fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Paper.id Gelar Pelatihan Bisnis Tentang Pengelolaan Bisnis Lebih Mudah

Fery Andriawan | May 10, 2019
Paper.id Pelatihan Bisnis

Paper.id Pelatihan Bisnis

Rate this post

Paper.id baru saja menyelenggarakan sebuah acara pelatihan bisnis terhadap ribuan orang yang bertajuk Promoting Entrepreneurship and Digital Financial Services for Rural Youth. Acara tersebut telah dilakukan pada tanggal 22-26 April 2019 di kota Tuban dan Malang, Jawa Timur. Tidak melakukannya sendiri, Paper.id pun berkolaborasi dengan Mercy Corps Indonesia (MCI).

Tujuan dari pelatihan bisnis yang diadakan oleh Paper.id dan Mercy Corps Indonesia (MCI) adalah untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM) yang berada di kedua daerah tersebut. Kemudian, para UKM tersebut akan diajarkan bagaimana cara untuk mengelola bisnis yang lebih mudah, tentunya dengan menggunakan Software Akuntansi Gratis, Paper.id.

Paper.id dan Mercy Corps Indonesia (MCI) ingin menjawab keresahan sebagian besar pelaku UKM yang ada di Tuban dan Malang akan kemudahan dalam mengelola bisnis, mulai dari Pengiriman Invoice, Pengelolaan Stok, Pembuatan Laporan Keuangan, Penggunaan Metode Pembayaran Digital hingga beberapa manfaat lainnya.

Pelatihan Bisnis

Pelatihan Bisnis

Pelatihan Bisnis

Malang menjadi kota pertama yang didatangi oleh Paper.id untuk melakukan pelatihan bisnis pada tanggal 22-23 April 2019. Kemudian, Tuban menjadi kota destinasi selanjutnya yang dihadiri oleh Paper.id bersama dengan Mercy Corps Indonesia pada 25-26 April. Dari kedua kota tersebut, terdapat kurang lebih 50 trainer yang dilatih untuk menggunakan Software Akuntansi Paper.id.

Semua trainer tersebut dilatih untuk menggunakan Paper.id agar bisa memudahkan pengelolaan bisnisnya melalui smartphone. Nantinya, mereka semua akan bertanggung jawab untuk mengajari dan mendidik sekitar 1800 pelaku UKM di Malang dan Tuban. Harapannya adalah agar seluruh pelaku UKM tersebut bisa sadar akan keberadaan teknologi yang sangat membantu kemudahan usaha mereka.

Keberadaan teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM setidaknya untuk memudahkan pengelolaan bisnis mereka. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi melakukan pencatatan manual yang menggunakan buku. Sebab, semuanya sudah tersedia dalam satu aplikasi dan bisa diselesaikan kapanpun dan dimanapun dalam situasi apapun.

Kendala yang Dialami

Program Pelatihan UKM

Program Pelatihan UKM

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, fokus tujuan utama Paper.id dalam pelatihan bisnis ini adalah untuk memberikan informasi tentang kegunaan teknologi dalam memudahkan pengelolaan bisnisnya. Oleh karena itu, Paper.id memberikan sedikit tutorial mengenai bagaimana cara menggunakan Aplikasi Paper.id di smartphone. Lantas, apa saja kendala yang dialami disana?

Di Malang, masih ada beberapa fasilitator yang belum memahami penggunaan Software Akuntansi. Sehingga, mereka harus diajari dari awal, mulai dari unduh aplikasi hingga pembuatan Invoice dll. Semuanya dilakukan secara bertahap agar trainer bisa memahami secara detil.

Setelah para trainer dianggap bisa memahami semua fitur-fitur dari Paper.id, mereka bisa mulai untuk membantu para pelaku UKM di daerahnya. Dengan semakin mudahnya cara pengelolaan bisnis, diharapkan semakin banyak warga yang mulai berbisnis. Selain memberikan masukkan tambahan, bisnis baru yang dikelola juga membuka lapangan kerja baru disana.

Hadiah Kejutan

Trainer Paper.id

Trainer Paper.id

Untuk memberikan semangat kepada para pelaku UKM di Tuban dan Malang, Paper.id menyiapkan hadiah khusus kepada mereka yang telah bergabung. Setidaknya, akan ada 4 kompetisi yang diadakan dengan hadiah kejutan yang cukup menarik, mulai dari voucher belanja, layanan spesial dari Paper.id, smartphone bahkan hingga Laptop. Bagaimana caranya?

Bagi para pelaku UKM yang dilatih khusus oleh salah satu trainer yang telah disiapkan Paper.id, mereka secara otomatis akan mengikuti 4 lomba. Ke-4 lomba tersebut adalah:

  1. Pengguna paling aktif dalam menggunakan Paper.id.
  2. Pengirim Invoice terbanyak.
  3. Penggunaan Digital Payment terbanyak.
  4. Profit terbanyak.

Nantinya, pemenang akan diumumkan pada akhir periode. Semua yang diberikan oleh Paper.id semata khusus untuk mengembangkan usaha para pelaku UKM. Yang lebih terpenting lagi, memberikan pengetahuan kepada mereka ada cara yang lebih sederhana dan efisien dalam menyelesaikan permasalahan mereka dalam mengelola usaha .

Acara yang dilakukan oleh Paper.id bersama dengan Mercy Corps berhasil membuat para pelaku UKM mengetahui jika ada banyak cara untuk mempermudah pengelolaan bisnis mereka. Acara ini akan terus berlangsung secara berkala untuk mengawasi dan memperhatikan para trainer agar fokus utama, yakni membantu usaha para pelaku UKM tercapai. Silahkan tonton video yang ada di bawah sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *