Panduan Membuat Invoice Jasa untuk Bisnis Event Planner

Destri Dela | August 20, 2018

Invoice Jasa

EO atau Event Organizer bukanlah jenis bisnis yang baru. Jenis bisnis yang membutuh invoice jasa. Bisnis ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi lebih kreatif. Yang terbaru, bagaimana dunia begitu kagum dengan pembuka Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno.

Para pelaku bisnis EO pun banyak menggunakan software invoicing yang memudahkan mereka dalam menjalankan acara. Mengapa demikian? Karena software invoicing telah mengikuti perkembangan zaman. Dulu, event planner mungkin dicari pada saat ada pesta pernikahan saja.

Kini, semakin banyak orang yang menggunakan jasa ini. Tidak melulu harus acara perusahaan, acara olahraga atau acara besar lainnya. Ketika membuat acara kumpul-kumpul keluarga besar saja, event organizer semakin dilirik. Meningkatnya permintaan akan jasa ini membuat para pelakunya perlu menyusun biaya mereka secara efektif.

Anda perlu mengetahui cara membebani biaya untuk layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, invoice jasa Anda juga harus difungsikan secara lebih efisien. Karena setiap acara memiliki kebutuhan yang berbeda, pasti Anda dapat mengenakan biaya yang berbeda pula. Berikut ini panduan menentukan invoice jasa untuk tiap eventmu.

Pengalaman Event Planner

Sebagai penyedia jasa, pengalaman memainkan peran penting saat menyiapkan biaya. Sebagai permulaan, Anda harus mengenakan biaya yang wajar. Tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal juga. Anda bisa melakukan ini sampai Anda mendapatkan jumlah pelanggan yang menurut Anda baik.

Tentu saja sebagai bisnis event planner yang mapan, Anda memiliki kebebasan untuk mengisi dengan margin keuntungan yang baik. Namun, biaya Anda juga akan bergantung pada jenis pelanggan dan berapa banyak yang dapat mereka belanjakan. Pada intinya, aturan emasnya adalah harga tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Penentuan Biaya Berdasar Lokasi Geografis dan Musim

Invoice Jasa

Biaya setiap event juga bergantung pada lokasi. Biasanya, layanan di kota-kota besar dikenakan tarif tinggi dibandingkan dengan kota-kota kecil. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan di kota-kota kecil memakan biaya lebih besar.

Anda juga perlu mempertimbangkan biaya hidup sebelum memperkirakan biaya untuk layanan. Terlepas dari faktor geografis, musim atau cuaca juga sering menjadi patokan penentu biaya utama. Biasanya selama musim pernikahan, event planner membebani biaya ekstra dari harga biasanya.

Penentuan Biaya Berdasar Layanan

Sebelum Anda menyiapkan tagihan invoice jasa, Anda perlu memperkirakan biaya untuk layanan Anda. Setiap event akan memiliki harga dan layanan yang berbeda. Maka Anda perlu mempersiapkan perkiraan yang tepat. Berikut ini adalah layanan yang dapat Anda pertimbangkan.

  • Penyewaan Venue

Biaya sewa venue merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan sambil memperkirakan biaya acara tertentu.

  • Biaya Vendor

Beberapa event planner membutuhkan vendor catering, sound, video shooting, fotografi, bunga, dekorasi dan lain-lainnya.

  • Transaksi dan Parkir

Beberapa acara perusahaan juga menyediakan fasilitas penjemputan dan pengantaran tamu. Sehingga, biaya transportasi harus dimasukkan. Selain itu, tempat acara juga termasuk biaya parkir.

  • Layanan Keamanan

Invoice Jasa

Acara perusahaan besar atau konser, keamanan adalah prioritas utama. Jika Anda menyewa agen keamanan, pasti Anda akan membebankan biaya ini kepada klien.

Invoice Jasa Paper.id

Metode pembayaran juga berbeda tergantung pada layanan, jenis acara sampai jenis kliennya. Sebagian besar event planner memilih menagih klien dengan Invoice Jasa Paper.id. Kenapa? Karena Paper.id bisa memberikan gambaran jelas tentang tarif sesuai layanan.

Proses invoicing secara online akan mengurangi beban invoice jasa. Anda bisa memanfaatkan fitur reminder untuk mengingatkan klien Anda H-3 sebelum jatuh tempo. Didukung dengan beragam fitur seperti template invoice, invoice jasa Anda semakin terlihat professional.

Paper.id juga memungkinkan Anda untuk membuat customized invoice.  Semua proses praktis dan tepat waktu. Terlebih lagi, Paper.id dapat menghasilkan laporan untung dan rugi secara otomatis pada fitur Akuntingnya. Sama halnya invoice catering, invoice jasa tidak kalah penting untuk proses tagihan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *