fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Strategi Invoice Penagihan Saat Klien Malas Membayar

Mirrza A. Akbar | August 27, 2018
Invoice Penagihan

Rate this post

Sering kali klien lambat atau tidak dapat membayar invoice penagihan Anda. Hal ini benar-benar membuat Anda sakit kepala bukan? Klien dengan behavior seperti itu dengan mudahnya membuat kekacauan keuangan bisnis Anda. Apalagi bisnis Anda masih dalam ranah kecil dan menengah.

Terutama, jika bisnis Anda bekerja dengan margin laba yang ketat. Menagih klien yang luar biasa sulit ternyata butuh strategi khusus. Sepertinya, tidak cukup hanya mengirim reminder invoice penagihan via email klien. Untuk itu, kami disini akan memaparkan beberapa strategi khusus tersebut untuk Anda.

Kembangkan Kebijakan Kredit

Pelaku bisnis harus memastikan penjabaran tentang syarat dan ketentuan secara jelas. Contohnya Anda bisa menetapkan ketentuan kredit yang harus dipenuhi pelanggan. Atau Anda juga memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan ketika tagihan jatuh tempo.

 

Invoice Penagihan

Kebijakan ini bisa Anda “selipkan” saat Anda mengirim invoice penagihan yang jatuh tempo. Sehingga klien Anda tahu invoice tersebut benar-benar butuh dibayar.

Simpan Bukti Transaksi dengan Baik

Agar selalu keep in track, bisnis perlu menyimpan semua file dengan jelas, akurat dan terpenting selalu up to date. File berupa transaksi pembayaran maupun kredit masing-masing pelanggan. Bahkan, sekarang sudah banyak software akuntansi gratis. Salah satunya yaitu Paper.id yang menyediakan pembuatan invoice penagihan juga dalam pembukuan. Apalagi, Paper.id turut mendukung kebutuhan para pelaku bisnis kecil dan menengah.

Jangan Hentikan Komunikasi

Tidak ada yang lebih buruk dari terhentinya komunikasi antara pebisnis dengan pelanggan yang masih berhutang. Karena, kemungkinan bisnis Anda bahkan akan menerima kerugian yang amat besar. Oleh karena itu, semua komunikasi harus tegas, jelas dan penuh hormat.

Kirim Invoice Penagihan ke Perusahaan Anjak Piutang

Jika klien Anda memenuhi syarat tertentu, tagihan dapat diberikan kepada perusahaan anjak piutang. Dengan akun anjak piutang, bisnis Anda akan menerima persentase yang signifikan dari jumlah hutang. Yang mana jumlah tersebut terdapat pada invoice awal dari perusahaan anjak piutang. Anda juga dapat menyerahkan proses penagihan kepada perusahaan tersebut.

Temukan Agensi Penagihan

Opsi ini tentu memerlukan pengeluaran biaya tambahan, tapi patut juga Anda coba. Anda bisa mencari ahli dan layanan dari agensi penagihan. Semua ditujukan untuk mendorong klien membayar invoice penagihan Anda. Tapi, perlu ditekankan, pilihlah agensi dengan aksi penagihan dengan attitude yang baik dan tanpa kekerasan.

Bawa Klien ke Pengadilan Klaim

 

Invoice Penagihan

Jalur meja hijau kadang bukan pilihan yang menarik atau bahkan “sebanding” dengan tagihan. Tapi, untuk situasi tertentu bisa diterapkan proses pengadilan. Misalnya, pemilik bisnis mungkin ingin memulai proses untuk mempengaruhi pelanggan yang mulai “memberontak.”

Dengan sedikit bisnis, pengetahuan dan mungkin kepekaan pemilik bisnis, tidak ada yang tidak mungkin. Bisnis Anda secara signifikan dapat meningkatkan peluang klien membayar tagihan. Sebagai bisnis yang profesional, Anda juga harus menjaga kepala klien Anda agar tetap dingin.

Oleh karena itu, Anda bisa meminta bantuan layanan Paper.id untuk mengirimkan invoice penagihan secara berkala. Tanpa berulang kali mengecek teknis maupun embel-embel biaya. Paper.id dapat menyelesaikan urusan invoice dan akuntansi bisnis Anda.

Didukung dengan fitur Reminder dan Recurring dari Paper.id juga manjur dalam mempengaruhi klien Anda. Cobalah pengalaman menagih lebih cepat dengan Paper.id. Gratis selamanya! Siapa tahu, Anda tidak perlu pusing-pusing melakukan tindakan yang tidak perlu kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *