidak ada pembayaran atau transaksi yang hilang dari buku besar pribadi Anda,serta membantu Anda menghindari kesalahan perhitungan di kemudian hari.
  • Memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kesehatan keuangan yang Anda miliki. Oleh karena itu memeriksa catatan pribadi Anda dan catatan dari bank akan membantu Anda melihat uang masuk dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kebiasaan pengeluaran Anda. Tentunya ini dapat membantu Anda menghindari biaya yang tidak perlu atau aktivitas mencurigakan. Dengan tetap memantau transaksi perbankan Anda, Anda dapat mengetahui masalah apa pun lebih awal dan bekerja untuk menyelesaikannya dengan cepat.

Tips Proses Rekonsiliasi Bank

Berikut ini merupakan proses rekonsiliasi bank yang akan sangat membantu untuk merekonsiliasi rekening bank Anda setiap bulan :

Pilih metode yang akan Anda gunakan untuk merekonsiliasi bank Anda

Beberapa orang mengandalkan perangkat lunak akuntansi atau aplikasi seluler untuk melacak transaksi keuangan dan merekonsiliasi aktivitas perbankan. Yang lain menggunakan buku cek kertas, dan menyeimbangkannya setiap bulan, untuk mencatat setiap cek tertulis dan transaksi lainnya.

Anda juga dapat memilih untuk menggunakan buku catatan atau spreadsheet sederhana untuk mencatat transaksi Anda. Metode apa pun yang Anda sukai, penting untuk menyimpan catatan yang solid dari setiap transaksi untuk merekonsiliasi rekening bank Anda dengan benar.

Bandingkan setoran dan catatan transaksi pribadi Anda dengan laporan mutasi bank terbaru yang Anda terima

Pastikan bahwa semua simpanan yang tercantum pada laporan mutasi bank Anda dicatat dalam catatan pribadi Anda. Jika tidak, tambahkan deposit yang hilang ke catatan Anda dan total saldo akun Anda.

Selanjutnya, periksa untuk melihat apakah semua simpanan yang tercantum dalam catatan Anda ada di laporan mutasi bank Anda. Jika bank tidak menerima setoran, selidiki mengapa hal tersebut tidak Ada atau hilang.

Bandingkan penarikan

Seperti halnya setoran, dan luangkan waktu untuk membandingkan catatan pribadi Anda dengan laporan mutasi bank untuk memastikan bahwa setiap penarikan, besar atau kecil, dicatat pada kedua catatan tersebut. Jika Anda kehilangan transaksi dalam catatan pribadi Anda, tambahkan dan kurangi jumlahnya dari saldo Anda.

Jika Anda menemukan penarikan yang tidak tercantum pada laporan mutasi bank, lakukan penyelidikan. Jika ada penarikan cek yang hilang, kemungkinan belum dicairkan atau belum dicairkan hingga batas waktu pernyataan.

Baca juga : Mau Buat Usaha Tapi Bingung Buat SIUP? Simak Caranya Disini!

Penyesuaian bankĀ 

Mungkin ada transaksi yang tidak terhitung dalam catatan keuangan pribadi Anda karena penyesuaian bank. Ini dapat terjadi jika Anda dikenakan biaya apa pun, seperti biaya pemeliharaan bulanan.

Untuk rekening berbunga, penyesuaian bank dapat berupa jumlah bunga yang Anda peroleh selama periode laporan. Jika Anda menemukan penyesuaian bank, catat dalam catatan pribadi Anda dan sesuaikan saldonya. Jika Anda salah dikenai biaya, hubungi bank Anda untuk mengatasi masalah tersebut.