fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Panduan Invoice Pembayaran dan Accounting Software untuk Bisnis Kecil

Mirrza A. Akbar | September 4, 2018
Invoice Pembayaran

Rate this post

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus ahli multitasking. Mulai dari rencana strategis pemasaran atau sekedar mengirim invoice pembayaran. Terkadang sampai mengecekan invoice pembayaran bisnis. Namun, multitasking disebut-sebut sebagai productivity killer. Berbicara accounting daan invoicing adalah area (dalam bisnis) yang membutuhkan sedikit keahlian.

Oleh sebab itu, pemilik bisnis kecil sebenarnya tidak bisa menjadi seorang akuntan juga. Anda lebih baik menghabiskan waktu menjalankan bisnis daripada mengurusi invoice pembayaran, pelacakan pembelanjaan maupun mengatur keuangan perusahaan.

Pada akhirnya, software akuntansi dan invoice adalah shortcut dalam urusan keuangan bisnis. Solusi tepat ini dapat membantu hidup Anda sebagai entrepreneur baru lebih mudah. Namun terkadang Anda mengambil tindakan gegabah ketika memutuskan memakai software.

Pilih, klik dan selesai kadang menjadi boomerang saat Anda membeli alat akuntansi. Penyebabnya adalah karena Anda melakukannya tanpa mendefinisikan lingkup dan kebutuhan pekerjaan.

Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Software Akuntansi?

Investasi dalam alat akuntansi adalah langkah cerdas. Anda harus memilih satu alat yang terbaik untuk bisnis Anda. Untuk beberapa startup, kasbuk manual dan spreadsheets dapat melakukan tugas akuntansi.  Sementara yang lain telah menggunakan software akuntansi. Yang manakah Anda?

Sebelum Anda memutuskan apakah Anda benar-benar membutuhkan alat akuntansi. Coba pertimbangkan hal-hal dibawah ini terlebih dahulu dan Anda akan menemukan software terbaik.

Anda Baru Mendirikan Bisnis?

Kalau Anda sebagai pelaku usaha kecil atau baru dan memiliki banyak pekerjaan, berinvestasilah pada alat akuntansi yang hemat biaya. Tentu ini karena alat akuntansi ini akan menghemat waktu dan biayakan serta menyederhanakan beban Anda. Selain itu, alat tersebut akan membantu bisnis lebih terorganisir. Terlebih lagi, akan menguntungkan Anda mencari bantuan keuangan dari bank dan investor lainnya.

Apakah Bisnis Anda Sedang Berkembang?

Jika bisnis Anda sedang berkembang pesat, menggunakan pembukuan manual tidak akan efektif. Dengan berinvestasi dalam alat invoicing, Anda dapat menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi seluruh proses mengirim tagihan yang semakin banyak. Kebanyakan software invoicing juga sangat dapat disesuaikan dengan ukuran bisnis Anda.

Apakah Anda Sedang Menyederhanakan Operasi Bisnis Anda?

Anda dapat menggunakan software akuntansi atau invoicing sesuai kebutuhan bisnis Anda. Terpenting, sebuah alat dapat mengintegrasikan setiap aspek pekerjaan Anda. Mulai dari transaksi invoice tagihan dan invoice pembayaran sehari-hari, hingga pembayaran gaji karyawan.

Software Akuntansi yang Anda Gunakan Terlalu Rumit?

software akuntansi - invoice pembayaran

Software akuntansi seringkali terlalu rumit yang mungkin tidak pernah Anda gunakan. Jika sulit digunakan sehari-hari, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam software khusus dibuat untuk usaha kecil.

Setelah pertimbangan diatas, Anda dapat memilih untuk menggunakan software invoicing yang terintegrasi dengan akunting secara otomatis. Tiap-tiap software memang memiliki fitur berbeda-beda. Namun, di Paper.id semua fitur yang lengkap bisa Anda dapatkan secara gratis.

  1. Tugas Akuntansi Dasar

Paper.id dapat melakukan tugas-tugas akuntansi dasar seperti melacak pendapatan dan pembelanjaan, mengirim invoice pembayaran sampai tagihan via email. Tidak hanya itu, aplikasi juga dapat memanajemen klien atau vendor dan menghasilkan laporan keuangan.

  1. Otomatisasi

Seperti otomatisasi pengiriman invoice tagihan dan invoice pembayaran, pemberitahuan tenggat waktu (reminder) pada pelanggan, pembayaran berulang, dan proses lainnya yang akan menghemat waktu dan tenaga.

  1. Persiapan Pajak

Dapat membantu perhitungan pajak dan laporan pajak. Menyediakan kelipatan nilai pajak. Menyimpan data penting yang dapat di-email pada akuntan Anda kapanpun dibutuhkan.

  1. Kutipan dan Perkiraan

Menawarkan template invoice khusus untuk mengirim perkiraan atau penawaran ke klien. Kemudian mengkonversikannya secara otomatis ke invoice tagihan dan invoice pembayaran.

  1. Akses Seluler

Paper.id juga sudah terbukti sebagai aplikasi yang mobile-friendly yang dapat diakses melalui ponsel maupun tablet. Anda bisa berpergian dan mengelola pembukuan kapan saja dan dimana saja.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk Anda meragukan Paper.id! Aplikasi invoicing dan akuntansi #1 di Indonesia untuk seluruh UMKM. Ayo, daftarkan bisnis Anda segera dan nikmati fitur yang luar biasa membantu mengirim invoice pembayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *