EO atau Event Organizer bukanlah jenis bisnis yang baru. Jenis bisnis yang membutuh invoice jasa. Bisnis ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi lebih kreatif.

Para pelaku bisnis EO pun banyak menggunakan software invoicing yang memudahkan mereka dalam menjalankan acara. Mengapa demikian? Karena software invoicing telah mengikuti perkembangan zaman. Dulu, event planner mungkin dicari pada saat ada pesta pernikahan saja.

Kini, semakin banyak orang yang menggunakan jasa ini. Tidak melulu harus acara perusahaan, acara olahraga atau acara besar lainnya. Ketika membuat acara kumpul-kumpul keluarga besar saja, event organizer semakin dilirik. Meningkatnya permintaan akan jasa ini membuat para pelakunya perlu menyusun biaya mereka secara efektif.

Kamu perlu mengetahui cara membebani biaya untuk layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, invoice jasa juga harus difungsikan secara lebih efisien. Karena setiap acara memiliki kebutuhan yang berbeda, pasti kamu dapat mengenakan biaya yang berbeda pula. Berikut ini panduan menentukan invoice jasa untuk tiap event-mu.

1. Ketahui Batas Harga yang Wajar

Sebagai permulaan, kamu harus mengenakan biaya yang wajar. Tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal juga, apalagi jika kamu masih baru merintis bisnis.

Tentu saja sebagai bisnis event planner yang ingin segera mapan dan untung, kamu memiliki kebebasan untuk mengisi dengan margin keuntungan yang baik. Namun, biaya yang ditetapkan juga akan bergantung pada jenis pelanggan dan berapa banyak yang dapat mereka belanjakan. Pada intinya, poin utamanya adalah harga tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah.

2. Pertimbangkan Lokasi dan Situasi

Biaya setiap event juga bergantung pada lokasi. Biasanya, layanan di kota-kota besar dikenakan tarif tinggi dibandingkan dengan kota-kota kecil. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan di kota-kota kecil memakan biaya lebih besar.

Kamu juga perlu mempertimbangkan biaya hidup dan upah minimum di lokasi tersebut sebelum memperkirakan biaya untuk layanan. Terlepas dari faktor geografis, musim atau cuaca juga sering menjadi patokan penentu biaya utama. Biasanya selama musim pernikahan, event planner membebani biaya ekstra dari harga biasanya.

3. Bedakan Biaya per Jenis Layanan

Sebelum menyiapkan tagihan invoice jasa, kamu perlu memperkirakan kategori jenis layanan untuk bisa mematok harga yang pas. Setiap event akan memiliki harga dan layanan yang berbeda. Maka, kamu perlu mempersiapkan perkiraan yang tepat. Berikut ini adalah layanan yang dapat jadi pertimbangan.

  • Penyewaan venue

Biaya sewa venue merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan sambil memperkirakan biaya acara tertentu.

  • Biaya vendor

Beberapa event planner membutuhkan vendor catering, sound, video shooting, fotografi, bunga, dekorasi dan lain-lainnya.

  • Transportasi dan parkir

Beberapa acara perusahaan juga menyediakan fasilitas penjemputan dan pengantaran tamu. Sehingga, biaya transportasi harus dimasukkan. Selain itu, tempat acara juga termasuk biaya parkir.

  • Layanan keamanan

Acara perusahaan besar atau konser, keamanan adalah prioritas utama. Jika kamu menyewa agen keamanan, biasanya hal ini dibebankan pada klien.

Invoice Jasa Paper.id

Metode pembayaran juga berbeda tergantung pada layanan, jenis acara sampai jenis kliennya. Sebagian besar event planner memilih menagih klien dengan Invoice Jasa Paper.id. Kenapa? Karena Paper.id bisa memberikan gambaran jelas tentang tarif sesuai layanan.

Proses invoicing secara online akan mengurangi beban invoice jasa. Kamu bisa memanfaatkan fitur reminder untuk mengingatkan klien H-3 sebelum jatuh tempo. Didukung dengan beragam fitur seperti template invoice, invoice jasamu semakin terlihat professional.

Paper.id juga memungkinkanmu untuk membuat customized invoice.  Semua proses praktis dan tepat waktu. Terlebih lagi, Paper.id dapat menghasilkan laporan untung dan rugi secara otomatis pada fitur Akuntingnya. Sama halnya invoice catering, invoice jasa tidak kalah penting untuk proses tagihan yang lebih baik.

Yuk, gunakan Paper.id sekarang!

Alfian Dimas