PELUANG BISNIS IMLEK- “Bisnis yang akan moncer di tahun Babi Tanah adalah bisnis yang berhubungan dengan air dan api. Kalau di feng shui kita kenal controlling cycle, air itu kan dikontrol oleh tanah bisa jadi air dibendung pake tanah, nah kalau api dikontrol air, apinya besar bisa dipadamkan air,” jelas Mauro Rahardjo, ahli Fengshui kepada detikFinance.

Menurut perhitungan China, 2019 akan memasuki Tahun Babi Tanah. Singkatnya, peluang bisnis imlek pada tahun ini akan lebih berfokus kepada dua hal yang berhubungan dengan api dan tanah. Kenapa? karena api dan air disebut sebagai controlling cycle dari tanah yang sesuai dengan tahun ini. Air akan dikontrol oleh tanah sedangkan api yang besar bisa ‘dikontrol’ atau dipadamkan dengan tanah.

Akan tetapi, Mauro menambahkan jika bisnis yang berhubungan dengan api bisa juga mengalami kemerosotan atau ketidakberuntungan. Sebab, api tidak tahan melawan air sehingga bisa jadi bisnis yang dikelola juga akan mengalami hal yang sama yaitu tidak tahan melawan kompetisi yang semakin ketat. Oleh karena itu, perhitungan matang juga harus dilakukan pengusaha yang berhubungan dengan api.

Lantas, peluang bisnis imlek apa saja yang berhubungan dengan api dan tanah? ini dia 4 di antaranya.

Peluang Bisnis Imlek: Coffee Shop

Coffee Shop
Coffee Shop

Budaya minum kopi dan teh memang telah ada di Indonesia sejak jaman dulu kala. Oleh karena itu, semakin banyak jajaran kedai kopi yang dibuka. Tren Coffee Shop memang tengah mewabah, bukan hanya di ibukota tapi juga daerah lainnya. Tren tersebut juga diikuti dengan perkembangan tingkat minat minum kopi masyarakat perkapita yang terus menanjak. Di tahun 2018, perkembangan sudah mencapai 1,5 kilogram perkapita.

Selain karena minat yang berkembang, tren masyarakat yang suka berkumpul dalam waktu senggang juga menjadi faktor lainnya. Sudah menjadi kebiasaan ketika berkumpul, mencari tempat hangout  yang asyik dan nyaman menjadi pilihan utama. Oleh karena itu pula, Coffee Shop saat ini didesain untuk tempat berkumpul dalam waktu yang lama dengan faktor penunjang lainnya, seperti Live Music dll.

Jika Anda tertarik, Coffe Shop termasuk sebagai salah satu bisnis yang disebut-sebut akan meraih cuan besar pada tahun ini.

Baca Juga: Kisah Bisnis Jokowi yang Mengaku Kalah dari Usaha Kedua Anaknya

Bisnis Travel

Travel Agent
Travel Agent

Travel juga termasuk sebagai salah satu cuan bisnis yang akan menguntungkan pada tahun 2019 ini. Sebab, menurut Mauro, Bisnis Travel mengalirkan penumpang. Tercatat, pertumbuhannya dalam lima tahun terakhir juga memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Nama-nama besar seperti Traveloka memang masih mendominasi pasar namun bukan tidak mungkin ada ‘pemain’ baru yang akan menyaingi.

Membuat bisnis travel tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Jika Anda ingin mencoba, cobalah ikut berafiliasi dengan travel agent tertentu yang Anda percayakan. Apabila ingin mendapatkan cuan yang lebih besar, Anda bisa melakukan open trip karena hal itu lebih dicari para traveler yang biasanya enggan repot mengatur itinerary atau jadwal perjalanannya sendiri.

Budidaya Tambak

Budidaya Tambak
Budidaya Tambak

Jika Anda memiliki pekarangan yang luas atau berlokasi di daerah yang belum terlalu banyak dikelilingi gedung-gedung tinggi, mencoba budidaya tambak ikan juga bisa menjadi peluang bisnis imlek tahun ini. Ada berbagai budidaya tambak yang bisa Anda buat namun saat ini ikan nila tengah menjadi primadona. Kenapa? karena perawatan dan pengelolaannya yang lebih mudah.

Ikan Nila jelas memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tapi, jika Anda tertarik untuk mencoba bisnis ini, ada beberapa hal yang harus dipelajari terlebih dahulu, seperti pakan, resiko kematian yang cukup tinggi dan juga kolam yang harus besar. Well, setiap bisnis memang mempunyai resiko tersendiri. Apakah Anda siap untuk melaluinya atau tidak?

Bisnis ‘Api’

Investasi Saham
Investasi Saham

“Yang terkait api pun bakal bagus, seperti rumah makan, industri teknologi, industri kimia. Terus yang fluktuatif, api itu fluktuatif gede kecil gede kecil kan, salah satunya ya saham, forex, reksa dana, dan lain-lain,” kata Mauro masih dilansir dari DetikFinance.

Bisnis yang berkaitan api memang menguntungkan tahun Babi Tanah. Akan tetapi, Anda juga harus mewaspadai beberapa hal seperti strategi keuangan dan juga pemasaran. Sebab, bisnis api juga memiliki kecenderungan gagal besar di tahun ini. Pergerakannya akan sangat fluktuatif apabila tidak diwaspadai malah bisa mengalami kerugian.

“Makanya, api meskipun bisa moncer tapi benar-benar harus hati-hati. Jadi bakal ada pihak yang moncer usahanya di api, tapi ada juga yg terjun bebas. Kalau elemen lain sih akan biasa-biasa aja. Naik dan turunnya tidak signifikan,” tutup Mauro.

Baca Juga: 4 Bisnis Milik Ahok yang Sudah Dibuat Sejak Masih Muda

Daniel Nugraha