Inventory software memiliki peran sentral dalam bisnis. Kehadirannya mampu membantu para pengusaha dalam mengelola persediaan barang yang mereka miliki. Sayangnya, masih banyak yang mengelolanya secara manual seperti UMKM.

Menurut Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), M. Ikhsan menuturkan bahwa tolok ukur dari sebuah UKM untuk naik kelas adalah bisnis berbasis digital seperti dilansir dari Kompas. Dengan begitu, hal tersebut akan membawa banyak dampak positif bagi bisnis mereka.

Software Inventory Paper
Inventory software membuat kegiatan pengaturan barang menjadi lebih mudah

Dampak tersebut bisa terlihat dari berbagai macam bidang termasuk pengelolaan persediaan barang secara digital. Apa saja manfaat konkrit serta cara-cara dalam memilih inventory software yang tepat bagi perusahaan Anda?

Baca juga: Mengenal lebih dalam tentang forecast dalam persediaan barang dagang

Manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan inventory software

Sebelum melihat cara-cara dalam memilih software yang tepat, Anda harus tahu manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan inventory software. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan

  • Menghemat waktu
    Ucapkan selamat tinggal pada cara lama dan kertas-kertas yang menggunung di meja Anda. Software inventory dapat mempermudah kerja dan memangkas waktu kerja Anda lebih cepat. UMKM seringkali tidak mengindahkan hal ini mengingat, ketidak tahuan mereka akna adanya software yang dapat membantu mereka. Dengan begitu, setiap pelaku usaha membutuhkan hal ini agar bisnis mereka dapat berjalan lebih efisien.
  • Menghindari masalah kelebihan dan kekurangan stok barang
    Musuh utama dalam manajemen persediaan barang adalah, stok barang yang kurang atau kelebihan. Biasanya, hal ini disebabkan manajemen persediaan yang kurang efektif. Kelalaian dalam pencatatan data dan metode pencatatan yang masih manual menjadi dua penyebab utama terjadinya masalah persediaan bagi UMKM. Untuk mengatasinya, kehadiran software persediaan barang bisa menjadi solusi yang tepat bagi UMKM.
  • Hasil forecast yang lebih terpercaya
    Dalam manajemen persediaan barang, forecast menjadi elemen yang sangat penting dalam membantu perusahaan untuk pemesanan barang. Untuk menghasilkan forecast yang terpercaya, setiap unit usaha membutuhkan data serta analisis yang baik. Software persediaan barang dapat membantu perusahaan dalam menyajikan data yang akurat dan lengkap.

Baca juga: Procurement vs Purchasing, pengertian dan perbedaannya

Tips-tips dalam memilih inventory software

Ada banyak inventory software yang beredar dengan beragam fitur serta keunggulan yang ada. Untuk memilih yang tepat sesuai dengan keinginan Anda, berikut tips-tips yang harus Anda ketahui.

  • Harga
    Software persediaan barang dapat memangkas biaya operasional bisnis untuk admin. Tapi, tetap ada biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian. Untuk itu, pilihlah software yang sesuai dengan kebutuhan dan terjangkau. Memilih software yang mahal bukan solusi yang tepat jika tidak memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan sehingga, Anda harus menyesuaikan antara kebutuhan bisnis Anda, fitur pada software tersebut serta harganya.
  • Integrasi
    Elemen integrasi perlu diperhatikan dalam memilih sebuah software yang tepat untuk bisnis Anda, karena dapat mempermudah kerja Anda sehingga lebih mudah dan cepat. Tidak semua software menerapkan elemen integrasi. Pilihlah software dengan elemen integrasi agar Anda tidak perlu kerja dua kali karena semuanya telah terhubung.
  • Apakah mudah untuk digunakan
    Sebuah software yang ideal adalah software yang bisa digunakan dengan mudah oleh semua orang. Penggunaan yang terlalu rumit malah memunculkan masalah baru, waktu belajar yang lama. Untuk itu, pilihlah software yang user-friendly. Selain itu, cek juga keberadaan fitur pendukung seperti dokumentasi, customer service, dan lainnya. Fitur-fitur pendukung ini dapat membantu Anda saat kesulitan dalam menggunakan software.
  • Aplikasi Mobile
    Software yang baik adalah software yang bisa diakses dimana saja. Karena itu, pilihlah software yang tersedia dalam bentuk mobile. Dengan begitu, Anda bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. Hal ini turut mendukung mobilitas Anda dalam bekerja sehingga, semuanya bisa diakses hanya lewat smartphone.

Mencari sebuah software persediaan barang yang tepat memang sulit tapi dapat membawa pengaruh yang besar bagi bisnis Anda. Dengan 4 tips diatas, Anda bisa mencari software yang pas dan bisa membantu Anda dalam mengatur persediaan barang yang Anda miliki. Keempat elemen tersebut ada dalam software Paper.id, sebuah software invoice yang memiliki fitur invoice, accounting, dan inventory management yang telah terintegrasi sepenuhnya.

Paper.id didesain dengan tampilan yang menarik serta sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Fitur inventory management telah terintegrasi dengan invoice sehingga, barang akan otomatis berkurang ketika invoice dibuat. Tersedia dalam bentu Desktop dan Mobile, Paper.id siap membantu Anda dalam mengelola persediaan barang Anda. Gunakan gratis sekarang dengan mendaftarkan diri Anda lewat link dibawah!

Daniel Nugraha