Sebagai pelaku bisnis, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah invoice. Namun, apakah kamu tahu proforma invoice? dan apa perbedaannya dengan invoice pada umumnya?

Invoice atau faktur adalah dokumen penting yang memuat rincian waktu dan catatan transaksi yang dibuat penjual untuk pembeli. Dengan begitu, transaksi antara mereka menjadi lebih jelas lantaran semua informasi yang relevan ada di invoice.

Invoice dan Proforma Invoice sangatlah berbeda walaupun keduanya memuat rincian barang dan harga yang sama. Lantas, apakah yang membedakan keduanya? dan seberapa penting invoice dan proforma invoice dalam sebuah transaksi bisnis?

Baca juga: Invoice vs. Kwitansi: Penting Diketahui di Dunia Bisnis

Perbedaan Invoice dan Proforma Invoice

Contoh Proforma Invoice
Contoh Proforma Invoice (Dokumen Pribadi Paper.id)

Menurut Key Differences, ada 6 perbedaan mendasar antara invoice dan proforma invoice, diantaranya:

  • Invoice mengacu pada dokumen yang dikirimkan kepada pembeli yang berisikan rincian produk atau layanan yang disediakan oleh penjual. Sedangkan proforma invoice memberikan informasi kepada pembeli mengenai rincian barang yang akan dikirim.
  • Proforma invoice sejenis quotation, berisikan komitmen penjual untuk memasok barang dengan tarif dan tanggal yang ditentukan. Sebaliknya, invoice semacam tagihan, menampilkan jumlah yang harus dibayar oleh pembeli.
  • Proforma invoice digunakan untuk pembuatan penjualan, sedangkan invoice digunakan untuk konfirmasi penjualan.
  • Proforma invoice disediakan oleh penjual, atas permintaan pembeli sebelum melakukan pemesanan. Berbeda dengan invoice, yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli untuk meminta pembayaran atas barang yang dikirimkan.
  • Karena invoice proforma adalah invoice tiruan dan digunakan untuk tujuan menciptakan penjualan, oleh karena itu tidak ada entri yang dibuat dalam pembukuan untuk transaksi keuangan. Berbeda dengan invoice, yang merupakan faktur yang sebenarnya dan karena menghasilkan transaksi keuangan, maka invoice tersebut berfungsi sebagai dasar untuk membuat entri akuntansi dalam pembukuan kedua belah pihak.
  • Tujuan dasar invoice proforma adalah untuk membantu pembeli dalam mengambil keputusan, mengenai apakah akan melakukan pemesanan atau tidak. Sementara, invoice diajukan oleh penjual untuk meminta pembayaran dari pembeli.

Pentingnya Invoice dan Proforma Invoice untuk Bisnis

Contoh Invoice
Contoh Invoice (Dokumen Pribadi Paper.id)

Proforma invoice sangat penting untuk bisnis karena dokumen ini menguraikan ketentuan penjualan saat pesanan dilakukan. Meskipun belum final, invoice proforma harus memberi pembeli pemahaman yang jelas tentang ketentuan penjualan, termasuk harga, tanggal pengiriman, dan biaya tambahan apapun. Namun, invoice proforma memang kurang resmi dibandingkan dengan invoice pada umumnya, yang biasanya dikeluarkan pada saat pengiriman.

Sementara itu, invoice resmi berperan penting untuk melacak informasi dan catatan penting. Pasalnya, faktur yang dikirim ke penjual ini adalah catatan resmi tentang apa yang penjual berikan dan yang harus dibayar oleh pembeli. Selain itu, invoice resmi juga memuat informasi penting seperti tanggal, jumlah terutang, dan apakah pelanggan memiliki saldo terutang atau menyelesaikan pembayaran.

Baca juga: Perbedaan Quotation dan Invoice dalam Procurement

Cara Membuat Invoice dengan Mudah

Sebagai pebisnis, tentu ingin mengatur waktu sebaik mungkin, terutama dalam membuat invoice untuk kebutuhan bisnis. Tidak perlu khawatir, kini ada cara lebih mudah dalam membuat invoice dengan menggunakan Paper.id.

Selaku software invoicing terkemuka di tanah air, Paper.id telah bekerjasama dengan lebih dari 30 ribu pelaku usaha lebih untuk memudahkan proses pengelolaan bisnisnya. Kamu bisa buat invoice lebih mudah dan praktis menggunakan Paper.id secara gratis! Caranya? Bisa lewat demo produk di bawah ini.

Coba Kemudahan Dalam Buat Invoice Digital Sekarang!

Buat Invoice Hanya 5 Menit, Gratis Selamanya!

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Klik tombol di bawah untuk melanjutkan demo produk ini

 

Muhamad Dika Wahyudi