Sebuah bisnis tidak akan bisa dibuat dalam waktu semalam. Sebab, Anda membutuhkan konsisten diantara waktu, pengalaman dan kegigihan dalam memajukan bisnis yang Anda buat. Tak sulit dalam mengembangkan sebuah bisnis jika Anda mengerti dengan marketing. Lagi pula, konsep dari marketing itu sangatlah sederhana yakni menyampaikan sebuah pesan kepada pelanggan secara eksplisit namun mereka akan mengingatnya terus menerus (soft selling strategy).

Apakah Anda ingat dengan Ice Bucket Challenge? strategi digital marketing yang dibuat oleh lembaga penyakit sklerosis tersebut sukses disambut dengan antusiasme para masyarakat di seluruh dunia. Saking viralnya, tantangan tersebut juga dilakukan oleh para selebritis untuk memperingatkan kesadaran akan tingkat kematian dari penyakit tersebut sangalah tinggi sekaligus menggalang donasi dana untuk pengidap sklerosis itu sendiri.

Kesuksesan Ice Bucket Challenge tentunya bisa dijadikan sebuah parameter jika digital marketing memang merupakan cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Lantas, selain tantnagan di atas, strategi digital marketing apalagi yang bisa Anda terapkan ke dalam bisnis Anda guna mempromosikan produk ke pangsa pasar yang lebih luas ke depannya?

Strategi Digital Marketing: Optimasi Instagram

Away Instagram
Away Instagram

Membuat sesuatu yang viral bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika Ice Bucket Challenge lebih terkenal menggunakan medium Youtube, Anda juga bisa melakukan optimasi instagram. Sosial media tersebut sangat cocok digunakan untuk memperkenalkan bisnis Anda lantaran mereka mengandalkan kekuatan dari sebuah gambar. Tak ayal, saat ini, instagram menjadi sebuah ladang untuk mencari uang bagi para publik figur dunia maya (red- selebgram).

Salah satu bisnis yang mengandalkan kekuatan dari Instagram adalah Away. Bisnis tersebut menjual koper ataupun tas multifungsi untuk para pecinta traveling. Alih-alih memperkenalkan produknya melalui instagram, Away lebih mengutamakan kekuatan gambar tujuan dari koper itu sendiri, yakni membawa seseorang berjalan-jalan ke tempat yang baru. Oleh karena itu, di dalam akun instagram Away, Anda hanya akan melihat bagaimana gembiranya orang-orang ketika mereka sedang traveling.

Secara tidak langsung, Away ingin memberikan kenyamanan kepada para penggunanya apabila mereka menggunakan koper produksi dari mereka. Optimasi instagram tersebut ternyata berhasil dan kini Away telah mendapatkan pendanaan series C sebagai salah satu start up terbaik dengan total valuasi mencapai 700 juta dollar Amerika Serikat.

Influencer Marketing

endorse artis - alliancetalent.net
endorse artis – alliancetalent.net

Menurut laporan dari social media week, penggunaan influencer atau endorser akan mampu meningkatkan penjualan mencapai total 4%. Lebih lanjut, emarketer juga mengatakan apabila sekitar 84% pelaku usaha di Indonesia memang telah memasukkan strategi ini sebagai salah satu kampanye mereka untuk menjaring pelanggan yang lebih banyak. Alasannya satu, influencer dianggap memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Tidak semua pelaku usaha menggunakan strategi digital marketing ini lantaran ongkos yang dikeluarkan memang cukup besar. Semakin berpengaruh seseorang (red- jumlah followers banyak), semakin mahal juga harga yang akan diberikan oleh influencer tersebut. Hal ini tentunya sangat memberatkan terlebih lagi terhadap pengusaha yang baru mencoba terjun ke dalam dunia bisnis. Namun, tidak ada salahnya untuk sesekali menggunakan jasa influencer sebagai uji coba, bukan?

Buat Customer Journey

Percaya atau tidak, banyak pengusaha yang terlalu sibuk bagaimana cara menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya dengan menggunakan facebook ads, instagram ads ataupun Google Ads. Namun, apakah hal tersebut bisa meningkatkan penjualan secara maksimal? kenyataanya tidak, sebab konsumen Anda akan merasa jenuh. Kenapa? karena Anda melakukan dengan cara yang serupa di setiap waktunya.

“Jangan memancing ikan di tempat yang sama, sebab lama-kelamaan ikan tersebut akan habis dan Anda akan juga hanya akan mendapatkan hasil yang sama.”

Agar uang Anda tidak terbuang percuma lantaran gagal menjangkau konsumen yang optimal, kenapa tidak coba membuat Customer Journey terlebih dahulu? singkatnya, customer journey  merupakan sebuah cara untuk mengetahui behaviour dari konsumen Anda. Kebiasaan apa saja yang mereka kerap lakukan dan bagaimana cara Anda mendapatkan pelanggan yang loyal dari jenis konsumen yang serupa.

Tak sulit rasanya apabila Anda mengerti penggunaan digital marketing untuk meningkatkan kebutuhan bisnis Anda. Untuk semakin memperlancar kegiatan usaha Anda, Paper.id juga ingin ikut berkolaborasi demi memudahkan bisnis Anda. Tanpa mengeluarkan sepeserpun uang alias GRATIS, kalian bisa menggunakan aplikasi Paper.id dengan cara klik ikon di bawah ini.