Apa yang terlintas dalam pikiran Anda mendengar kata invoice? Sebagian besar orang berfikir bahwa invoice adalah surat bukti transaksi. Invoice merupakan suatu dokumen berupa bukti pembelian yang berisi jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli. Bisnis skala besar atau kecil, Anda selaku pelaku usaha harus mengirimkan invoice di setiap ada transaksi penjualan.

Baca juga: Menggali lebih dalam mengenai manfaat pembayaran bisnis dengan kartu kredit

Pada nyatanya, tidak semua invoice yang dikirim benar-benar dibayar tepat waktu. Menurut data yang telah kami kumpulkan, 17% UMKM berpotensi bangkrut jika invoice mereka telat dibayar terus-menerus. Selain itu, UMKM di Amerika harus merugi $5000 setiap tahunnya karena keterlambatan pembayaran invoice.

Demi menyelamatkan bisnis Anda dari pembayaran yang tertunda karena tagihan yang tidak jelas maka kami akan bagikan beberapa trik ampuh pembayaran invoice dengan cepat dan tepat. Berikut ini 4 trik ampuh tersebut:

Pastikan agar keterangan di invoice mudah dipahami 

Percaya tidak percaya, jika kata-kata di invoice susah dipahami, bisa dipastikan kalau invoice Anda akan telat dibayar. Tidak percaya? Sebuah studi yang dilakukan oleh Tungsten mengatakan bahwa 28% pelaku usaha telat dibayar karena keterangan pembayaran yang susah dibaca atau dipahami.

Lantas, keterangan apa saja yang harus dipahami:

  • Tempo pembayaran : tulis tempo pembayaran pada lembar invoice, mengingat hal ini penting dan agar baik supplier/customer Anda sama-sama terinfokan mengenai hal ini.
  • Nomor rekening atau cara pembayaran : Tulis cara bayar sejelas mungkin. Sebagai contoh, jika pembayaran dilakukan secara partial, maka tulis berapa besar DP yang harus dibayar beserta kapan tanggal pembayaran harus dilakukan.
  • Keterangan barang dan jumlah angka pembayaran : Masih banyak pelaku usaha yang kadang-kadang suka lupa atau bahkan tidak menuliskan keterangan barang yang dibeli dengan benar. Untuk itu, pastikan agar menulis jumlah barang yang dibeli dengan jelas beserta angka dan totalnya. 

Berikut kami share contoh invoice dengan keterangan yang jelas dan mudah dipahami

Contoh invoice Paper.id

Tawarkan Metode Pembayaran yang Mudah

Trik selanjutnya, adalah memberikan banyak pilihan alternatif pembayaran yang mudah bagi pelanggan Anda. Menurut studi yang dilakukan oleh PYMTNS dan American Express, bisnis yang menawarkan 10 metode pembayaran kepada pelanggannya bisa mendapatkan kenaikan keuntungan hingga 79,6%, karena pelanggan lebih senang dan bisa bayar sesuai dengan pilihan yang mereka mau.

Lantas, bagaimana jika ada 30 lebih metode pembayaran yang bisa Anda sediakan tanpa harus repot-repot minta ke bank atau yang lain? Ada kok, cukup gunakan Paper.id! Platform pembayaran dan invoice bisnis yang gratis digunakan. Customer bebas bayar pakai metode apa saja mulai dari kartu kredit, virtual account, OVO, marketplace, dan juga metode lainnya. Paper.id juga cocok digunakan oleh berbagai jenis bisnis mulai dari UMKM hingga korporat. Gunakan Paper.id sekarang dan daftar gratis dengan klik tombol di bawah.

Berikan Insentif untuk Pembayaran Lebih Awal

Trik ini juga ampuh yaitu berikan diskon kecil untuk invoice yang dibayar lunas lebih awal. Dengan memberikan diskon kepada pelanggan Anda, maka memberikan kemudahan pelanggan Anda dalam aktivitas bisnis mereka. Selain membuat pelanggan Anda melunasi tagihannya, cara ini juga dapat mempererat tali silaturahmi bisnis yang baik.

32% customer akan lebih nyaman berbelanja lewat insentif yang diberikan (Source : Tada)

Secara umum, cara ini kerap dilakukan dan berhasil. Dengan begitu, hubungan dengan customer lebih langgeng dan bisa membuat mereka betah untuk terus membeli bahan baku dari Anda. Tentunya, hal ini menjadi salah satu poin penting yang bisa dipertimbangkan untuk terus memberikan insentif, asalkan syarat pembayaran yang ada tetap terpenuhi.

Baca juga: Cara daftar & membeli e-meterai dengan mudah

Denda untuk Keterlambatan Pembayaran Surat Tagihan

Trik terakhir ini adalah pasangan dari cara diatas. Dengan cara memberikan denda untuk kerlambatan dari batas waktu pembayaran adalah trik yang ampuh dalam mendorong pelanggan Anda untuk segera melunasi tagihannya.

Demikan 4 trik ampuh memperoleh pembayaran surat tagihan dengan cepat. Dengan Paper.id, Anda dapat mengirim invoice kapanpun dan dimanapun. Aplikasi invoice Paper.id, bukan hanya mengelola invoice,namun dapat menjadi sebuah laporan keuangan bisnis otomatis dari setiap invoice yang dikirimkan. Laporan keuangan yang sehat akan membawa keuntungan bisnis Anda menjadi lebih besar.