Untuk mengembangkan sebuah perusahaan, kamu harus melakukan pembukuan akuntansi untuk membuat laporan keuangan secara berkala. Lewat laporan tersebut, kamu bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan kamu dan membuat keputusan terkait perkembangan perusahaan.

Namun, ada beberapa masalah yang sering dihadapi saat membuatnya. Kesalahan-kesalahan yang ada turut berdampak pada proses pembuatan. Untuk memperbaiki hal tersebut, berikut cara-cara yang harus kamu perhatikan agar bisa mengatasi pembukuan akuntansi perusahaan kamu yang sedang bermasalah.

Baca juga: 5 aplikasi pembukuan terbaik yang jarang diketahui oleh pengusaha

Ketahui letak permasalahannya

Untuk mengatasi masalah yang terjadi, kamu harus tahu letak masalahnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui letak kesalahan dalam pembukuan akuntansi, kamu bisa lebih mudah menemukan penyebab dan solusinya.

Pada umumnya, ada beragam kesalahan yang sering terjadi dalam pembukuan perusahaan. Kesalahan-kesalahan tersebut adalah, kesalahan pada bidang pajak, ada ketidakcocokan dalam bagian entry data, rekonsiliasi yang tidak konsisten, dan lainnya.

Tipsnya adalah, kamu bisa membuat daftar yang berisi kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses pembukuan. Dalam prosesnya, bisa ada beberapa kesalahan yang terjadi. Setelah memasukannya, kamu tinggal menyelesaikannya secara perlahan dan hati-hati.

Baca juga: Nota penjualan, kenapa itu penting dan bagaimana cara membuatnya?

Rekonsiliasi dengan bank secara konsisten

Proses rekonsiliasi dengan bank perlu dilakukan. Hal ini membantumu untuk mengetahui penyebab adanya perbedaan antara catatan perusahaan dengan laporan bank. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui jumlah saldo rekening giro pada waktu tertentu.

Meski penting untuk dilakukan, perusahaan cenderung melakukannya di akhir bulan atau hanya saat dibutuhkan. Lakukanlah setiap hari untuk memastikan kalau rutinitas keuangan kamu berjalan dengan lancar dan dalam kondisi yang baik.

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengetahui arus kas secara mendetil. Selain itu, kamu bisa menyelesaikan semua laporan keuangan tepat waktu. Tentunya, hal ini turut berdampak pada perkembangan perusahaan.

Konsultasi dengan ahli pembukuan akuntansi

Jika kamu masih belum bisa mengatasi permasalahan yang ada, kamu bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Dalam hal ini, ada 2 jalan yang bisa kamu tempuh, kamu bisa berkonsultasi dengan senior atau atasan kamu atau menggunakan jasa ahli pembukuan akuntansi untuk membantu kamu dalam membuat laporan.

Cara yang pertama bisa lebih mudah dan membantu kamu dengan lebih cepat. Jika masih belum teratasi, cara kedua dapat membantu kamu. Jasa ahli pembukuan akuntansi dapat memberikan solusi dengan lebih mudah.

Menggunakan software pembukuan akuntansi

Dengan semakin majunya teknologi, hal ini memberikan efek yang besar terhadap banyak hal termasuk dunia akuntansi. Paper.id memberikan solusi terbaik untuk urusan pembukuan karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu kamu untuk proses pembuatan laporan keuangan agar lebih mudah.

Paper.id merupakan software invoice yang mudah untuk digunakan oleh semua orang terutama bagi mereka yang tidak mengerti akuntansi. Dengan menggunakan Paper.id, kamu bisa membuat invoice dengan mudah dan praktis serta bisa dilakukan dimana saja.

Dashboard Paper.id
Dashboard Paper.id

Fitur lainnya yang ada adalah pembukuan akuntansi. Setelah membuat invoice, data akan otomatis masuk kedalam pembukuan perusahaan kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot memasukkan data-data seperti yang kamu lakukan secara manual seperti biasanya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat laporan pada bagian dashboard software Paper.id. Dengan begitu, kamu bisa melihat beberapa laporan seperti, laporan laba rugi, alur uang, invoice yang telah dibuat dan lainnya.

Buat pembukuan akuntansi kamu jadi lebih mudah dan mutakhir dengan Paper.id! Paper.id tersedia di Desktop dan Android. Klik link diatas untuk mendapatkannya SECARA GRATIS SEKARANG!

Daniel Nugraha