fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

5 Template Surat Jalan yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Buat Bisnismu

Fery Andriawan | May 13, 2019
Template Surat Jalan

Template Surat Jalan

Rate this post

Template Surat Jalan- Dalam melakukan bisnis, terdapat beberapa fase yang harus dilalui sebelum akhirnya bisa mendapatkan keuntungan dari pelanggan. Misalnya, kamu harus mengirimkan Invoice terlebih dahulu kepada pelanggan. Belum lagi, ada penawaran dari mereka yang harus dinegosiasikan ulang. Setelah itu, masih ada lagi beberapa langkah yang harus dilalui, hingga pada akhirnya membuat Surat Jalan.

Peran Surat Jalan dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Sebab, dokumen tersebut memastikan keberangkatan produk yang akan dikirimkan kepada pelanggan. Semakin cepat pelanggan membayarkan tagihannya, semakin cepat pula Surat Jalan tersebut akan dibuat. Lantas, apa yang dimaksud dengan Surat Jalan dan berapa lampiran yang harus dibuat sebagai bagian dalam aktivitas bisnis?

Baca Juga: Contoh Surat Jalan Agar Bisnis Anda Menjadi Lebih Profesional

Surat Jalan

Pengelolaan Stok Produk

Pengelolaan Stok Produk

Singkatnya, Surat Jalan merupakan dokumen tertulis yang dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pelanggannya. Di dalamnya, terdapat detail lengkap kepada siapa produk tersebut ditujukan sesuai dengan pesanan yang diberikan sebelumnya. Dengan begitu, pihak ketiga (jasa ekspedisi) yang melakukan pengiriman tidak akan melakukan kesalahan dalam mengirimkan produk.

Lebih lanjut, Surat Jalan hanya spesifik dibuat apabila bisnis yang kamu jalani berfokus terhadap Perusahaan Dagang. Maksudnya, dokumen ini hanya diperlukan jika ada produk yang dikirimkan ke pihak pelanggan tidak berlaku untuk pemberi jasa dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara membuat Surat Jalan dan berapa lampiran yang harus dipersiapkan dalam penggunaannya?

Pembuatan Surat Jalan tergantung dari siapakah yang mengirimkan produk tersebut. Apabila pemilik usaha memiliki kurir sendiri, dokumen tersebut hanya perlu dibuat dua lampiran saja. Namun, jika pemilik usaha mengandalkan pihak ketiga (jasa ekspedisi), maka dokumen tertulis itu harus dibuat sebanyak tiga lembar.

  1. Lembar pertama akan menjadi milik pemilik barang.
  2. Kemudian, lembar kedua akan diberikan kepada penerima barang atau pelanggan.
  3. Terakhir, lembar ketiga akan menjadi milik jasa ekspedisi yang mengirimkan produk. Dengan begitu, mereka bisa memastikan pengiriman tepat sasaran.

Biasanya, lembar-lembar tersebut akan dibedakan sesuai dengan warnanya masing-masing.

Baca Juga: 5 Cara Kirim Invoice Online Agar Tagihan Dibayar Lebih Cepat

Template Surat Jalan

Di bawah ini, terdapat lima template Surat Jalan yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat milikmu sendiri. Beberapa contoh di bawah ini sudah terbilang lengkap sebab menyertakan tanggal pengiriman, nama produk, kualitas hingga kuantitas produk. Lengkapnya detail yang disertakan akan memberikan kepercayaan dari pihak pelanggan terhadap bisnis yang kamu kelola.

template 1

template 1

 

template 2

template 2

 

template 3

template 3

 

template 4

template 4

 

template 5

template 5

Peran Surat Jalan dalam sebuah bisnis di bidang Perusahaan Dagang sangatlah vital. Sebab, tanpa adanya dokumen tertulis ini, produk tidak akan bisa dikirimkan kepada pelanggan. Itulah mengapa kamu, sebagai pemilik usaha, harus paham dalam membuatnya. Beberapa template di atas bisa kamu jadikan referensi.

Baca Juga: Pengertian Surat Jalan Serta Contoh Pembuatan Secara Digital

Bisa Buat Lebih Cepat?

Contoh Surat Jalan

Contoh Surat Jalan

Setiap pemilik usaha selalu memiliki mimpi dapat mempermudah bisnisnya. Setidaknya, mereka bisa langsung membuat Surat Jalan yang hanya berdasarkan dari Invoice Penjualan atau Sales Invoice saja. Akan tetapi, hal tersebut sangatlah sulit terlaksana apabila mereka masih menggunakan cara manual. Kalau masih menggunakan excel, kamu terpaksa membuatnya dua kali.

Pembuatan Sales Invoice dan Surat Jalan memakan waktu lama. Belum lagi, dokumen-dokumen yang harus mereka buat lebih dari satu atau bahkan lima buah. Hitung, berapa banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk mengurusi kebutuhan bisnis tersebut. Namun, kalo kamu mau menggunakan Software Akuntansi, sebenarnya kamu bisa ‘menyingkat’ pembuatan dokumen tersebut.

 

Dengan Paper.id, Software Akuntansi di Indonesia, kamu bisa langsung mengubah Sales Invoice menjadi Surat Jalan. Jadi, kamu tidak perlu melakukannya dua kali sehingga tidak membuang banyak waktumu. Lebih lanjut, Invoice Penjualan terkirim juga akan otomatis bisa membuatkan Kwitansi Online. Satu aplikasi yang memudahkan seluruh aktivitas bisnismu.

Kenapa masih pakai cara manual kalo bisa dilakukan secara otomatis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *