Pada Sabtu 26 November 2022, Paper.id bersama Komunitas Maju melakukan seminar bersama untuk edukasi mengenai pentingnya digitalisasi bagi UMKM. Bertempat di gedung Prasadha Jinarakkhita, Kembangan, acara ini diikuti oleh banyak UMKM yang ada disana. Chief Business Officer Paper.id, Anthony Huang bersama Andre Satyadi Azarya selaku VP of Sales turut serta menjadi pengisi acara untuk memberikan edukasi bagi para peserta yang hadir di acara tersebut.

Baca juga : Paper.id Resmi Digaet Kopi Kenangan, Wujudkan Digitalisasi Sistem Operasi yang Lebih Efektif

Acara ini diawali oleh kata sambutan yang dilakukan oleh Pak Anthony. Beliau turut mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang ditunjukkan oleh para partisipan yang hadir di acara tersebut. Beliau menekankan 2 poin, yakni digitalisasi sebagai salah satu elemen penting bagi UMKM untuk bertahan di berbagai situasi termasuk pandemi, serta bagaimana Paper.id tetap bertumbuh kembang selama pandemi berjalan, meskipun kondisi bisnis sempat tidak menentu di saat itu. 

Invoice Penjualan

Setelah itu, Pak Andre turut memberikan edukasi terkait pentingnya penerapan digitalisasi dalam bisnis. Hal ini dapat mempermudah proses pencatatan, dimana masalah ini masih sering dialami oleh pebisnis, khususnya UMKM. Pencatatan yang tidak rapi membuat mereka tidak dapat memonitor kondisi keuangan bisnis mereka dengan baik dan mempersulit mereka dalam memahami kondisi bisnis serta mengambil keputusan.

Untuk itu,mereka dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan Paper.id, platform invoice dan pembayaran bisnis yang terpercaya. Dengan invoice digital, mereka dapat membuat dan mengirim invoice secara digital dan gratis. Invoice cepat sampai dan bisa dibayar lebih cepat oleh pelanggan mereka dari waktu yang biasanya mereka dapatkan. Selain itu, transaksi juga jauh lebih mudah karena tersedia berbagai metode pembayaran mulai dari kartu kredit, OVO, marketplace, dan sebagainya. 

Baca juga : Buat Ratusan Invoice di Paper.id, Cukup 5 Menit!

Yang terpenting, pebisnis bisa membayar invoice supplier dengan kartu kredit, meski pilihannya tidak tersedia. Cara ini tentunya sangat bagus, karena membantu para pebisnis untuk mendapatkan tambahan tempo lebih lama dan aman, daripada harus meminjam ke paylater dengan bunga yang tinggi dan memberatkan bagi para pebisnis yang ada. 

Daniel Nugraha