Keuntungan Pembayaran Online

Pembayaran Non Tunai atau Pembayaran Online telah meningkat sejak penggunaan smartphone meningkat. Statista, dalam salah satu laporannya, memperkirakan transaksi online akan mencapai USD 4.769.370 juta pada akhir tahun 2020. Dan, nantinya diharapkan akan terjadi peningkatan sebesar 15%.

Untuk bisnis, menjaga arus kas yang tinggi adalah prioritas utama. Mengingat hal itu, sebagian besar perusahaan membuka pintunya untuk menerima pembayaran online. Pembayaran online membantu perusahaan menghemat waktu, lebih cepat dan menghemat.

Hal ini juga membantu mengurangi biaya sebuah bisnis misalnya, transaksi fisik. Dengan memiliki pembayaran secara online dapat memberikan pelanggan/calon pelanggan pilihan untuk membayar dari berbagai metode pembayaran online dengan proses yang mudah. Ini juga membantu dalam mengurangi jumlah besar invoice kertas yang akan dicetak. 

Berikut 5 keuntungan bisnis yang bisa didapatkan setelah menerapkan pembayaran invoice online ke bisnisnya:

Pembayaran Instan

Pembayaran online memfasilitasi pembayaran instan untuk sebuah bisnis. Pelanggan/ calon pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembayaran dengan hanya duduk  di rumah atau kantor. 

Baca juga: Pembayaran Online Bisa Bantu Pertumbuhan UMKM, Benarkah Demikian?

Pembayaran Online Dapat diandalkan untuk Bisnis Global

Dengan fitur untuk menerima pembayaran online akan lebih aman dan kredibel bagi pebisnis daripada menerima pembayaran melalui cek. Anda langsung menerima uang tanpa resiko cek hilang.

Mendorong Lebih Banyak Kepercayaan pada Pelanggan

Konsumen saat ini sering menganggap sebuah bisnis tersebut lebih terpercaya dengan menerima pembayaran secara online melalui situs mereka. Ini mendorong pelanggan atau calon pelanggan lebih yakin untuk menggunakan sebuah jasa/produk. Pada saat yang sama, pembayaran online menawarkan jaminan kepada konsumen yang mengamankan uang mereka jika mereka tidak menerima produk yang dibeli secara online melalui situs web.

Baca juga: 3 Jenis Sistem Pembayaran Online Yang Sering Digunakan E-Commerce

Menambah Kenyamanan pada Pembayaran Berulang

Jika Anda menawarkan beberapa layanan berbasis langganan dimana pengguna / pelanggan Anda perlu melakukan pembayaran setelah jangka waktu tertentu, opsi untuk menerima pembayaran online mungkin lebih cocok untuk Anda.  Sistem akan mengirimi kepada pengguna / pelanggan pemberitahuan untuk segera membayar biaya berlangganan dengan metode pembayaran online. 

Mempengaruhi pembeli secara tidak langsung

Metode pembayaran online dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli barang yang tercantum di situs web. Karena transaksinya cepat dan mudah, dan calon pelanggan/pelanggan dapat membayar melalui berbagai macam metode pembayaran online, calon pelanggan/pelanggan lebih cenderung tertarik, jika ada sistem pembayaran online yang diterapkan.

 

 

(Visited 302 times, 1 visits today)