Affiliate Marketing: Keuntungan dan Tantangan

Berkat dunia internet yang bergerak cepat dan terus berkembang, ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan salah satunya adalah affiliate marketing!

Bayangkan saja, Anda dapat menggunakan komputer, ponsel, dan tablet Anda, dan hanya dengan beberapa pengaturan dan klik, Anda siap untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Paper.id akan membahas keuntungan menjalankan affiliate marketing dan tantangan yang akan Anda hadapi.

Apa itu Affiliate Marketing?

Sederhananya, affiliate marketing memungkinkan Anda menghasilkan uang melalui jaringan afiliasi Anda. Ini adalah proses mengiklankan produk dan layanan atas nama pedagang. Sebagai imbalannya, pedagang tersebut akan memberi Anda komisi untuk penjualan dan / atau arahan.

Ambil contoh seorang penjual mobil, dia akan mengiklankan sebuah produk, dan jika dia mencapai kesepakatan atau penjualan, dia akan mendapat komisi 10% atau lebih.

Baca juga: Cara Kerja Affiliate marketing Dan Keuntungan Yang Bisa Didapat

Keuntungan Affiliate Marketing

Ada berbagai cara untuk menghasilkan uang dengan affiliate marketing. Bergantung pada perjanjian Anda dengan pedagang, ada juga persentase yang berbeda untuk setiap komisi penghasilan.

Berikut beberapa contohnya:

–  Biaya per Tindakan atau CPA 

Ini adalah komisi tetap untuk tindakan tertentu. Misalnya, Anda dan pedagang setuju bahwa jika Anda mendapatkan pelanggan potensial untuk mendaftar ke buletin mereka, Anda akan mendapatkan komisi tetap.

– Cost per Lead atau CPL 

Ini adalah komisi tetap untuk setiap prospek yang Anda dapatkan. Bergantung pada perjanjian Anda dengan pedagang, Anda akan mendapatkan komisi tetap untuk setiap prospek yang berpotensi dikonversi menjadi penjualan offline. Sebagian besar afiliasi lebih memilih model ini untuk affiliate marketing. Ini karena mereka tidak mengontrol proses konversi offline. Setelah itu, semua terserah pedagang untuk menutup penjualan.

– Bagi Hasil atau CPS atau Biaya per Penjualan 

Ini adalah presentasi yang disepakati dari jumlah pembelian pelanggan. Artinya Anda, sebagai afiliasi, akan mendapatkan persentase dari penjualan. Misalnya, seorang pedagang mungkin menawarkan afiliasi komisi 10% untuk setiap 1-10 penjualan ditutup, komisi 11% untuk setiap 11-25 penjualan dan seterusnya.

Jadi pada akhirnya, semakin baik kinerja afiliasi Anda, semakin tinggi pula reward yang Anda dapatkan.

– Biaya per Klik atau BPK 

Dalam proses ini, afiliasi akan mendapatkan jumlah tetap untuk setiap klik-tayang ke situs web. Dalam metode ini, Anda akan mendapatkan tautan khusus yang akan Anda sertakan dalam posting situs web Anda, posting media sosial, dan bahkan buletin email. Untuk setiap pelanggan yang dapat Anda bawa ke situs web pedagang, Anda akan dibayar.

Tantangan Pemasaran Afiliasi

Sama seperti segala sesuatu dalam hidup, ada beberapa tantangan yang akan Anda hadapi di jalan menuju kesuksesan affiliate marketing.

Berikut beberapa tantangan yang akan Anda hadapi jika menjadi affiliate marketing:

– Persaingan 

Ketika Anda memulai affiliate marketing, Anda akan menemukan bahwa ada banyak persaingan di seluruh dunia. Dunia adalah pasar Anda, dan oleh karena itu, dunia juga merupakan pesaing Anda. Ada banyak affiliate marketing dengan pengalaman lebih lama di bidang ini. Tapi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda untuk menjadi affiliate marketing terbaik yang Anda bisa.

– Tidak ada jaminan 

Sebagai affiliate marketing, setiap pembayaran per kinerja dapat menghadirkan risiko yang signifikan. Tidak ada jaminan bahwa hidup sebagai affiliate marketing akan mudah, dan Anda tidak bisa langsung mengharapkan pendapatan. Ini sebuah tantangan, tetapi jika Anda mampu melakukannya, Anda pasti dapat mencapai kesuksesan.

– Kontrak antara afiliasi dan pedagang 

Sebagian besar waktu, tidak ada kontrak antara affiliate marketing dan pedagang. Artinya, Anda dapat memutuskan untuk berhenti mempromosikan produk atau layanan pedagang tanpa pemberitahuan, dan mereka dapat memutuskan untuk menghentikan program kapanpun mereka mau. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya pendapatan bagi affiliate marketing.

Meskipun ini mungkin proses yang menantang, selama Anda bersedia mengambil risiko dan mampu menghadapi tantangan tersebut, ada banyak pendapatan yang bisa dihasilkan.

Program Afiliasi Paper.id

Affiliate marketing menawarkan kemudahan bagi setiap orang untuk mendapatkan keuntungan tanpa kesulitan. Dalam hal ini, Paper.id memiliki program afiliasi dengan keuntungan tanpa batas dan biaya pendaftaran secara GRATIS!

Anda berkesempatan mendapatkan komisi hingga 60% dan tambahan bonus untuk renewal program.

Selain itu, Paper.id menyediakan materi promosi dan bahan publikasi yang akan membantu Anda untuk menyelenggarakan online/offline event.

Jika Anda tertarik untuk daftar, hubungi nomor dibawah dan dapatkan berbagai keuntungan dengan menjadi bagian dari program affiliate marketing Paper.id.

Nadia Kurniawan

+62 857-0966-6178

 

(Visited 68 times, 1 visits today)