Membuat bisnis berbeda dengan menanak nasi yang hanya memasukkan beras dan air kemudian tunggu hingga mendidih. Membuat bisnis lebih mirip seperti memasak rendang yang sangat kaya akan bumbu dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikannya.

Semua orang mampu dan mempunyai hak untuk berwirausaha namun hanya segelintir saja yang dapat bertahan. Hal itu dikarenakan pemahaman mereka tentang bisnis masih sangat sempit. Selain itu, kegagalan dalam memulai bisnis terjadi karena yang dipikirkan hanyalah tentang keuntungan. Padahal, pada awal mula memulai bisnis, Anda harus siap berkorban segalanya, seperti menghabiskan waktu, uang dan bahkan kehidupan Anda sendiri.

Salah satu faktor paling penting yang membuat banyak pengusaha pemula gagal adalah ketidakpahaman mereka tentang melakukan pengelolaan data, produk hingga keuangan. Sebenarnya, beberapa poin tersebut sangat mudah sekali dilakukan apabila Anda -sebagai pelaku usaha- memahami pengertian akuntansi secara umum. Akuntansi itu sangatlah luas namun ilmunya berguna untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih berkembang.

Pengertian akuntansi secara umum adalah aktivitas jasa yang dilakukan untuk mengukur, mengidenfitikasi hingga mengolah angka menjadi lebih terperinci. Adanya akuntansi ini sangat bagus untuk sebuah bisnis apabila ingin mengambil kebijakan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Dengan kata lain, sang pelaku usaha mengetahui strategi apa yang harus diambil untuk semakin memperlebar bisnisnya ke taraf yang lebih tinggi.

Jadi, dapat disimpulkan jika akuntansi dapat membantu mengumpulkan semua informasi-informasi penting dari bisnis Anda yang berceceran ke dalam satu wadah yang sama, yakni pembukuan. Catatan-catatan tersebut akan membantu dalam memeriksa keadaan finansial bisnis Anda di dalam setiap periodenya dan juga menentukan keputusan selanjutnya untuk kemajuan usaha Anda ke depannya.

Baca juga : 10 Rekomendasi Software Akuntansi Buatan Indonesia

Memahami Fungsi Akuntansi Untuk Kesuksesan Berbisnis

Bagaimana seseorang bisa sukses dalam memulai usaha apabila tidak mengerti apa itu akuntansi? pencatatan dan pengelolaan data merupakan hal yang sangat krusial dalam berbisnis. Jika Anda tidak bisa menghitung semua pemasukkan dan pengeluaran dengan akurat, keuangan usaha Anda akan menjadi buruk dan berakibat kepada kebangkrutan.

Jika coding dikatakan sebagai bahasa pemrograman, akuntansi bisa dibilang sebagai bahasa pengelolaan yang menjadi ‘senjata’ utama sebuah bisnis. Tak hanya tentang laba dan rugi, Anda juga bisa mengetahui berapa besaran pajak yang harus dibayarkan dan juga arus kas dalam bisnis Anda. Ilmu akuntansi sangat luas dan bagus untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi, masih yakin bisa membangun usaha tanpa mengerti akuntansi? coba pikir lagi.

Jenis-jenis Akuntansi

Setelah Anda mengetahui pengertian akuntansi secara umum serta fungsi-fungsinya untuk kelancaran dalam berwirausaha, kali ini saatnya Anda untuk mengetahui beberapa jenis akuntansi.

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan sebuah bidang untuk mencatat pengelolaan keuangan, baik itu pemasukan, pengeluaran, modal hingga arus kas. Seluruh transaksi yang mencakup perubahan aset dan saham juga masuk ke dalamnya.

Akuntansi Manajemen

Jika Anda telah melakukan pengitungan secara akurat, hasilnya tinggal menunggu dari pihak akuntansi manajemen. Karena, bidang ini terkait dengan penentuan kebijakan perusahaan untuk ke depannya, haruskah mereka mengurangi atau menambah budget pemasaran dll.

Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya merupakan bidang yang akan mengambil kebijakan tentang biaya produksi. Biasanya, mereka akan melakukan efisiensi biaya apabila dianggap tidak sebagai sebuah kebutuhan yang mendesak.

Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak memiliki peranan yang cukup berat karena Anda -sebagai pemilik usaha- harus mampu menekan pengeluaran pajak penghasilan tanpa harus melanggar kebijakan atau peraturan yang ada dari pemerintah.

Akuntansi Pemeriksaan/ Audit

Agar arus kas, pemasukkan hingga pengeluaran bisa berjalan maksimal, tentunya harus ada pihak yang melakukan pemeriksaan. Biasanya, audit tersebut akan dilakukan tanpa tekanan dari pihak manapun sehingga tidak ada penyelewengan dana yang menguntungkan suatu pihak tertentu.

Baca juga : Pentingnya Program Akuntansi Untuk Memperlancar Arus Kas UMKM

Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran dilakukan untuk menyusun pengeluaran dengan benar. Budgeting memang menjadi hal yang sangat penting untuk ‘kesehatan’ finansial bisnis Anda. Biasanya, setelah menyusun anggaran pembelanjaan, Anda harus kembali melakukan pemeriksaan apakah harga tersebut sudah cukup terjangkau atau harus masih ada efisiensi lagi.

Daniel Nugraha