Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini, bisnis restoran sedang booming dan membutuhkan banyak supplier horeca untuk menyuplai barang. Restoran dan kafe bermunculan di mana-mana. Dengan meningkatnya persaingan antar berbagai merek, restoran perlu mendapatkan kepercayaan pelanggan melalui kualitas makanan yang disajikan dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Kesalahan yang sering ditemui dalam proses rekonsiliasi

Itu sebabnya mereka perlu memilih supplier restoran terbaik di pasar. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan pelanggan untuk memilih tempat makan adalah kualitas makanan.

Oleh karena itu jika Anda merupakan pemilik atau pelaku usaha di bidang hotel, restoran, atau kafe, supplier bahan makanan sama pentingnya dengan layanan yang Anda berikan. Karena faktanya, manajemen supplier merupakan aspek penting dari industri makanan.

Ini karena kualitas bahan baku mempengaruhi kualitas makanan, biaya makanan, dan reputasi Anda. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana memilih supplier makanan Horeca terbaik sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Pembelian produk lewat supplier horeca

Pembelian produk adalah proses yang bertanggung jawab, yang harus dimulai oleh pemilik perusahaan, melibatkan koki dalam proses pemilihan. Sebaiknya volume pembelian produk harus didasarkan pada kehadiran aktual dan permintaan dari pengunjung untuk item menu tertentu. Daftar hidangan disesuaikan dengan perkembangan bisnis.

Temui dan Evaluasi supplier

Meskipun tersedia katalog produk atau daftar harga, seringkali lebih bermanfaat untuk mengatur pertemuan singkat dengan setiap calon supplier. Selain menerima informasi katalog, Anda juga dapat mengevaluasi sikap supplier secara keseluruhan, tingkat layanan, dan tentunya yang terpenting yaitu kualitas produk. Selain itu Anda juga akan dapat memperkenalkan bisnis Anda dan memberitahu supplier tentang persyaratan yang harus mereka ketahui. Berdasarkan kriteria dan interaksi Anda dengan supplier terpilih, Anda harus dapat memilih salah satu yang paling memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Perhatikan Harga yang Diberikan

Mendapatkan bahan baku yang baik dengan harga terjangkau merupakan dambaan semua pebisnis, namun tidak mudah mendapatkan hal tersebut. Oleh karena itu pilihlah supplier yang mengutamakan kualitas namun memiliki harga terjangkau. Karena bukan berarti harga murah kualitas buruk, atau harga mahal kualitas baik. Jika Anda mencari dengan tepat Anda pasti menemukan supplier sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Layanan Pelanggan yang Sangat Baik

Supplier Horeca yang andal adalah yang mampu mengelola hal-hal penting seperti ketepatan waktu, manajemen organisasi pesanan yang sempurna, dan kepatuhan terhadap aturan industri. supplier yang Anda pilih harus memperhatikan kebutuhan, pengiriman, dan jadwal Anda. Mereka harus memahami bisnis Anda, menawarkan layanan yang disesuaikan, dan mampu menangani keadaan darurat dan insiden tak terduga.

Komunikasi yang Cepat

Ketika Anda berhubungan atau berkecimpung di industri makanan, kualitas dan waktu adalah yang paling penting. Jadi, ketika memilih supplier Horeca, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki pemahaman dan komunikasi yang baik dengan mereka.

Ini akan memungkinkan Anda untuk fokus pada aktivitas sehari-hari Anda tanpa khawatir tentang pengiriman bahan makanan dan bahan baku.

Yang perlu Anda perhatikan dan pastikan dalam memilih supplier yaitu konsistensi kemampuan dalam memberikan supply pada bisnis anda. Karena jika terjadi masalah seperti halnya, ditengah jalan supplier bisnis Anda tidak mampu mengirimkan bahan baku yang dibutuhkan, tentu saja kredibilitas bisnis Anda turut dipertaruhkan.

Baca juga: Cara mengelola stok barang di gudang

Oleh karena itu sangat perlu mempelajari track record supplier Anda dan memperhitungkan dengan cermat hal-hal yang sekiranya dapat mempengaruhi konsistensi dalam memenuhi order, seperti jarak, sarana dan prasarana yang dimiliki hingga jumlah tenaga kerja.

Demikian tips untuk memilih supplier horeca yang pas buat Anda. Selain itu, Paper.id juga mau membagikan tips soal pembayaran ke supplier. Seringkali, pembayaran ke supplier memang menyulitkan, apalagi kalau Anda berurusan dengan banyak supplier, terutama soal tempo.

Untuk masalah itu, Anda bisa membayarnya dengan kartu kredit via Paper.id. Soal ini, supplier tidak perlu menyediakan pilihannya & Anda juga bisa bayar pakai apa saja selain dengan kartu kredit. Kemudahan ini bisa Anda rasakan gratis. Klik di sini untuk daftar gratis sekarang.